Iklan
My Journal

[QnA] Bagaimana Melakukan Management Waktu

Di akhir postingan blog ada spot untuk pembaca bisa berkomentar. Terkadang di komentar tersebut ada yang memberikan pertanyaan menarik yang saya jawab langsung di situ. Tapi rasanya, akan lebih menarik klo jawaban pertanyaan itu saya jadikan postingan blog juga biar yang membaca bisa lebih banyak dan bisa mendapat manfaatnya juga. Jadi saya akan memulai segmen baru di blog saya yang berjudul QnA. Kalau ada yang mau bertanya bisa langsung comment di blog saya atau mention twitter saya (@ardisaz) dan kalau pertanyaannya menarik akan saya jawab di blog ini. Jadi akan saya mulai sesi ini dengan pertanyaan dari sahabat saya di Arsanesia yang paling filosofis dan puitis, Frans Mateus Situmorang(blognya ada di sini). Berikut pertanyaannya:

Pertanyaan Teus

Nah, management waktu adalah hal yang sangat menarik untuk dibahas dan merupakan masalah bagi banyak orang (termasuk saya). Kenapa menjadi masalah? Karena salah satu kunci utama dari management waktu yang baik adalah displin. Sebagian dari kita tentu sulit untuk bisa disiplin kan. Hehe Nah ini beberapa tips dari saya mengenai management waktu.

1. List Seluruh Target Dalam Jangka Waktu Tertentu

Biasa yang pertama saya lakukan adalah rajin membuat list apa saja yang akan saya lakukan. Misalkan nih, dalam setahun ke depan, saya ingin ambil tes TOEFL, ingin lulus dari ITB, ingin lanch produk baru Arsanesia, dan sebagainya. Jangka waktunya bisa beragam sih, ada yang mingguan, bulanan, semesteran, bahkan tahunan. Tapi biasanya sih saya list aja semua yang ingin saya capai selama ke depan, baru nanti masukin ke jangka waktu yang manakah itu. Kenapa ini perlu, soalnya untuk tahap selanjutnya nih, nentuin skala prioritas

2. Tentukan skala prioritas dari masing-masing target

Nah dari banyak sekali keinginan dan target kita, kita harus tetep punya skala prioritas untuk masing-masing hal tersebut. Utamakan dulu yang menjadi kewajiban. Misalkan saya mahasiswa, berarti kewajiban utama saya adalah belajar. Misalkan saya karyawan, maka salah satu kewajiban saya adalah bekerja. Jangan sampai anda pekerja yang mempunyai tanggungjawab masuk jam 7 pulang jam 17 tapi lebih memprioritaskan target lain semisalkan menjadi atlit anggar yang harus berlatih dari jam 13 sampai 16. Untuk itu, pastikan kewajiban-kewajiban kita gak ada yang beririsan. Kalau ternyata ada, segera putuskan mana yang harus ditinggalkan.

3. Breakdown semua aktivitas yang terkait target-target tersebut

Lalu, kalau ini misalkan kita punya target tahun depan sidang TA, maka kita atur apa saja yang harus kita kerjakan. Contohnya, saya harus menyelasikan Bab 1 tanggal sekian, saya harus studi kasus ke perusahaan tanggal sekian dan lain sebagainya. Kalau saya ingin jadi atlit binaraga, maka saya harus menjaga pola diet saya, harus rutin beberapa hari sekali ke gym, dan lain sebagainya. Kalau aktivitas tersebut sudah ada waktu (atau estimasi waktu), maka kita bisa dengan mudah melihat garis besar schedule kita ke depan akan seperti apa. Bisa coba gunakan apps seperti google calender, iCal, atau apps lainnya untuk ngetrace jadwal kita mulai dari yang rutin sampai timeline ke depan akan seperti apa.

4. Jadwal seringkali beririsan dan kita harus fleksibel sesuai dengan prioritas

Screen Shot 2013-01-15 at 8.09.14 PM

Kalau ada jadwal yang beririsan, kita bisa dengan mudah mencancel atau memindahkan jadwal yang prioritasnya lebih rendah. Gambar di atas itu contoh dari list yang saya buat untuk seminggu ke depan. Bisa dilihat ada satu jadwal yang beririsan. Nah biasanya saya liat urgensinya (dari skala prioritas), lalu saya juga lihat apakah ada yang bisa diwakilkan, saya juga biasanya mempertimbangkan jadwal yang mana dulu yang datang. Selain jadwal eventual, kita juga bisa menyiapkan jadwal kegiatan rutin yang harus kita lakukan. Misalkan kalau saya, saya ada list tiap hari minimal harus menonton 1 video podcast, membaca buku minimal 10 halaman (ini saking saya malesnya baca buku, sampe harus diginiin hehe), yang kalau hari itu saya gagal melakukannya, akan dioper dan akumulasi ke hari berikutnya. Sayangnya saya belum menemukan apps yang enak buat ngetrack hal-hal rutin tersebut.

5. Komitmen dan Disiplin

Ini nih yang sebenernya paling penting. Kalo empat poin di atas itu terkait dengan teknis, poin kelima ini sebenernya roh dari poin teknis tersebut. Ibarat kata mobil, poin ke 5 ini supirnya. Menumbuhkan komitmen untuk menjalankan schedule yang sudah kita rancang dan kedisplinan untuk itu sangatlah susah. Harus ada motivasi dari dalam diri sendiri yang cukup kuat. Kalau kurang kuat, mungkin bisa minta bantuan orang lain. Misalkan, klo ada jadwal yang tidak saya lakukan atau telat saya lakukan, rekening saya langsung terpotong sekian rumah dan ditransfer ke rekening teman kita :p hehehe

Itu tadi beberapa tips dari saya, mungkin ada yang cocok mungkin ada yang tidak, tiap orang bisa menemukan formulanya masing-masing. Kalau ada yang bermanfaat silahkan diambil tapi klo ada yang kurang baik silahkan ditinggalkan πŸ™‚ Jangan lupa kalau ada yang ingin bertanya atau diskusi, bisa langsung tulis di comment dan kalau menarik, akan saya post juga di blog πŸ˜€ hehe

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on [QnA] Bagaimana Melakukan Management Waktu

  1. Siap laksanakan ah. Walau mungkin butuh bimbingan informal nantinya hehe. Suwun Dam!

    *btw itu “situmorang” bung πŸ˜€

    Suka

  2. poin #5 paling menantang

    Suka

  3. Bung Teus, sudah dikoreksi dan mohon maaf atas typonya :p

    Hihi menantang banget emang bhel πŸ˜€

    Suka

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tips Meningkatkan Produktivitas Dengan Teknik Pomodoro | Ardisaz
  2. Jadwal Kegiatan Dalam Satu Hari – Ardisaz
  3. [Book] Improve Your Time Management: Belajar Untuk Mahir Mengelola Waktu – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: