My Journal

Review Slay The Spire, Game Rougelike Pakai Kartu

Saya termasuk yang seneng game deck building. Dulu saya rajin main Hearthstone dan baru-baru ini cukup rutin main Marvel Snap. Terus suatu ketika saya lagi ngeliat reviewnya Marvel Midnight Sun yang bilang kombinasi antara game strategi XCOM pada umumnya dengan unsur deck building ala Slay The Spire. Nama Slay The Spire ini juga sering saya denger disebut kalau lagi ngobrol sama game dev. Ini yang bikin saya penasaran pengen coba.

Jadi di game ini kita dikasih empat hero yang punya deck kartu yang berbeda. Ada yang elemennya banyak fisikal, ada yang banyak kartu dengan racun, ada yang punya efek orb elemental, ada yang satu lagi ninja yang saya agak masih bingung makenya. Ada tiga stage yang bentuknya procedural generated dungeon gitu. Jadi di satu stage, kita bisa pilih sebuah branch yang di situ bisa ada room yang musti lawan musuh, room untuk rest, room untuk beli kartu atau item, dan lain-lain. Di ujung stage tersebut, kita akan ngelawan bos. Kalau kita udah sampai bos ketiga atau stage terakhir, yaudah tamat.

Sisi yang bikin seru adalah tiap karakter ada progressionnya untuk nanti unlock kartu baru. Terus juga bisa ada unlock relic yang bisa secara pasif ngasih kita advantage. Jujur game ini cukup candu karena tiap run pasti beda experiencenya. Karena levelnya prosedurally generated dan deck nya pun kita build seiring crawling di dungeon nya yah. Pas awal masuk stage mah kartu kita cuma dikit, tapi sambil kita progres di stage tersebut, kita bisa terus nambahin kumpulan kartu di deck kita. Dan kalau kita mati di tengah-tengah, semua kartu dan item yang udah kita bangun ya ilang. Hahaha kita main lagi mulai dari nol. Tapi justru ini yang bikin seru.

Saya yakin game ini pasti akan sangat menantang dan menyenangkan bagi orang yang super strategis. Memperhitungkan probability kartu keluar, menghitung jumlah damage, jumlah defense, dan meta-meta kartu yang akan dipakai battle agar bisa menang dengan efektif. Tapi kalau saya cenderung playstyle nya males mikir dan brutal. Dengan playstyle yang kayak gitu pun saya masih bisa namatin progression untuk tiap karakternya, kecuali ninja yang baru mulai pas tulisan ini dimuat yah. Hehehe

Buat saya, ngedesain deck building game kayak gini sih gila yah. Game designernya harus bener-bener jago system desain dan bisa ngebalance tiap meta yang ada di kartunya. Jadi angkat topi buat Slay The Spire yang bisa bikin game deck building dicampur rougelike dengan sangat baik. Yang jelas ini bikin saya betah banget berlama-lama di Nintendo Switch saya.

About Adam Ardisasmita (1373 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan komentar