Iklan
My Journal

Pindah Dari Cyanogen ke Oxygen OS

Saya menggunakan handphone OnePlus One semenjak kurang lebih tiga tahun yang lalu. Memang tidak banyak yang tahu OnePlus One karena memang perusahaan ini tidak banyak melakukan marketing effort. Cost marketing mereka dipotong agar bisa menghadirkan perangkat dengan spec tinggi namun harga membumi. Mengingat sudah tiga tahun masih relevan untuk saya gunakan, berarti memang tidak salah klaim kualitas yang dijanjikan oleh OnePlus.

Dari sisi sistem operasi, OnePlus One menggunakan Android versi modifikasi oleh Cyanogen Mod (CM). Saya sih tidak ada masalah menggunakan CM, tapi memang karena sudah tiga tahun, terasa OS saya semakin berat karena sudah penuh oleh data, aplikasi, cache, dll. Sudah gitu, baru-baru ini dikabarkan bahwa CM menutup seluruh layanannya sehingga tidak akan ada lagi update-update berikutnya (yang terbaru sih proyek CM dilanjutkan dalam bentuk opensource dan bernama Lineage OS).

baca juga : [Review] OnePlus One, Smartphone Android Premium Dengan Harga Terjangkau

Sekalian mau refresh HP, sekalian mau ganti OS deh. Saat ini OnePlus menggunakan OS Android modifikasi bernama Oxygen OS. Semua perangkat OnePlus yang baru secara default tertanam Oxygen OS. Akhirnya saya coba install Oxygen OS dengan melakukan metode Flash Rom. Di web OnePlus ada kok petunjuknya lengkap, tinggal ikutin. Tapi ya memang konsekuensinya harus wipe clean data di HP kita. Jadi pastikan sudah backup dulu semua data-data yang dirasa perlu disimpan.

So far sih experience pakai Oxygen OS ya not bad. Tapi memang saya merasakan performa OnePlus One saya sudah tidak terlalu optimal untuk mendukung Oxygen OS terbaru. Memang siklus HP itu ada baiknya diupgrade tiap 2-3 tahun sekali (kalau laptop tiap 5 tahun lah) agar tidak tertinggal dari sisi perkembangan teknologi dan dukungan software. Banyak sekali perkembangan software yang harus diimbangi dengan kemampuan hardware seperti kapasitas storage dan memory yang perlu lebih besar, kemampuan processing, hingga fitur-fitur sederhana seperti finger print lock.

baca juga : [HandsOn] OnePlus One, Smartphone Android Spec Bintang Lima dengan Harga Kaki Lima

Yang penting sih untuk sementara saya merasakan HP saya jadi lebih bersih dan cepat dengan menginstall Oxygen OS. Cepatnya ya karena storage dan memorynya juga jadi plong abis di wipe clean :p Mungkin next bisa mulai nabung untuk upgrade HP baru nih.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: