Iklan
My Journal

[IFAssocMeetup] Belajar Mengenai Perpajakan

Suasana Meetup IF Assoc

Suasana Meetup IF Assoc

Bulan Januari lalu, IF Assoc kembali melakukan meetup sekaligus selametan kantor baru salah satu member IF Assoc yang bernama NoLimit. Pada malam hari itu, meetup diadakan selain untuk sharing perkembangan bisnis masing-masing perusahaan dan sharing target mereka di tahun 2014 ini, juga ada sesi sharing terkait masalah perpajakan. Mengingat akhir tahun pajak sudah lewat dan sebentar lagi masa-masa pelaporan pajak, materi ini dirasa penting, apalagi ada beberapa startup yang baru saja memiliki badan usaha di tahun lalu.

Seperti biasa, sebelum meetup dimulai, dilakukan sesi sharing atau update kabar terbaru dari beberapa perusahaan yang datang meetup malam itu. Meetup kali ini dihadiri oleh Aruline Studio, RadyaLabs, RGB, Arsanesia, Nightspade, NoLimit, dan Agate.

Sesi update dan sharing company

Aruline Studio adalah perusahaan yang bergerak di bidang game. Saat ini, Aruline masih banyak menerima proyekan sehingga kurang fokus mengerjakan produknya. Akan tetapi, tahun lalu Aruline meluncurkan sebuah game di platform Asha. Untuk proyek, saat ini Aruline sedang mengerjakan proyek berbasis HTML5. Targetnya, tahun 2014 ini mereka akan rilis game di iOS pada bulan Maret, mengejar untuk bisa PT di tahun 2014, dan berhasil sustain bootstrapping agar bisa segera fokus mengerjakan produknya.

RadyaLabs adalah perusahaan yang mengembangkan software untuk mobile, dengan fokus utama mereka di Windows Phone. Proyek-proyek RadyaLabs banyak di WindowsPhone, tapi mereka juga memiliki portofolio proyek untuk di platform populer lainnya. Saat ini mereka sedang mengerjakan banyak proyek dari industri kuliner, industri komunikasi, dll, juga ada proyek yang datang dari klien-klien mereka sebelumnya (repeat order). Hal ini menunjukan bahwa klien mereka puas dengan hasil kerja RadyaLabs sehingga mereka kembali untuk mengajukan proyek. Target di tahun 2014, 20% revenue berasal dari produk mereka. Saat ini mereka sedang mengerjakan sebuah produk yang sangat inovatif. Mereka mengembangkan sebuah engine yang dapat menggenerate sebuah mobile apps secara instant. Targetnya, mereka akan mulai masuk melalui industri hiburan dan mengincar artis-artis indie sebagai pengguna produk mereka.

RGB adalah perusahaan yang bergerak di dunia digital kreatif. Mereka tidak hanya memiliki layanan di bidang web, tapi juga mobile dan berbagai media digital interaktif lainnya. RGB menerangkan bahwa banyak yang sudah mereka capai di tahun 2013 dari berbagai sisi. Di Q4 pun mereka telah sukses meluncurkan sebuah permainan digital interactive yang berjudul Boci, sebuah game tentang warna yang niatnya akan dikembangkan menjadi sebuah IP tersendiri. Saat ini masih banyak mengerjakan project mobile, game (tapi tidak untuk dirilis), juga web yang bekerja sama dengan NoLimit (suarabdg.com). Target RGB di tahun 2014 adalah ingin menambah SDM, terutama untuk menemani ngoding juga mengembangkan IP.

Arsanesia adalah perusahaan pengembang game mobile. Tahun 2013 ini mereka sedang menyiapkan sebuah game yang rencananya akan rilis di bulan Februari yang bernama Roly Poly Penguin. Saat ini game tersebut sedang dalam tahap closed beta dan sebentar lagi akan dirilis ke pasar. Arsanesia juga pindah kantor, dari yang tadinya di garasi, pindah ke ruang tengah (karena tadinya yang di ruang tengah adalah nolimit dan nolimit pindah ke kantor baru). Selain itu, Arsanesia juga sedang menyiapkan game baru lagi yang akan menjadi IP-nya yang saat ini sedang fase pre-production. Target Arsanesia di 2014 adalah bisa full hidup dari produknya dan tidak perlu lagi mengerjakan custom development.

Nightspade merupakan sebuah studio game yang mengembangkan mobile game. Tahun 2013 kemaren, Nightspade merilis game bernama Nuclear Outrun dan ada satu game yang juga dirilis tapi tidak terlalu digemborkan karena merupakan proyek kerja sama. Tahun 2013, Nightspade juga baru saja merampungkan sistem pengelolaan SDM di kantor mereka. Mereka membereskan aturan tentang SDM, jenjang karir, kayak leveling, tiap bulan ada XPnya, klo milestonanya penuh, XP nambah berapa, klo penuh berapa. sistem gaji dari level dikali kehadiran. Mereka ngegodok sistemnya hampir 1 tahun lamanya. Target di tahun 2014, mereka akan rilis game di bulan Februari/Maret ini. Lalu targetnya adalah total pemasukannya, bisa 10% berasal dari product.

NoLimit adalah perusahaan yang spesialis di bidang Sosial Media dan Big Data. Mulai dari quartal 3 tahun 2013 kemaren, mereka berhasil memanage cahsflow mereka full dari produk dan tidak lagi mengerjakan custom development. Ini merupakan achievement yang membanggakan bagi NoLimit dan juga para anggota IF Assoc. Akan tetapi, NoLimit juga merasa masih perlu lebih banyak lagi meningkatkan riset mereka, optimalisasi dan stabilitas sistem, serta pembenahan produk-produk mereka. Mereka juga merencanakan (sudah) untuk rilis portal suarabdg.com yang bekerjasama dengan RBG sebagai bentuk dari program CSR mereka. NoLimit akan mensupport sosial2 media milik komunitas secara geratis sebagai salah satu program CSR lainnya. Dan rencananya, tahun ini mereka akan mengadakan sosmed award. Target di 2014 Nolimit adalah revenuenya meningkat.

Agate adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang game. 2013 akhir ini, mereka sedang sibuk mencari funding untuk produk b2c mereka karena selama ini produk b2c di subsidi oleh b2b sehingga divisi b2b mereka kurang bisa berkembang dengan cepat. Hal ini karena mereka ingin mengembangkan produk baru, menyusul kesuksesan produk mereka yang dahulu yang bernama Football Saga. Target mereka di 2014 adalah ingin bisa mengembangkan produk b2c mereka sendiri yang akan mereka self published, lalu juga ingin mencari funding, dan ingin serious game mereka lebih mengarah ke area training (tidak hanya advertising game).

Masuk materi tentang Pajak

Materi tentang pajak ini sebenarnya ada banyak dan sulit juga kalau harus dijabarkan semuanya di sini yah. Saya coba rangkum poin-poin pentingnya saja. Dan lagi, poin-poin di bawah adalah hasil share pengalaman para anggota IF Assoc yang bisa jadi ada yang salah atau bisa jadi juga aturannya sudah berubah.

  • Ada istilah PKP, yakni pengusaha kena pajak, dan Non PKP. Defaultnya, ketika mendaftar adalah Non PKP. Tapi ketika omset kita di atas 4,8M, kita bisa mengajukan diri menjadi PKP. Apa untungnya? PKP bisa menerbitkan fraktur pajak, yakni sebuah surat yang menunjukan bahwa pajak di suatu transaksi di bayarkan oleh pihak lain.
  • Kemudian ada istilah PTKP, penghasilan tidak kena pajak. Ini untuk membayarkan pajak penghasilan pegawainya, kalau nilainya masih di bawah PTKP, maka dia tidak ada kewajiban pajak (kalau tidak salah PTKP sekitar 2jtan perbulan)
  • PPh 25 adalah pajak perusahaan yang dilaporkan setahun sekali. Klo masih Non PKP, PPh 25 dipukul rata sebesar 1% dari Omset. Sedangkan klo PKP, ada yg bilang 10% ata 12,5% dari profit/keuntungan. Lalu juga diminta laporan keuangan, bukti pengeluaran dan pemasukan, yang kalau bisa neracanya untung dan sesuai dengan yang dilaporkan di PPh 21 para pegawainya
  • PPh 21 adalah pajak penghasilan perorangan. Biasanya perusahaan yang akan memotongkan dan membayarkan, lalu bukti potong tersebut yang dikembalikan ke pegawainya untuk dilaporkan di SPT tahunan mereka. Besarnya kalau masih PTKP adalah nol, tapi kalau gajinya sudah di atas PTKP ada hitungannya sendiri dan agak ribet. Kalau sudah ada tanggungan, ada pengurangan pajaknya juga. Untuk itung2annya gimana, bisa nanya ke tempat bayar pajak. Tapi di web pajak.go.id ada sih aplikasi yg bisa didonlot. Tapi pas saya coba, kok agak ngawur yah hasilnya -_- Nanti saya tanyakan ke tempat lapor pajak lagi
  • PPh 23 adalah pajak yang dikenakan jika kita mengoutsource pekerjaan kita. Besarnya 2% dari nilai outsource.
  • PPN adalah pajak pertambahan nilai. Dari setiap transaksi yang kita lakukan (kecuali beberapa poin yang diatur oleh undang-undang), ada PPN sebesar 10%. Contohnya adalah sewa kantor. Misalkan kita sewa kantor pertahun 40jt, maka ada PPN yang harus dibayarkan sebesar 4jt. Demikian juga kalau outsource, mengerjakan proyek, dll. Untungnya, transaksi dengan luar negeri tidak ada PPNnya (misalkan dari paypal, dari store, dll)
  • Selalu gunakan asas praduga bersalah. Tanamakan dalam pikiran, bahwa setiap transaksi yang kita lakukan pasti ada pajaknya. Karena banyak kasus yang dishare oleh teman-teman dimana akibat ketidaktahuan dan kealpaan mereka, mereka jadi harus membayar denda pajak cukup besar karena informasi mengenai perpajakan ini masih kurang jelas flownya seperti apa.

Semoga informasi singkat dan hasil pengalaman pribadi para founder di IF Assoc ini bermanfaat dan saya kembali ingatkan untuk crosscheck ulang informasi di atas karena bisa jadi salah atau aturannya sudah berubah. Lalu jika ada kesulitan, langsung datang ke tempat lapor pajak di daerahnya saja, datang ke bagian konseling, di sana mereka akan dengan senang hati dan sangat ramah menjelaskan kepada kita apa saja kewajiban pajak yang harus kita bayarkan, laporkan, dan bagaimana caranya.

Jika tertarik membaca tulisa mengenai meetup if assoc lainnya, bisa di baca di sini tentang scaling, sini tentang bootsrapping, atau sini tentang badan hukum.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1134 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Peran Komunitas Untuk Kemajuan Bersama – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: