My Journal

Support UMKM, Apple Hanya Ambil Potongan 15% Dari Revenue di App Store

Buat teman-teman yang belum tahu, kalau kita submit game atau apps ke app store atau google play, setiap revenue yang dihasilkan dari platform tersebut akan dipotong 30% oleh Google dan Apple. Ini udah jadi term yang berlaku cukup lama dan jadi norm di berbagai marketplace. Biaya ini yang menjadi pemasukan buat platform owner untuk ngembangin marketplace mereka agar memberikan value buat costumer dan juga developer. Tapi bagi developer yang sudah cukup besar revenuenya, 30% berasa jadi lumayan nyesek. Misal dia dapet revenue 10 Miliar, berarti 3 miliar nya jatah buat platform owner.

Di Android atau Apple, developer bisa ngakalin ini dengan payment di luar platform. Misal kita bayar langsung pakai transfer ke developernya, di dalam game-nya nanti itemnya keunlock, ini bisa jadi full tanpa potongan masuk ke kita. Tapi 3rd party payment ini agak tricky karena ada strict rule tentang ini. Saya sendiri gak tahu detilnya, tapi kalau kita side lock APK untuk Android (download bukan dari Google Play), opsi 3rd party payment ini jadi memungkinkan. Kalau opsi 3rd party ini dimasukan ke Google Play, itu gak boleh. Apple lebih pelik lagi karena kita gak bisa install apps tanpa lewat App Store.

Nah, Apple ini lagi perang lawan Epic. Epic dengan sengaja bikin 3rd party payment di dalam apps mereka di App Store. Gara-gara itu, Fortnite di banned dari App Store. Terus mereka lagi adu di pengadilan nih. Epic memposisikan Apple sebagai greedy company yang gak memberikan pilihan buat user untuk instal darimana atau bayar pakai apa. Dengan cerdas, Apple meluncurkan program for small business owner. Lengkapnya bisa dibaca di sini yah.

Dengan program ini, developer yang revenuenya masih dibawah 1jt USD, hanya dikenakan 15% potongan. Ini tentu kabar gembira banget buat kita semua sebagai developer. Di mata publik, hal ini juga menghilangkan image negatif Apple yang lagi ingin dibangun sama Epic. Jadi sebenernya walopun Apple yang menang, kita perlu berterima kasih juga buat “pengorbanan” Epic :p Bisa jadi Fortnite gak akan balik ke IOS loh dan jadi kehilangan banyak momentum.

Yang jelas sebagai penonton, impact dari pertarungan ini berdampak positif juga untuk kita yah. Hehehe Semoga Google juga gak kalah yah untuk ngasih potongan buat small business.

About Adam Ardisasmita (1208 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: