Iklan
My Journal

Fitur Yang Harus Dimiliki Oleh Whatsapp

Rasanya saat ini sudah tidak ada lagi yang masih menggunakan SMS sebagai media untuk berkomunikasi. Sebagian besar pasti sudah menggunakan aplikasi layanan chatting berbasis internet. Dulu sempet booming BBM. Lalu ketika pamor BB mulai turun, para pengguna BBM migrasi ke Whatsapp. Layanan lainnya juga naik daun seperti Line, Kakao Talk, dan lain sebagainya.

Saat ini, Whatsapp bisa dibilang layanan chatting paling mainstream. Bagaimana tidak, syaratnya hanya perlu nomer HP. Semua orang pasti punya nomer HP. As simple as that. Lalu layanan ini gratis dan tidak ada iklan-iklanannya. Akhirnya media ini menjadi fasilitator untuk banyak orang bisa berkomunikasi satu sama lain berbasis chat.

baca juga : Facebook Membeli Whatsapp Seharga $19 Billion

Salah satu yang paling populer adalah group WA. Saya banyak sekali tergabung di grup WA entah keluarga, organisasi, kerjaan, komunitas, atau sekedar grup untuk ngomongin kado nikahan temen :p Pasti kamu juga punya kan banyak grup di dalam WA kamu.

Nah ada beberapa fitur yang menurut saya perlu diadakan oleh WA untuk memfasilitasi kesosialan (sosialan? is that a word? hahahaa) orang Indonesia. Yang pertama, jumlah maksimal dalam satu grup. Di WA, maksimal cuma 100 orang untuk grup. Saya ada beberapa grup yang jumlah pesertanya sudah hampir lebih dari 100. Mostly silent reader, tapi tetap tidak mungkin mengeluarkan orang dari grup tersebut. Alhasil kita harus cari alternatif apps lain untuk ini.

baca juga : Blackberry Sedang di Keroyok

Lalu fitur lainnya, masih terkait grup, yakni board. Mirip kayak di line atau BBM, ada satu area dimana isinya adalah konten seperti album foto, pengumuman (dalam bentuk teks), dll yang tidak tenggelam oleh teks. Sering kali dibutuhkan semacam area untuk mengabsen siapa aja yang ada di situ atau apa tujuan grup ini, lalu ketika ada anggota baru, harus ketik ulang template tersebut. Kalau ada board yang bisa diakses oleh anggota baru di grup, tentu akan lebih enak lagi.

Dua fitur ini penting karena WA sudah semakin lekat dengan kita. Walaupun di Line ada grup, di BBM ada grup, bahkan di FB ada yang lebih komprehensif, tetap saja ujung2nya semua balik ke WA. Mungkin karena apps ini paling simpel dan ringan. Yang jelas sih saya berharap orang WA bisa membaca ini dan menambahkan fitur tersebut dalam waktu dekat :p Ini akan sangat membantu. Ya gak :p hehehe Apa lagi yah fitur yang perlu ditambahkan di WA?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

6 Comments on Fitur Yang Harus Dimiliki Oleh Whatsapp

  1. Sekarang WA sudah gratis permanen. Tidak ada lagi tarikan tahunan. Terima kasih.
    Tapi saya ingin lebih lagi:
    1. Tingkatkan batasan jumlah anggota grup.
    2. Buat aplikasi untuk desktop Windows.
    3. Ijinkan attachment semua jenis file, biar bisa seperti GTalk atau Y!M.

    Karena kebutuhan itu, saat ini saya lebih senang aplikasi yang kalah populer: Telegram Messenger.
    Selain mendapatkan yang saya butuhkan, saya juga mendapatkan ekstra:
    4. Stiker bagus-bagus.
    5. Ada “channel”, tidak hanya grup.

    Suka

    • Hai mas Ahmad, saya dan teman-teman biasa pakai web.whatsapp.com untuk ber-WA di laptop. Mungkin bisa dicoba

      Suka

      • Alhamdulillah, saya sudah menggunakan web.whatsapp.com sejak sebelum mengenal Telegram sampai dengan sekarang 🙂 Fungsinya sama, dengan Telegram WEB.
        Bedanya, WA web mengharuskan WA di HP tetap konek. Sedangkan Telegram di laptop tetap bisa jalan meskipun HP mati. Di situ saya kurang suka dengan WA, karena koneksi di HP saya tidak stabil 🙂
        Satu lagi, Mas, nomor HP dengan perangkat paling jadul sekalipun, katakanlah HP monofonik, tetap bisa didaftarkan untuk Telegram.

        Suka

    • WA berbayar pun saya tidak masalah sebenarnya asalkan ada fitur2 di atas 🙂

      Tambahan fitur yang menarik, semoga di dengar oleh yang berkepentingan 😀

      Suka

  2. Kak, ngga punya channel untuk menyampaikan langsung ke developer whatsapp ya? Saya juga punya beberapa unek-unek nih. Salah satunya udah kakak bahas.

    1. Notes kayak punya Line. Penting banget buat sebuah organisasi
    2. Pemisahan tab antara tab grup sama tab personal chat

    Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: