Iklan
My Journal

Memulai Rutin Berolahraga

Sebuah kebiasaan baik itu memang harus dimulai secara perlahan-lahan. Membangun kebiasaan baru tidaklah mudah. Untuk mulai mengganti diet saya, itu pun tidak langsung secara ekstrem berubah pola makan saya. Dimulai dari yang paling praktis dulu, frekuensi juga paling hanya 1x sehari, dan hal-hal kecil lainnya hingga konsisten. Kalau sudah konsisten, baru menambah porsi kebiasaan yang kita ingin jadikan rutinitas.

Demikian halnya dengan olahraga. Saya ini sangat males kalau disuruh olahraga. Kalau dulu SMP-SMA saya sering main basket dan main bola, lalu pas kuliah teman-teman saya sering ngajakin futsal. Nah habis lulus, udah gak ada motivasi lagi untuk olahraga dan entah kenapa tingkat kemalasan untuk bergerak semakin tinggi. Saya sadar untuk hidup sehat, olahraga itu sangat penting.

Untuk itu, kebiasaan baru harus dimulai. Dimulai dengan hal yang kecil, setiap hari senin dan rabu, saya alokasikan waktu untuk olahraga. Saat ini karena sulit cari teman main futsal, maka olahraga yang jadi pilihan saya adalah lari. Untungnya kosan saya dekat taman atau track jogging, jadi tinggal pilih aja. Sebenernya Rabu yang lalu saya sempet coba olahraga di gym, tapi rasanya di sana lebih cocok untuk yang ingin membentuk tubuh. Saya sih gak tertarik untuk punya tangan berotot atau perut sixpack, saya hanya butuh tubuh yang sehat dan bugar. Jadi saya kembali ke niat awal saja untuk lari paling 15-20 menit sekali sesi untuk permulaan.

Intinya gak usah pasang target ambisius dulu di awal, bisa konsisten aja sudah cukup. Sama seperti nulis blog ini, saya gak pernah pasang target ambisius harus 100 post perbulan. Saya cuma butuh konsisten setiap hari minimal nulis 1 tulisan di blog. Walaupun pada kenyataannya, saya mempush diri saya sendiri untuk bisa nulis 3 post dalam satu hari yang saya cukup puas karena bisa konsisten hampir 1 bulan lamanya. Semoga sih bisa dipertahankan terus ke depan untuk nulis 3 post satu hari, untuk olahraga 15-20 menit 2x seminggu, dan banyak kebiasaan2 positif lainnya yang ingin saya mulai 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sepatu Lari Keluar Juga | Ardisaz
  2. Motivasi Olahraga Dibantu Aplikasi Endomondo | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: