My Journal

[Review] Membuat TV Biasa Menjadi Pintar Dengan Google Chromecast

Kali ini saya ingin share sebuah gadget yang mungkin gak banyak yang tahu fungsinya untuk apa tapi sebenernya sangat bermanfaat yakni Google Chromecast. Artikel ini hanya bermanfaat jika TV di rumah kamu bukan Smart TV, sama kayak saya :p Hehehe Intinya Google Chromecast bisa membuat TV biasa menjadi pintar.

baca juga : [Review] Canon G7X, Kamera Compact Yang Powerfull

Google Chromecast bentuknya kayak USB tapi ujungnya colokan HDMI. Kita colok itu ke TV, maka TV kita akan bisa tersambung ke perangkat lain. Bisa kita sambungkan jika terhubung di jaringan wifi yang sama, bisa juga kita konek langsung dari perangkat ke Chromecast. Untuk harga yang cuma $35 dolar, dibanding dengan smart TV yang bisa ratusan dolar, perangkat kecil ini bisa dibilang powerfull. Sayangnya kalau di Indonesia belum ada yang resmi dan harganya jadi agak lebih mahal. Makanya saya belinya nitip ke teman saya yang kebetulan habis dari US :p

Terima kasih Dicoding buat hadiah HPnya dan oleh2 dari US kemaren. Maju terus!

A post shared by Adam Ardisasmita (@ardisaz) on

Fungsi utama dari Chromecast ini adalah untuk casting. Menampilkan konten yang ada di suatu perangkat ke perangkat lain. Misal, kita menampilkan foto dan video dari smartphone ke TV, menampilkan video youtube dari laptop kita ke TV, atau main game dengan memanfaatkan handphone kita sebagai kontroler dan TV sebagai media menampilkan gambarnya. Sekilas sih nampak simpel dan remeh, tapi kalau kamu punya habbit yang sama kayak saya, Chromecast bakal sangat membantu.

earth_tv1_cit_b91258_cst_kz_unf - color shift_female_v4a

Buat apa sih pakai Google Chromecast? Buat orang-orang kayak saya yang seneng nonton TV, kita bisa memberikan konten yang variatif di TV kita. Misal nih:

  • kita bisa nonton video2 youtube dengan mudah. Handphone kita jadi remote untuk membuat list video2 yang mau kita tonton, lalu bisa menampilkannya di layar.
  • kita bisa nonton video tutorial dicasting ke TV, layar di laptop kita ngikutin video tutorial tersebut. Bisa tutorial di Youtube, bisa juga kayak Udemy gitu (atau apps lain yang udah bisa konek Chromecast)
  • kita bisa nonton Netflix ataupun dengerin Spotify dengan lebih mudah dan praktis
  • kita bisa main game di Android yang butuh kontroler lebih mudah. HP kita full jadi kontroler dan di TV kita bisa mainin game-nya
  • kita bisa presentasi lebih mudah dan praktis. Slidenya di HP, kita cast aja ke Chromecast. Atau bisa juga kita pakai untuk demo konten yang ada di HP kalau lagi presentasi ke client
  • dan ada banyak aplikasi lainnya yang bisa diintegrasikan dengan Chromecast

baca juga : Tips Memilih Gadget

Jadi gimana menurut kamu? Bermanfaatkah gak kira-kira Google Chromecast dengan kebutuhan kamu? Atau sudah punya Smart TVs sehingga tidak perlu pakai Chromecast lagi? Hehehe

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

4 Comments on [Review] Membuat TV Biasa Menjadi Pintar Dengan Google Chromecast

  1. Mauu

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. [Review] Streaming Film dan Serial Menggunakan Layanan iFlix – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: