Iklan
My Journal

Contoh Penggunaan App Store Optimization Pada Google Play

Salah satu tantangan ketika mengembangkan game atau aplikasi adalah untuk mendapatkan visibilitas. Bayangkan ada berapa ratus ribu bahkan jutaan apps di store dan aplikasi kamu hanyalah satu butiran debu di antara gurun pasir. Sudah bisa membuat game atau aplikasi yang bagus pun kalau tidak ada yang tahu percuma.

Salah satu cara untuk meningkatkan visibiltas aplikasi kamu di store aplikasi adalah dengan menggunakan App Store Optimization. Dulu saya pernah menggunakan berbagai teknik ASO, sampai ke teknik yang “nakal.” Contoh yang nakal adalah kita menuliskan sebuah keyword di dalam deskripsi aplikasi kita yang tidak menggambarkan aplikasi kita. Contoh, Arsa Kids punya game berjudul Pippo Belajar Alfabet. Lalu saya melihat Tahu Bulat sedang populer dan saya menulis kata “Tahu Bulat” di dalam deskripsi aplikasi saya agar kalau orang search “Tahu Bulat” di Google Play, aplikasi saya ikut muncul. Hal yang seperti itu tentu akan ditegur oleh pemilik store kalau ketahuan (saya sudah pernah ditegur beberapa kali :P).

baca juga : [GameLog] 5 Tips Memasarkan Game Mobile Pasca Rilis

Untuk itu, penggunaan ASO haruslah cerdas. Tidak sekedar meletakan keyword sembarang, tapi kontennya harus membangun sebuah kalimat atau kata yang tetap relevan dengan aplikasi kita. Saya ingin mengambil contoh satu ASO yang menarik di dalam deskripsi aplikasinya. Ini merupakan sebuah game yang belum lama ini saya review di Dailysocial yang berjudul Asal Tebak – Puno. Game ini dipublish oleh Gemugemu dan menggunakan deskripsi game yang sangat ASO friendly. Ini isi dari deskripsi game nya.

“You speak Inggris?”
“Little-little I can lah!”
Yuk juragan, kita bantu Geng PUNO-nya Mbah Semar dan kawan-kawan dalam bergaul di dunia modern. Tebak terjemahan bahasa Inggris! Tebakan lucu nan garing tentang bahasa Indonesia sehari-hari menggunakan “broken English” yang super kocak.

 

FITUR GAME:
★ Dagelan Geng PUNO selalu bikin ngakak
★ Menghilangkan risau galau yang ada
★ Mematikan rasa jemu dan kesepian jomblo
★ Kuis tebakan lucu dan garing tentang kata sehari-hari
★ Jelajah berbagai macam kota dan tingkat kesulitan trivia
★ Sambung ke Facebook dan tantang teman
★ Putar “Roda Beruntung” untuk mendapatkan hadiah menarik
★ Kepuasan hati berhasil menjawab tebakan garing

Doyan main tebak-tebakan? Lagi bosen dengan game tebak gambar, tebak icon, tebak lagu, tebak logo, tebak artis, atau tebak-tebakan lainnya? Mainkan Asal Tebak – PUNO sekarang juga, bisa dimainkan dimana saja: halte, terminal, warung kopi ataupun café chain ternama.
SEKILAS INFO:
Karakter Geng PUNO dalam Asal Tebak – PUNO merupakan penggambaran modern dan pop dari karakter Punakawan atau Punokawan dalam budaya pewayangan. Hal paling khas dari keberadaan Punokawan adalah sebagai kelompok dagelan penebar humor di tengah-tengah jalinan cerita. Tingkah laku dan ucapan mereka hampir selalu mengundang gelak tawa penonton. Semoga keberadaan Geng PUNO dengan dagelan dan tingkah lakunya dalam game ini bisa menarik minat generasi muda untuk kembali mengenal budaya bangsa, khususnya wayang.
PERINGATAN:
✧ Bermain game tebakan ini di tempat umum karena dapat membuat kamu tertawa ngakak sendiri.
✧ Jangan coba bertanya apa itu “know round” ke penjaja tahu bulat di terminal, pasti dia bingung.
✧ “Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang” – Warkop DKI
✧ “Game favorit Mukidi 2016! Mukidi jago bahasa Inggris karena maen game ini.” – Mukidi, 34thn
✧✧✧ Game tebakan kocak dan keren ini dipersembahkan oleh DAMN! I Love Indonesia. ✧✧✧

Kalau kamu baca sekilas, bisa tidak menemukan mana saja konten ASO yang disipkan di dalam deskripsi game nya 🙂 Bisa kita lihat game ini mencoba “nempel” di beberapa keyword game seperti Tahu Bulat, Juragan Terminal (Juragan Terminal ini juga kalau kamu cek google play nya, isinya banyak ASOnya :p), Warkop DKI (film yang baru aja naik di bioskop), hingga mukidi. Tidak hanya itu, ada juga keyword yang ingin “nempel” di tebak gambar dan bagaiman keyword “tebak” berusaha untuk ditempel dengan baik.

Saya coba search keyword-keyword tersebut dan emang bener sih muncul game ini. Jadi sebenernya dari sisi ASO, saya bisa bilang yang dilakukan oleh Gemugemu dalam game Tebakan Asal – Puno ini cukup berhasil. Kalau dilihat dari jumlah downloadnya memang baru 5.000 – 10.000, tapi kita tidak tahu impresinya sebesar. Karena kita kan sedang bahas visibility. Yang penting game kita bisa terlihat. Kalau dari habis dilihat terus di download, itu topik yang berbeda.

baca juga : [GameLog] Memilih Keyword untuk Meningkatkan App Store Optimization

Saya ada insight menarik apa yang membuat game seperti Mini Racing Adventure, Kungfu Quest, dan Tahu Bulat bisa mendapat download jutaan. Bahkan kalau dilihat, di Mini Racing Adventure, Kungfu Quest, dan Tahu Bulat tidak banyak ada konten ASO di deksripsi mereka. Kira-kira apa rahasianya? penasaran? hahaha kalau pengen tahu, ayo tinggalkan komentar di bawah. Kalau banyak yang nanya, nanti saya bikin tulisan lanjutannya :p hehehe

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Contoh Penggunaan App Store Optimization Pada Google Play

  1. – Produk bagus ( optimal di semua hal : gamenya fun , perfomance oke , conversion dan retention standart minimal )
    – ASO optimal
    – Keep improve

    Kalau semua itu ada , enak om apalagi kalau ada bujet dari investor untuk user acquisition.

    Suka

  2. Tolong dilanjut kak pembahasannya, biar generasi muda Indonesia makin cerdas 😀

    Suka

  3. bro gadget // 16/10/2016 pukul 5:27 pm // Balas

    nice share gan, lagi nunggu moment cari yang hot biar minim aso tapi tetep banyak donlot .wkwkwk #ngarep

    Suka

  4. optimal di semua hal : gamenya fun , perfomance oke ,
    mesin pemotong kerupuk

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: