My Journal

Tips Olahraga Buat Yang Malas Olahraga

Kerjaan game dev memang banyakan duduk di kursi, di depan komputer, berjam-jam. Lalu pas kerjaan udah beres, hiburannya main game, duduk di kursi, di depan layar monitor, berjam-jam. Ini yang bikin secara fisik, kalau kita gak bener-bener care, bisa berbahaya untuk jangka panjang. Untuk menyeimbangkan jam kerja kita yang banyakan tidak bergerak ini, ideally sih kita harus bayar “hutang” dengan bergerak, atau olahraga. Cuma, buat saya pribadi yang memang tidak punya lifestyle olahraga, memulai dan membiasakan diri ini sulit sekali.

Berbagai cara untuk memulai rutin olahraga udah pernah dicoba. Dulu pernah langganan fitness di gym di mall-mall gitu yang biaya kontrak membershipnya harus langsung satu tahun. Akhirnya saya cuma rajin ke gym 5-6 bulan, sisanya saya jadi donatur tetap saja. Terus saya juga pernah beli Ring Fit Adventure. Itu juga cuma pakai beberapa bulan. Abis itu gak kepegang lagi barangnya. Terus saya juga beli walking pad. Mikirnya, klo ke gym harus effort, klo Ring Fit ribet setup-setupnya. Klo walking pad kan udah tinggal berdiri aja langsung olahraga. Bisa sambil ngapa-ngapain pula. Eh sama gak bisa rutin juga.

Walking pad

Sampai akhirnya di akhir Desember kemarin, saya cek darah dan liat kolesterolnya kan tinggi lagi. Istri iseng ngajakin untuk ikut program diet 3 bulan gitu. Selain ada program terkait makan kita sehari-hari, ada juga di dalam program itu kewajiban untuk olahraga. Nah yang menariknya, coach nya cuma minta saya dan istri saya untuk olahraga pas abis bangun tidur lima belas menit aja. Itu pun dikasih video youtube yang olahraganya cukup ringan. Karena kalau menurut coach saya, yang penting itu ngebangun habit kebiasan olahraganya dulu instead of harus ngejer target ngebakar X kalori lah, harus berapa ribu langkah lah, dst. Ini bikin olahraga jadi sangat bisa dimanage sekali. Toh cuma 15 menit aja, tapi tiap hari.

Yang terjadi adalah, sudah hampir sebulan ini, saya gak pernah absen olahraga 15 menit. Dan kalau dulu motivasi untuk ke gym, Ring Fit-an, atau jalan di walking pad kayaknya susah nyarinya, sekarang jadi lebih mudah munculin motivasinya. Ini berguna banget untuk dipakai ngebangun habit apapun yah. Selalu mulai dari something yang kecil. Misal kamu pengen jadi story writer di video game triple A, ya mulai dari nulis-nulis blog dulu aja yang gampang. Jadiin kebiasaan menulis bagian dari hidup kamu, baru nanti improve dikit-dikit.

Olahraga 15 menit sehari

Terus selain dengan mulai ngebangun habit dari yang kecil, yang saya rasakan juga adalah mencari small win. Setiap minggu, saya selalu nimbang. Tapi yang ditimbang gak cuma berat badan, ada fat, visceral fat, BMI, masa otot, dll. Ini ngebikin keliatan ada progres tiap minggu kalau otot saya bertambah, fat saya berkurang, berat badan berkurang, lingkar perut mengecil, dll. Small win ini jadi ngebuat motivasi untuk olahraga jadi lebih tinggi. Emang turunnya cuma nol koma, tapi ngeliat angkanya bagus udah bikin semangat.

Yang berikutnya yang gak kalah penting adalah environment sih. Bikin supaya aktivitas olahraga ini mudah diakses. Ruang tengah saya sekarang by default ada yoga mat dan dumble. Jadi tiap pagi itu langsung keliatan, tinggal nyalain tv, olahraga deh lima belas menit. Aksesnya harus dibikin segampang itu. Gak hanya environment space nya, environment sosial juga ngaruh. Ini saya bisa semangat tiap hari karena ada temennya, istri saya. Jadi tiap pagi kita saling ngingetin aja, olahraga apa kita pagi ini? Tiap minggu juga kita ngukur bareng dan ngeliat progress masing-masing. Jadi suasananya lebih kondusif aja klo ada temennya.

Apple Fitness + video

Jadi tiga tips di atas bisa dipakai juga buat temen-temen yang mau mulai olahraga. Mulai ngebangun habit dari hal yang super kecil dan managable untuk dilakukan, cari small win small win nya tiap minggu untuk nambah semangat, dan buat environment yang sangat mendukung untuk bisa olahraga dengan lebih mudah. Berkat habit ini, dalam sebulan kolesterol saya udah normal, berat badan turun, celana yang dulu kekecilan udah mulai muat lagi (beberapa celana ada yang udah terlanjur didonasiin karena udah pesimis bakal muat lagi :p). Semoga bermanfaat yah!

About Adam Ardisasmita (1277 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Tips Olahraga Buat Yang Malas Olahraga

  1. Kalau saya melakukan push-up 50-80 kali sekali turun di sela jeda proyek dan terkadang mengerjakan DIY yang membuat keringat bercucuran. Di lain kesempatan menemani anak bermain bola di lapangan cukup membantu refresh kebugaran karena berada diluar ruangan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: