My Journal

Semangat Belajar Yang Tinggi

Pernah gak sih kita ngerasa males untuk belajar hal baru. Ada seminar menarik, tapi tempatnya jauh atau macet, jadinya batal dateng. Kasus lain mungkin karena gak ada bahan atau materi dalam bahasa Indonesia, kita jadi ngerasa repot dan mengubur niat untuk belajar. Yah, kalau kita sudah terbiasa dengan kemudahan dan hal-hal yang instan, proses belajar yang buttuh effort jadi terasa tidak menarik

Tapi saya sedikit tercerahkan ketika datang ke sebuah acara workshop. Jadi kemarin ada acara Unity Roadshow. Seperti biasa, kita wajib kenalan dengan orang di sebelah kanan dan kiri kita (kunci sukses networking :p). Terus ternyata orang di sebelah saya bukan dari Jakarta, malah dari luar pulau Jawa. Wah, niat banget ini orang.

baca juga : Rekap Unity Roadshow Jakarta

Terus selama acara berlangsung, speakernya semuanya bule jadi pakai bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Saya melihat orang di samping saya ini dengerin sambil buka laptop. Di laptopnya, yang dibuka adalah browser dan sedang membuka Google Translate. Kalau ada kata di slide pembicara yang dia gak ngerti, langsung di translate pakai Google Translate. Wow. Seniat itu!

Buka google translate

Buka google translate

Dan lagi, acara hari itu ada tes untuk mendapat sertifikat Unity developer. Dia salah satu yang datang ke Jakarta jauh-jauh untuk ikut test tersebut. Wih niat banget. Tesnya bayar loh $150 dolar. Katanya dia sampai ikut course di Udemy untuk mempersiapkan tes ini. Pas saya tanya untuk apa, katanya ya biar memperluas peluang ke depan aja (mungkin peluang kerja, karir, ato studio gamenya jadi lebih kredibel mungkin yah). Terus pas sesi tes, saya pulang dan kita bertukar kontak.

Tidak lama ini, dia menghubungi saya menanyakan ada gak yah event terkait game? Saya bilang yang terdekat hari Sabtu di Jogja. Komentar pertamanya bukan “wah jauh yah,” tapi “wah saya gak bisa kalau dadakan.” Which means dia cuma karena telat dapet informasi aja. Kalau tahu dari jauh-jauh hari, pasti berangkat. Saya suruh aja pantau terus tech news atau web2 yang suka bikin event. Saya juga jadi tertarik untuk datang ke kotanya dan sharing di sana. Kasian juga event2 yang berguna untuk game developer saat ini masih banyaknya di kota-kota besar di pulau Jawa. Semoga saya dan teman-teman lainnya nanti bisa banyak membantu developer lainnya di luar kota besar yah.

baca juga : [Tutorial] Belajar Membuat Game Pakai Unity, Gratis, Dapet Hadiah Pula. Hanya di Dicoding Academy

Terus saya iseng tanya, kemarin test sertifikasi lulus gak? Dia bilang gagal, gara2 ada soal yang dalam bahasa Inggris dan dia gak ngerti terus di skip. Waduh, berarti problem bahasa ini masih sangat menjadi barrier yah. Ini juga yang menjadi motivasi bagi saya untuk terus membuat video tutorial dalam bahasa Indonesia. Karena memang bahasa Inggris di kota-kota besar sudah lumrah namun ternyata di kota lain kurang.

Yah intinya sih kita yang punya fasilitas dan akses ke berbagai ilmu yang sangat mudah, janganlah sampai malas belajar. Di kota lain, banyak loh orang-orang yang bermimpi ada di posisi kita saat ini, mudah dengan informasi dan segala fasilitas. Teruslah bersyukur dengan banyak belajar dan banyak juga berbagi apa yang sudah kita pelajari.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: