My Journal

Mengenal Game Sebagai Media Untuk Belajar Pada Anak-Anak Dengan Literasi Digital #BelajarPakaiGame

Video Game selama ini penuh dengan stigma negatif, apalagi untuk anak-anak. Mulai dari isu game membuat kecanduan, game bisa bikin mata rusak dan menghambat tumbuh kembang anak, game bisa bikin anak tidak fokus, dan lain sebagainya. Padahal video game atau game digital, apabila diberikan dengan cara yang baik dan konten yang tepat usianya, bisa memiliki efek positif. Masalahnya adalah tidak ada panduan bagi para orang tua untuk mengenalkan game kepada anak hingga memilihkan game untuk anak.

Kunci dari membuka potensi game yang sangat besar tanpa memberikan efek detruktif adalah literasi digital. Literasi digital, terutama untuk orang tua masa kini juga anak-anak generasi digital native ini, merupakan topik penting sekali. Rasanya tidak mungkin anak generasi hari ini untuk tidak bersentuhan dengan dunia digital di masa tumbuh kembangnya nanti. Oleh karena itu, Arsa Kids mencoba hadir untuk memberikan literasi digital pada para orang tua tentang gadget, dunia digital, dunia online, hingga game. Dengan pengetahuan literasi digital yang baik, game bisa menjadi partner orang tua, bahkan sekolah, untuk menjadi medium belajar bagi anak.

Untuk itu, Arsa Kids meluncurkan program berjudul #BelajarPakaiGame. Belajar pakai game ini punya dua arti. Yang pertama, bagi orang tua untuk belajar memakai game agar bisa mengenalkan, memilihikan, dan memberikan game kepada anak dengan baik. Lalu arti yang kedua adalah agar anak dapat belajar memakai game. Dalam mendukung kampanye tersebut, selain akan hadir konten-konten edukatif terakit literasi digital dan belajar menggunakan game, saya pun akan membuat konten personal dari saya sendiri di blog ini, di channel youtube saya, ataupun di podcast saya.

Konten yang paling dicari adalah review game untuk anak. Oleh karena itu saya akan coba fokus ke area itu sembari melengkapi konten-konten yang ada di sosial media milik Arsa Kids. Mostly yang akan saya share adalah pengalaman pribadi saya belajar menggunakan game semasa saya kecil dan juga pengalaman saya mengenalkan game kepada anak saya untuk belajar. Jadi kalau kamu ada request pembahasan atau review hal apapun terkait literasi digital maupun cara #belajarpakaigame, bisa langsung tinggalkan komentar dan stay tune di blog ini yah 🙂

About Adam Ardisasmita (1208 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengenalkan Game Untuk Anak #BelajarPakaiGame – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: