Iklan
My Journal

[Serial] Black Mirror, Menggali Sisi Gelap Dari Kemajuan Teknologi

Kita saat ini sedang melihat teknologi yang men-distrup berbagai sisi kehidupan kita. Tanpa sadar, kita sedang digiring kepada sebuah kemungkinan pola hidup yang berpotensi membuat peradaban kita justru mundur. Contoh gampangnya kayak film Wall E aja deh. Di situ keliatan kan gimana teknologi sudah membuat manusia menjadi tidak mampu mengeluarkan kapasitas tertingginya karena semua serba dimudahkan oleh teknologi. Nah, film seri Black Mirror ini ibarat Wall E tapi versi seriusnya.

04-black-mirror-w750-h560-2x

Pertama saya denger film seri ini dari sosmed saya cukup ramai yang bilang ada film seri yang “serem” judulnya Black Mirror. Awalnya saya kira ini film horor ato hantu gitu soalnya serem dan namanya ada “black” nya. Hahaha Ternyata di film ini gak ada hantunya sama sekali. Tapi, ternyata emang bener kalo film seri ini serem. Serem bukan karena jump scare, bukan karena makluk ghaib, tapi karena kemajuan teknologi bisa merusak struktur sosial dan psikologi manusia dengan sangat parah. Dan kenapa hal ini menyeramkan? Sebagian besar konflik sosial dan psikologi yang terjadi di film ini sedang terjadi di dunia nyata.

baca juga : [Serial] Scorpion, Sekumpulan Jenius Menjadi Agen Spesial

Misalnya tentang penggunaan rating sebagai pengendali tatanan sosial ala-ala Gojek dan Uber, hal ini dibahas menjadi sebuah cerita yang sangat mengkhawatirkan ketika setiap orang punya rating dan rating tersebut akan mempengaruhi fasilitas apa saja yang bisa kita dapatkan dan apa yang tidak. Atau misalkan tentang penggunaan teknologi AI, Machine Learning, dan NLP untuk membuat seseorang yang sudah meninggal bisa “hidup” kembali dengan cara membaca history semua percakapan yang terjadi di dunia maya milik orang yang sudah meninggal.

Saat ini sudah ada tiga season. Season satu dan dua cuma tiga episode masing-masing dan season tiga cuma enam episode. Tiap episodenya membahas cerita yang stand alone tentang sebuah fenomena terkait teknologi tertentu. Dan tiap episode disajikan dengan sangat indah, penuh dengan script dan cinematografi yang menawan (terutama season 3), dan tentunya dengan membuat kita merasakan techno-paranoia. Jadi, buat kamu yang sangat dekat dengan teknologi, coba deh nonton Black Mirror ini di Netflix. Dijamin bakal ngerasa deg-deg serr dengan kemajuan teknologi hari ini 😀

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: