My Journal

Resep Cara Membuat Bibimbap

Masakan Korea bisa dibilang memiliki taste yang agak berbeda dengan lidah orang Indonesia. Kita biasanya senang yang manis atau gurih, lebih mirip sama lidahnya orang Jepang. Kalau Korea ini cenderung lebih ke asem pedas. Jadi emang gak semua orang Indonesia akan cocok masakan Korea.

Saya termasuk yang suka masakan Korea. Terutama yang paling saya suka adalah keseimbangan gizi dari masakan Korea. Mereka sangat memperhatikan asupan gizi, terutama sayuran dalam makanannya walaupun Korea memiliki kultur “daging” yang tinggi. Itu mengapa Kimchi sangat populer di Korea untuk mengimbangi makanan daging mereka.

Bibimbap

Bibimbap

Nah salah satu masakan Korea yang saya suka adalah Bibimbap (atau bibimbab). Bisa dibilang ini nasi pecel versi Korea :p Instead of pakai bumbu kacang kayak di nasi pecel, Bibimbap pakainya red paste atau nama koreanya Gochujang. Bentuknya kayak pasta gitu, rasanya asem dan pedas khas Korea banget lah. Dan yang paling saya suka dari makanan ini adalah banyak sayurnya 🙂

Buat yang penasaran pengen coba bikin sendiri di rumah, ini bahan-bahannya.

Bahan2 bibimbap

Bahan2 bibimbap

Bahan utamanya tentu sayur2an. Jumlahnya, ya sesuai selera aja hehehe:

  • Wortel (potong kotak2)
  • Zucchini ato timun (potong kotak2)
  • Tauge
  • Jamur
  • Lobak (potong kotak2)
  • Dan sayur apa aja yang menurut kamu enak :p
  • Telur

Lalu untuk bumbunya butuh:

  • Gochujang
  • Minyak Wijen

Cara bikinnya:

  • Potong2 sayuran jadi kecil2. Biasanya yang agak keras2 dipotong kotak2 kayak korek api gitu.
  • Abis itu masing-masing sayur yang keras ditumis sebentar di wajan. Kasih minyak dikit aja. Tambahin garam. Terus tiriskan.
  • Untuk Jamur dan Tauge, di rebus aja sebentar.
  • Lalu untuk sausnya, pakai Gochujang dicampur sama minyak wijen. Ada juga yang senengnya ditumis dengan bawang putih yang sudah ditumbuk. Tapi minyak wijen di sini penting, bau2 koreanya baru kerasa klo udah dicampur minyak wijen. Sayur2nya juga bisa dikasih minyak wijen. all hail minyak wijen :p
  • Terus siapin nasi, taro sayur2an semuanya di atas nasinya, dan untuk telor boleh digoreng dulu, tapi yang aslinya sih kuning telornya aja mentah begitu aja ditaro di atasnya.
  • Ada juga yang seneng ditambahin daging cincang di dalamnya.
  • Abis itu masukin deh Gochujang sesuai selera. Semakin banyak, semakin pedas yang jelas :p
Gochujang

Gochujang

Udah gitu aja. Gampang kan? Hehehe paling yang kerjaan adalah nyari Gochujangnya ini. Gak di semua supermarket ada. Paling yang jual yang suka ada barang-barang impornya. Sisanya mah sebenernya dicampur2 aja sesuai selera kita :p hehehe

About Adam Ardisasmita (1199 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

7 Comments on Resep Cara Membuat Bibimbap

  1. Jadi ini nasi pecel, hehe… kirain apa

    Suka

  2. Wah enak yaw mas,,, asem – asem pedas. Memang benar mas, orang indonesia cocoknya yang gurih – gurih atau kalau ke Jogja manis – manis. Tapi gurih di campur manis jadinya top markotop mas,,,, hehehe. Tapi nggak ada salahnya kalau ngerasain Kimchi atau bibimbap ini. 🙂

    Suka

  3. makasih resepnya yum yum! This made me hungry, like what you stated in your intro. Hehe.

    Streaming Max (2015) BluRay

    Suka

  4. ini antara pecel dan ketoprak yan kang… hihihi
    Gochujang nya beli dimana itu?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: