Iklan
My Journal

Infotainment Berbahaya Bagi Generasi Muda

Mungkin beberapa tahun yang lalu, acara infotainment hanya ditayangkan beberapa kali dalam seminggu, namun hari ini kita bisa melihat dalam sehari, satu stasiun televisi bisa menyiarkan acara gossip hingga berkali-kali. Bahkan di tengah-tengah acara musik atau berita, masih saja ada gossip yang diselipkan di dalamnya. Entah apakah ini adalah trik untuk mendongkrak popularitas bagi para artis saya tidak begitu perduli. Yang saya sayangkan adalah konten di dalam berita tersebut yang tidak mendidik.

Televisi menjadi salah satu media yang sulit untuk difilter, terutama untuk anak-anak yang masih belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu, setiap stasiun televisi haruslah memikirkan imbasnya jika menayangkan suatu acara pada jam tertentu. Jika separah-parahnya ingin menyiarkan konten yang kurang baik untuk anak kecil, setidaknya siaran tersebut dilakukan pada jam-jam yang sepi (misal pukul 1 dini hari). Tapi sayangnya infotainment bisa meloloskan diri untuk tampil di depan masyarakat umum dan anak kecil dengan konten yang menurut saya tidak mendidik.

Konten berbahaya yang menurut saya tidak pantas untuk ditampilkan, terutama dibesar-besarkan dengan bahasa media yang sengaja memperbesar isu demi popularitas, salah satunya adalah permasalahan kasus video asusila terkait salah satu figur publik ternama. Oke video tersebut tersebar, oke hal tersebut adalah hal yang salah, tapi apakah harus diputar di televisi 2 jam di pagi hari, 2 jam di siang hari, 2 jam di sore hari, dan liputan khusus di malam hari selama berminggu-minggu? Racun seperti ini kan dapat membuat seorang anak penasaran, jadi ingin mencoba-coba, dan terbukti ada yang “terinspirasi” untuk melakukan hal tersebut. Atau kasus kawin-cerai artis, apakah hal tersebut sebegitu pentingnya untuk diinjeksi ke dalam pikiran anak-anak? Apalagi ketika media mengangkat kasus hamil di luar nikah sebagai hal yang lumrah, biasa saja, dan malah artis tersebut menjadi semakin tenar. Kemana moral bangsa ini? Memangnya para pemilik stasiun TV, para wartawan, para pembuat program televisi, maupun siapapun ada yang ingin anak perempuannya hamil di luar nikah? Apakah kalian tidak sedih kalau beberapa tahun lagi, tiba-tiba anak anda terlibat kasus video asusila?

Saya sangat menyarankan, kepada seluruh acara infotainment untuk berhati-hati dalam menyiarkan berita. Coba pikirkan apa efeknya jika ada anak kecil yang menontonnya. Bukankah lebih baik infotainment itu meliput prestasi-prestasi para artis, kisah-kisah inspiratif dari anak bangsa yang membanggakan, liputan mengenai kerja keras serta kegigihan seseorang dalam mencapai impiannya, dan masih banyak sebetulnya konten lain yang menurut saya lebih membangun dan lebih layak untuk dipertontonkan daripada skandal-skandal yang merusak moral. Mohon pikirkan baik-baik, ingin seperti apakah anak anda nantinya, ingin seperti apakah bangsa kita nantinya, dan berhati-hatilah dalam menyiarkan apapun di depan publik.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Infotainment Berbahaya Bagi Generasi Muda

  1. It’s perfect time to make some plans for the long run and it’s time
    to be happy. I have learn this publish and if I may I
    wish to suggest you few attention-grabbing issues or
    tips. Maybe you could write next articles relating to this article.
    I wish to learn even more issues about it!

    Suka

  2. Our private channel was invaded, and we could no longer talk
    there. As a wedding guest it is important you don’t go for anything too bold and beautiful, but
    some subtle feather plumes or a hint of sparkle can work wonders in setting off your perfect outfit.
    The instant will give you color as soon as you step out of the booth and the clear will develop over time (great for those of you who like to have a spray on your lunch break).

    Suka

  3. Furthermore, feeding live food is difficult as all live meals have a much higher risk in bringing bad bacteria or microorganisms that maybe harmful to your fish.

    Nowadays, these super coolers are used for both commercial and
    domestic purpose. Be sure to vacuum floors, rugs and upholstery your
    pet comes in contact with regularly.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: