Iklan
My Journal

Blackberry Sedang di Keroyok

Blackberry saat ini masih merupakan smartphone yang mendominasi di Indonesia. Fasilitas layanan data dan BBM membuat posisi BB terus bertengger di puncak. Namun sekarang nampaknya saingan2 bisnisnya mulai mengeroyok BB. Kenapa saya bilang mengeroyok? Karena fasilitas BBM yang merupakan fasilitas media sosial untuk berkomunikasi, bertukar foto, video, dll yang merupakan fasilitas ekslusif yang hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna BB saja kini memiliki saingan. Whatsapp adalah apalikasi yang sama persis dengan BBM, tapi kelebihan whatsapp adalah aplikasi ini multiplatform. Pengguna Nokia, Android, iPhone, bahkan BB sendiri bisa menggunakan aplikasi ini bahkan menggunakannya lebih mudah karena tidak perlu PIN BB, hanya butuh nomer HP sesuai yang ada di kontak handphonenya. Berarti fitur BBM dari BB sudah mulai dikeroyok whatsapp oleh Nokia, Android, dan iPhone.

Lalu mengenai konten data, saat ini persaingan muncul dari provider dan juga vendor HP. Pertarungan sengit diberikan oleh provider seperti Axis, Indosat, telkomsel, XL, dll yang mulai memberikan paket layanan data yang cukup bonafit dan lebih murah. Tak hanya dari provider, Nokia kini turut menyediakan layanan data plan bagi penggunanya sehingga pengguna Nokia bisa terhubung dengan internet tanpa batas. Dari segi dataplan, BB sedang mendapat persaingan sengit dari layanan provider dan vendor rivalnya.

Melihat dua kelebihan utama BB saat ini sedang dikeroyok oleh vendor2 besar serta provider2 raksasa, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa tahun lagi BB hanya tinggal sejarah. Kecuali kalau BB bisa memberikan inovasi baru dalam layanannya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Fitur Yang Harus Dimiliki Oleh Whatsapp – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: