Iklan
My Journal

Antara iPad Pro, Surface Go, dan Samsung Galaxy Tab S4, Siapa Jawara Pengganti Laptop?

Dengan teknologi yang dimiliki oleh perangkat tablet atau 2in1 semakin hari semakin powerfull, rasanya lama-lama peran laptop bisa tergeser. Apple sendiri sudah melakukan branding bahwa tablet miliknya adalah pengganti komputer. Samsung sendiri juga memberikan fitur yang “berasa” laptop di dalam tablet berbasis Android terbarunya. Kalau perangkat milik Microsoft memang laptop tapi didesain lebih ke laptop tapi memiliki mobilitas yang tinggi seperti sebuah tablet. Untuk tahu mana yang paling bagus dan mana paling jelek tentu susah yah karena kebutuhan orang beda-beda, tapi saya coba menggunakan parameter kebutuhan saya sendiri dan bagaimana Apple iPad Pro, Microsoft Surface Go, dan Samsung Galaxy Tab S4 bisa menjawab kebutuhan saya.

Saya coba ceritakan dulu use case seperti apa yang biasa saya temui sehari-hari agar ada bayangan. Dalam seminggu, hampir tiap hari saya mobile. Entah mobile meeting di Jakarta atau ke kantor di Bandung. Pekerjaan yang saya sering lakukan adalah meeting, presentasi, brainstorming, dokumentasi, dan review kerjaan tim. Selain itu juga saya sering menulis dan media editing. Dan semenjak setahun saya menggunakan tablet yang ada pensil digitalnya, saya tidak lagi membawa notebook untuk mencatat karena semua saya catat secara digital. Sesekali juga saya gunakan tablet untuk entertaintment seperti nonton youtube, baca buku, dan main game. Nah untuk use case kayak gitu, kira-kira perangkat mana yang paling cocok buat saya? Saya akan coba bahas perkategori kebutuhan saya dan bagaimana ketiga device itu bisa menjawabnya.

Digital Pen

Tablet sebenernya ada banyak. Bahkan mungkin gak harus tablet, laptop yang semakin compact dan ringan pun ada. Saya sebelum ini kemana-mana selalu bawa Macbook Air karena bisa memenuhi sebagian besar ceklis saya di atas. Tapi memang Macbook Air tetap lebih berat dibandingkan tablet sih. Cuma ada satu faktor yang membuat saya semakin jarang menggunakan Macbook Air yakni Digital Pen. Seperti yang saya ceritakan di atas, banyak sekali use case dimana saya menggunakan Digital Pen untuk mencatat atau brainstorming. Buat saya yang orangnya visual banget, klo gak dicoret-coret gitu kadang gak begitu nempel apa yang diobrolin atau jadi susah kalau mau menjelaskan apa yang ingin saya sampaikan.

baca juga : Menulis Dengan Pensil Digital

Di antara tiga pilihan tadi, Apple iPad Pro bener-bener juara banget dari sisi presisi. Feel yang kita rasakan ketika kita nulis di layar iPad dengan pergerakan Apple Pencil, terasa sangat real. Itu mengapa banyak artist yang jatuh hati dengan Apple Pencil. Tapi S Pen milik Samsung Galaxy Tab S4 juga gak kalah. Emang gak sepresisi Apple Pencil, tapi kalau untuk saya yang menggunakan S Pen untuk produktivitas, fitur-fitur tambahan dari S Pen menurut saya sangat bermanfat. S Pen memiliki fitur hover, jadi dia mirip kayak mouse gitu kerjanya. Terus ada fitur tambahan bawaan software Samsung seperti bisa digunakan untuk mengeluarkan shortcut untuk screencapture, bukan apps, dan lain-lain. Udah gitu, S Pen gak perlu dicharge gak kayak Apple Pencil. Dan yang terakhir adalah Surface Pen. Posisi surface Pen ini 11-12 lah kayak S Pen. Apple Pencil tetap lebih juara dari sisi presisi menulis. Tapi memang Surface Pen tidak memiliki fitur sebanyak S Pen dan software pendukung untuk menulis di Surafe Go tidak sebanyak software yang mendukung penggunaan stylus seperti di Apple App Store atau Google Play.

Keyboard

Selanjutnya yang ingin saya soroti adalah penggunaan keyboard, terutama keyboard bawaan. Kenapa perlu ngebahas keyboard bawaan ini? Karena ini merupakan salah satu fitur yang membuat tablet ini compact tapi juga powerfull. Case yang saya alami sekarang dengan tablet yang tidak memiliki keyboard bawaan, saya harus selalu membawa bluetooth keyboard kemana-mana. Ketika saya ingin mengetik yang agak panjang, harus berdiriin tablet dulu dengan stand nya, ngeluarin keyboard, pairing, baru bisa ngetik. Itu pun gak disemua kondisi ada meja yang bisa dipake buat tatakan keyboard dan tablet saya. Beda dengan iPad Pro, Surface Go, dan Galaxy Tab S4 yang memiliki keyboard compact yang mudah dijangkau.

Untuk kualitas keyboard, juaranya adalah Surface Go. Travel key nya cukup dalam, gak begitu mepet-mepet, dan bahannya enak. Udah gitu hanya Surface yang di keyboard bawaannya ada trackpad. Kemudian kick stand untuk membuat Surface bisa berdiri juga cukup unik menurut saya karena derajat berdirinya bisa dikostumisasi dengan mudah. Tapi kekurangannya tentu sisi kestabilannya, terutama kalau mau dipangku sambil ngetik, agak kurang kokoh. Selanjutnya nomer dua adalah keyboardnya Galaxy Tab S4. Dari sisi build quailty dan kenyamanan mengetik cukup enak. Udah gitu magnet dari tablet ke keyboardnya kokoh banget, enak kalau dipakai ngetik di berbagai kondisi. Tapi emang keyboardnya agak aneh aja tombol fungsi tambahan yang dibuat. Ada mah tombol tambahannya bisa diset untuk “back” atau “show apps” atau atur suara lah. Ini tombol tambahannya satu tombol “search” dan satu lagi tombol “language” yang menurut saya gak sering-sering banget orang mencet itu.

Sistem Operasi dan Aplikasi Pendukung

Nah ini adalah poin yang saya bingung menentukan siapa yang lebih bagus karena masing-masing ada kekurangan dan kelebihan yang gak bisa diukur head to head. Mereka bertiga pakai sistem operasi yang beda-beda, iOS, Android, dan Windows S. Di dalam tiap sistem operasi juga ada aplikasi yang ada di satu platform dan gak ada di platform yang lain. Jadi emang agak sulit untuk ngerangkingnya yah.

baca juga : Active Noice Cancellation Headphone Terbaik Saat Ini, Bose QC 35 atau Sony WH-1000XM3?

Pertama kita bahas Apple Ipad Pro dulu deh. Buat saya, iPad memiliki koleksi aplikasai di dalam Apple App Store yang SANGAATT BANYAAAKA yang mendukung produktivitas dalam penggunaan tablet dan Apple Pen. Ada aplikasi kayak Goodnote dan Notability yang menurut saya sangat enak banget fitur-fiturnya buat nulis dan ini hanya ada di iOS. Terus saya juga suka banget apps untuk journaling bernama DayOne tapi dia hanya ada di iOS. Banyak banget sebenernya aplikasi bagus untuk tablet tapi hanya ada di iOS. Wajar sih, market share tablet di dunia emang paling gede iOS dan iOS user itu willing to pay jadi ngapain software developer pusing-pusing mikirin Android, apalagi Windows. Tapi kekurangan iOS adalah file manajemen dan compatibility. Susah banget untuk kita di IOS bisa ngemanage file dengan perangkat non Apple misal USB Drive, Hard disk, atau memory card. iPAd Pro udah USB C sih, tapi USB C nya cuma buat transfer foto dan mirroring ke layar. Padahal ada case dimana saya harus ngasih file via USB, presentasi pakai infocus dan clicker, dan lain-lain. Kalau Galaxy Tab S4, wah Android ini emang dewa banget buat power user kayak saya. Sistem file management oke, colok USB C hub bisa konekin ke keyboard, mouse, USB, SD Card, lengkap deh pokoknya. Tapi emang software yang optimized buat tablet dan S Pen gak banyak. Untungnya ada, tapi emang gak sebagus yang ada di IOS. Kayak buat nyatet, saya pakai Squid, yaaa lumayan lah. Tetep fitur-fitur yang saya inginkan dari Goodnote atau Notability gak ada di Squid. Udah gitu ada fitur Samsung Dex yang bisa bikin kita multitask lebih dari 2 page aplikasi dengan mudah. Terus kalau Surface, ya basicaly dia kan laptop yah, jadi emang portability dan compatilibity dengan hardware lain gak usah ditanya. Cuma emang koleksi apps untuk tablet experiencenya masih dikit banget. Saya belum nemu softawre note taking yang cukup oke, adanya OneNote nya Office doang. Jadi kayak iPad dan Samsung itu tablet yang pengen jadi pengganti laptop, Surface itu Laptop yang pengen jadi pengganti tablet.

Layar, Baterai, dan Storage

Selanjutnya untuk layar dan baterai. Buat saya ini gak mayor-mayor amat sih karena ketiganya baterainya bisa all day aja udah cukup kok. Layar juga semuanya nice. Tapi klo disuruh compare, walaupun LCD, layar iPad menurut saya lebih nice yah karena framerate yang gede banget. Dari sisi brightness dan warna, tentu Amuled displaynya Samsung juara. Kalau Surface menurut saya sih yaaa so so lah, apalagi bezelnya Surface Go gendut banget, agak ganggu aja gitu.

Kalau untuk storage, iPad gak bisa expendable dan kalau mau storage yang gedean dikit, harganya muahaaal banget. Baik Samsung maupun Surface bisa tinggal kita colok memory card aja untuk nambahin ukuran storagenya. Ato klo enggak, colok USB atau harddisk aja beres. Saya bisa dengan mudah transfer dari SD Card kamera ke Harddisk saya via Surface atau Tab S4.

Harga

Nah harga ini mungkin bakal jadi deciding factor paling penting buat kebanyakan orang. Tapi klo ada fitur yang gak bisa kamu kompromikan, terpaksa harus ikut sama harganya juga sih. Kalau menurut perhitungan saya, yang paling ekonomis adalah Samsung Tab S4 karena dengan harga 11jt, udah sama S Pen. Malah saya ngeliat ada promo bundle, 11jt dapet Tab S4 + S Pen, Keyboard Original Samsung, Mouse, dan Office 365. Itu Best deal banget. Sedangkan di luar sana harganya start dari 400 USD. Tapi saya gak rekomendasikan yang seri ini karena storagenya belum SSD. Kalau mau naik dikit ke yang 549 USD. Terus nanti tambah lagi keyboard nya sekitar 1,5jt dan Surface pen 1,5jt an lagi. Lumayan mahal kan? Tunggu sampai liat harga iPad Pro :p Dia iPad Pro yang paling rendah aja, 11 inch dan wifi only, udah 13 juta-an. Hahaha Apple Pencil dan Keyboardnya tambah 5jt lagi. Total paling murah dengan spec terjelek udah 18jt-an hahahaha Apakah menurut kamu dengan kekurangan dan kelebihan iPad, worth harga segitu kah? Itu kamu bisa dapet laptop ROG buat gaming rata kanan loh dengan uang segitu hahaha

baca juga : [Review] Logitech MX Master S2, Mouse Yang Penuh Fitur Canggih

Kesimpulan

Kesimpulannya, tablet yang ideal buat saya adalah yang berbasis Android, tapi punya koleksi aplikasi yang mendukung tablet dan pen kayak di iOS, dan kualitas keyboard yang kayak surface go. Hahaha sayangnya gak ada. Sepertinya saya masih cenderung ke Samsung Tab S4, tapi saya masih ragu untuk beli karena dia pakai chip keluaran 2017 (padahal devicenya launch di 2018). Apakah itu artinya Tab S4 gak powerful? Ya gak juga. Tapi apakah akan bisa dipakai untuk 2-3 tahun ke depan, jelas chipnya obsolete. Gak kayak iPad pro yang chipnya bahkan lebih powerfull dari Macbook Air :p Jadi saya pun sebenernya naikin budget ke iPad Pro mau-mau aja, asal file management dan USB C di iPad pro (nanti di IOS 13 mungkin) udah jadi lebih baik. Untuk hari ini, gak ada pilihan tablet yang ideal antara harga dan fitur2nya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1147 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on Antara iPad Pro, Surface Go, dan Samsung Galaxy Tab S4, Siapa Jawara Pengganti Laptop?

  1. Bro jadinya beli yg mana samsung tab s4 , ipad pro atau surface go ?

    Suka

  2. Oh ya satu lg tolong tny paket bundle samsung tab s4 ada linknya bro?

    Suka

  3. Kayaknya kudu beli Samsung Tab S4 deh buat experience bebas berselancar di dunia maya

    Suka

  4. Artikel yang powerful dan helpful, bukan kaleng-kaleng. Ngebantu saya banget buat nentuin tablet mana yg baiknya dipilih. Thanks bang!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: