My Journal

[Intel Innovator] Dukungan Intel Untuk Game Developer

Ketika diberi amanah menjadi Intel Innovator untuk bidang game, saya masih belum tahu banyak apa program-program Intel di area game development. Berhubung saya punya tanggung jawab untuk membantu game developer yang ingin memanfaatkan teknologi Intel, akhirnya saya coba mempelajari program-program Intel untuk mendukung game developer. Ternyata ada sangat banyak program dan tools yang sudah disiapkan Intel untuk hal tersebut.

Secara umum ada dua hal yang bisa kita manfaatkan sebagai game developer, yang pertama adalah program Intel untuk game developer dan yang kedua ada tools dari Intel. Karena memang ada banyak, saya juga butuh waktu untuk mempelajarinya satu-persatu. Namun dengan tag [Intel Innovator] di blog post saya, saya akan coba share tiap teknologi tools atau program yang sekiranya bermanfaat untuk teman-teman game developer.

Sharing tentang teknologi Intel ke game developer

Sharing tentang teknologi Intel ke game developer

Dari bentuk dukungannya sendiri, ada sebuah tag line dari Intel terkait program dukungan untuk game developer yakni Achievement Unlock: Intel Game Developer Program. Achievement Unlock merupakan salah satu bukti keseriusan Intel untuk mendukung industri game. Ada banyak sekali program dari Intel yang memberikan impact positif baik secara direct atau indirect.

baca juga : Mendapat Amanah Menjadi Intel Innovator Untuk Membantu Ekosistem Startup di Indonesia

Dari sisi Teknikal, berikut adalah beberapa dukungan Intel untuk game developer:

  • SDKs and libraries: Intel memberikan tools yang sangat banyak bagi developer game untuk bisa membuat game dengan lebih mudah.
  • Intel® Graphics Performance : Ini merupakan tools dari Intel untuk memudahkan game developer melakukan profiling terhadap performa game-nya.
  • Source code samples: Ada beberapa contoh kode yang bisa digunakan untuk belajar membuat game.
  • Technical support in forums or at events: Intel menghadirkan expertis berbagai area game development untuk memberikan konsultasi kepada game developer.
  • Testing: Ada fitur testing yang diberikan Intel sehingga kita bisa memastikan game yang kita buat berjalan dengan baik.

baca juga : Arsanesia Mendapat Penghargaan Dari Intel Sebagai Top Developer

Lalu dari sisi Bisnis, Intel juga memberikan support sebagai berikut:

  • Business Assistance: Jika game yang kita buat sudah dalam fase go to market, terdapat dukungan dari sisi bisnis untuk mempermudah kita.
  • Showcasing: Ajang untuk menampilkan game yang sudah kita buat di berbagai channel Intel.
  • Highlighting in keynote: Untuk game yang spectakuler, bisa dimention pas Intel keynote di panggung besar,
  • Hosting events: Mengadakan acara untuk bisa melakukan showcasing dan networking
  • Intel® Level Up: Lomba untuk mengembangkan game dari Intel
  • Achievement Unlock Partner: Partnership intel dengan banyak 3rd party apps utk mendukung developer (misal partnership dengan Unity, Unreal, Vulcan API, dll)

Postingan ke depan tentang [Intel Innovator] saya akan coba bahas lebih detil tentang tiap teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh temen-temen game developer. Soalnya dari sisi tools sendiri aja, ada banyak banget tools yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan. Beberapa bisa digunakan langsung oleh temen-temen, beberapa lebih cocok untuk mereka yang lebih expert (misalnya yang fokus di game engine dan performa game).

Screen Shot 2016-07-27 at 10.37.42 AM

List tools milik intel untuk game developer

Ini juga tantangan tersendiri karena saya akan coba bahas teknologi Intel yang sangat teknikal dengan bahasa yang mainstream di blog ini. Hahaha saya masih bingung gimana membahas Open GL ES generasi baru yakni Vulcan dengan bahasa yang sederhana. Tapi ya gak papa, kita coba semampunya. Nanti klo terkait teknikal seperti cara implementasinya, saya akan buat video tutorial aja atau saya taro di medium. Kalau kamu ada topik spesifik yang ingin ditanyakan, gak usah ragu-ragu untuk tinggalkan komen biar saya prioritaskan untuk saya bahas.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: