My Journal

Fitur Push To Talk Pada Zoom Untuk Memperlancar Komunikasi

Di masa pandemi ini mau gak mau kegiatan yang biasa dilakukan offline harus berubah jadi online. Dan salah satu tantangan dalam berkegiatan online adalah transformasi aktivitas yang tidak bisa disamakan dengan ketika versi offline. Kalau konteksnya offline, satu ruangan ada beberapa orang yang ngobrol dengan suara pelan tidak akan mengganggu jalannya aktivitas di ruangan itu karena suaranya tidak akan sampai ke kita atau suara orang yang jadi fokus biasanya lebih keras. Kalau online, dalam satu room ada satu orang aja yang suaranya bocor, langsung mengganggu jalannya meeting. Untuk itu ada fitur mute/unmute di zoom agar tidak ada suara bocor yang mengganggu jalannya meeting.

Namun pada kenyataannya, fitur mute ini terkadang menjadi jarak bagi seseorang untuk berani bicara di dalam forum. Ada keraguan tiap kali mau menekan tombol unmute karena mungkin akses ke tombol tersebut cenderung repot karena harus mengarahkan mouse ke icon unmute yang agak kecil, lalu ketika unmute ngomong, setelah ngomong langsung mute lagi. Hal ini terkadang membuat orang jadi lebih enggan untuk berpartisipasi dalam diskusi.

Untuk menjaga agar forum diskusi tetap bersih dari suara-suara bocor dan mendorong orang untuk berbicara, ada fitur push to talk di Zoom. Fitur ini membuat hanya dengan menahan satu tombol di keyboard, mic kita masuk ke mode temporary unmute. Lalu ketika kita mengangkat tombol tersebut, akan otomatis di mute kembali. Mirip kalau seseorang pakai handy talky, suara kita baru akan masuk ketika kita menahan tombol untuk berbicara. Flow ini jauh lebih intuitif sehingga memudahkan orang untuk berbicara tanpa takut bocor atau melalui proses yang panjang.

Defaultnya, shortcut atau hotkey untuk mute adalah space bar. Jadi kalau kita menahan tombol space bar, akan otomatis ter-unmute. Tapi tombol ini pun bisa kita ganti sesuai keinginan kita. Bahkan kita bisa set sebagai global shortcut yang artinya kita bisa menekan tombol push to talk tersebut walaupun sedang tidak di dalam aplikasi zoom.

Tekan Tombol Hijau Untuk Berbicara ๐Ÿ™‚

Fitur push to talk ini akan sangat bermanfaat bagi pembelajaran jarak jauh. Bagi anak-anak yang masih kecil dan sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh, management push to talk ini akan sangat bermanfaat sekali. Bagi mereka, tombol mute dan unmute ini agak sulit untuk bisa diraih. Untuk itu, mengajarkan push to talk kepada mereka jauh lebih mudah. Hal ini yang saya implementasikan kepada anak saya ketika melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Bahkan tidak hanya itu, kita bisa assign tombol push to talk ke tempat yang lebih terjangkau buat anak. Saya pakai USB Numpad agar tombol push to talk bisa lebih dekat ke anak saya dan memudahkan dia ketika mau ngomong. Dengan begini, at least anak saya tidak turut menyumbang kepada keberisikan ruang zoom meeting ketika belajar jauh. Tidak pulang orang tuanya perlu selalu standby untuk menekan tombol mute/unmute ketika diminta gurunya untuk anaknya menjawab pertanyaan. Silahkan dicoba ๐Ÿ™‚

About Adam Ardisasmita (1173 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: