My Journal

[GameLog] Galau Memilih Layanan Iklan

Setelah kemarin bereksperimen dengan model monetisasi In Apps Purchase, sekarang saya mencoba untuk menggabungkan model tersebut dengan iklan di dalam aplikasi. Nah ini merupakan kerjaan tersendiri karena penyedia iklan itu ada banyak sekali. Bagi saya, yang penting adalah fill rate untuk iklan di berbagai negara harus tinggi dan punya konten iklan yang relevan dan berkualitas. Kadang ada penyedia iklan yang campaignnya banyak, tapi gak relevan dengan game. Ada juga yang di beberapa negara mereka gak punya konten sehinggal fill ratenya kecil, dan lain-lain. Lebih bagus lagi, kalau penyedia iklan tersebut sudah support plugin Unity :p jadi gak perlu susah-susah bikin plugin lagi.

Sekarang saya sedang experimen dengan beberapa layanan iklan berbeda. Untuk di windows phone saya sedang coba pakai VSERV. Untuk di Android saat ini saya pakai AdMob. Di iOS saya coba pakai iAd, tapi belakangan lagi coba pakai AdMob. Saya belum putuskan sih mau pakai yang mana, tapi kayaknya bakal coba AdMob dulu. Selama beberapa bulan ke depan saya akan coba eksperimen dulu beberapa layanan iklan dengan beberapa apps/games yang berbeda di pasar biar kebayang plus minus masing-masing layanannya. Nanti setelah itu akan saya posting hasil eksperimen tersebut.

Nah, buat yang mungkin mau coba bantu riset atau punya pengalaman dengan platform tertentu, saya mau minta feedback dan reviewnya juga dong, kira-kira kelebihan dan kekurangannya speerti apa 🙂 Ini list beberapa penyedia layanan iklan yang sudah saya siapkan:

  1. iAd
  2. AdMob
  3. AdCollony
  4. StartApp
  5. Heyzap
  6. PlayHaven
  7. ChartBoost
  8. TapJoy
  9. VSERV

Paling sembilan layanan itu dulu yang akan saya coba. Kalau ada layanan menarik yang belum saya catat, kabari saja. Nanti kalau udah ada resultnya, akan saya coba share juga. Namun kayaknya belum tentu juga saya coba semuanya kalau misalkan saya udah nemu yang paling perform sih.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on [GameLog] Galau Memilih Layanan Iklan

  1. NativeX dah coba blm? Oh ya gmn hasil experimennya ? Ane tunggu postnya

    Suka

  2. AirPush belum ada, Kak?

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. [Gamelog] Panduan Mendapatkan Uang Dari Iklan Mobile | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: