My Journal

Membuat Password yang Aman

Penting bagi kita untuk memiliki password yang aman sehigga tidak mudah ditebak oleh orang lain. Tentu ini adalah tantangan besar untuk memastikan kita memiliki password yang aman. Ada beberapa saran dari website tertentu yang meminta kita untuk memasukan kombinasi angka dan huruf, jangan memasukan informasi pribadi kita dalam password (misalkan nama, tempat tanggal lahir, dan lain-lain), memasukan kombinasi simbol, jangan kurang dari enam karakter, dan lain sebagainya. Lalu yang tidak kalah penting adalah memastikan tiap password untuk satu akun dengan akun lainnya jangan sampai sama.

Nah saya punya pengalaman unik terkait dengan membuat password. Saya pernah mendaftark ke suatu forum teknologi dimana mereka cukup ketat terkait aturan membuat password. Biasanya aturan-aturan di atas itu hanya untuk menilai password kita aman atau tidak, kalau masih moderate biasanya tidak apa-apa, tapi lebih bagus lagi kalau aman (memakai semua kombinasi di atas). Ini saya ketemu website yang mewajibkan saya untuk pakai semua aturan di atas. Gak boleh ada informasi pribadi, harus kombinasi huruf dan angka, lalu harus ada simbol khususnya (misalkan ‘@’, ‘#’, ‘$’, dll), dan tidak boleh ada pengulangan lebih dari tiga kali karakter yang sama. Kalau tidak begitu, kita tidak diizinkan untuk membuat password.

Waduh, kalau sudah begitu pasti susah yah ngingetnya :p Apalagi kalau harus pakai simbol-simbol begitu. Tapi ya mau gimana lagi, melihat sekarang cracker udah makin canggih-canggih, mau gak mau kita harus selalu waspada terhadap kebocoran password. Kalau takut repot ngapalin password yang beda-beda untuk tiap akun, seenggaknya akun penting kayak email dan facebook itu kita harus gunakan password yang paling aman. Kalau untuk web gak penting pakai password general mungkin gak apa-apa yah selama ada fitur recovery password yang link ke email kita yang aman.

Biar jauh lebih aman lagi, kita bisa pakai fitur two steps authentication yang menghubungkan akun virtual kita dengan nomer HP kita sehingga kalau terjadi usaha pembobolan, kita masih bisa terjaga dengan nomer telepon kita (selama gak dicuri juga). Jadi kita bisa merasa jauh lebih aman terhadap potensi kejahatan virtual seperti yang beberapa waktu lalu pernah terjadi pencurian foto pribadi artis-artis di Amerika. Memang sih faktanya banyak yang masih belum aware bahwa punya password secure itu penting. Yang jelas, jangan sekali-sekali bikin password pakai tanggal lahir, atau passwordnya “123456789”, apalagi passwordnya “password.” Itu adalah kata sandi yang paling sering dibobol.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Membuat Password yang Aman

  1. Saran dari “pakar”:

    1. Cari kalimat yang panjang, tapi gampang diingat, misalnya “Do or do not, there is no try”.
    2. Ambil setiap huruf pertamanya sehingga jadi “dodntint”.
    3. Ganti beberapa huruf menjadi angka atau huruf besar “d0Dnt1n7”.
    4. Lalu tambahkan karakter khusus: “^d0Dnt1n7$”.

    Harusnya membantu mengingat, meski kadang tetep lupa juga. 😛

    Suka

    • tapi masih tetep jadi susah diinget Li :p
      klo mau ngetik password kayak gitu musti mikir dulu.
      mending bikin password panjang, tapi gampang diinget, misal “saya ganteng tampan dan tak ada 2nya” itu kan gampang diinget :p

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: