Iklan
My Journal

Saya Memetik Pelajaran Dari PLO: 4. Pengembangan Potensi Dalam Diri

Setiap manusia dilahirkan ke bumi dengan unik. Unik berarti memiki ciri, kelebihan, maupun kekurangan masing-masing yang tiap orang belum tentu sama. Satu orang bisa memiliki keahlian yang orang lain tidak miliki dan bisa juga tidak memiliki kemampuan yang orang lain punyai. Baik itu merupakan kondisi fisik, kecerdasan, bakat, minat, karakter, dan lain-lain. Untuk itu penting bagi kita agar dapat mengetahui potensi yang ada di dalam diri kita sendiri. Agar nantinya kita bisa mengambil jalan hidup yang sesuai dengan karakter sejati diri kita. Kemudian ada pertanyaan, bagaimana cara kita menyikapi kelebihan dan kekurangan kita? Apakah kita harus memperbaiki kelemahan kita dan memiliki semua kemampuan yang ada, atau kita fokus untuk mengembangkan kelebihan kita sendiri?

Untuk menggambarkan kondisi tersebut, ada sebuah cerita yang dapat menganalogikan hal tersebut. Suatu ketika, ada si A. yang mampu mengetik dengan cepat. Kecepatan mengetiknya diatas 300 wpm. Lalu ada si B yang kemampuan mengetiknya di bawah 40 wpm. Ketika diadakan lomba, tentu si B kalah dengan si A. Lalu kedua orang tersebut diberi pelatihan intensif mengetik. Setelah melalui proses pelatihan, begitu dilihat, ternyata yang mengalami peningkatan kemampuan mengetik yang terbesar adalah si A yang mampu mengetik dengan cepat.

Dari cerita tersebut, diambil kesimpulan bahwa kita lebih baik fokus terhadap apa yang menjadi minat dan bakat kita. Namun ada sebuah ambang batas minimal di mana kita harus tetap memiliki keahlian di bidang lain juga. Karena penerapan potensi yang kita miliki pasti akan berhubungan dengan kemampuan lain. Sehingga tetap saja pengetahuan dan keterampilan di bidang lain tetap dibutuhkan disamping kita fokus mempertajam kelebihan yang kita miliki.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: