Iklan
My Journal

[Supercoolkids] Mencari Rumah Sakit Untuk Kontrol dan Lahiran di BSD

Halo teman-teman semua. Sebelumnya saya gak nyangka klo ternyata topik [Supercoolkids] ini banyak yang seneng dan ngikutin. Hahaha Padahal awalnya takut ganggu yang pada follow blog saya untuk nyari info terkait tech, gadget, startup, atau game industry. Tapi bahkan sampe ada yang nagih tulisan ini di ask.fm saya. Hahaha saya sih cuma berharap tulisan di blog ini bisa bermanfaat apapun topiknya yah :’)

Ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang hal pertama yang kami lakukan ketika mengetahui Dea sudah hamil. Jadi kami survey ke kira-kira empat rumah sakit di sekitar BSD untuk mencari dokter yang sesuai dengan keinginan kami. Tak hanya dokternya, faktor harga melahirkan dan kontrol juga menjadi pertimbangan. Tak hanya harga, juga berbagai jenis pelayanan, apakah pro-asi, apakah ibu dan anaknya berada di satu ruangan, dan lain-lain.

Jadi ketiga trimester awal, frekuensi kontrol masih lumayan sering. Kayaknya 2 minggu sekali masih harus kontrol untuk memastikan kondisi janin. Karena fase trimester awal ini katanya kondisinya masih rawan sekali jadi harus bener-bener dicek kondisinya seperti apa. Baru klo udah masuk trimester kedua gak perlu kontrol sering-sering. Nanti terkait kontrol, USG, dan lain-lain di tulisan terpisah yah. Kali ini saya mau kasih report hasil survey ke beberapa rumah sakit di daerah BSD.

RS Eka Hospital BSD

Rumah sakit pertama yang kami coba sudah tentu Eka Hospital BSD. Dari sisi lokasi, sangat dekat dengan rumah kami. Kualitas gak perlu ditanya, saya dan istri sangat sering berobat ke sini. Manajemennya bagus, tempatnya nyaman, dan ada jadwal dokter yang wanita yang pas praktiknya. Oh ya, udah gitu deket juga dengan kantor Dea, sebelah2an gedungnya :p

Kami nyoba sama dokter Merry. Dokternya enak banget! Baik, santai, tapi sangat teliti. Kalau dokter Merry lagi USG, itu bisa agak lama. Di lihat dari berbagai sisi, lalu diberikan komentar. Buat pasangan yang baru mau punya anak pertama, tentu masih blank banget apa yang harus ditanya dan dicek. Tapi semua itu dijelaskan dengan amat sangat detil oleh dokter Merry.

Sayangnya, biaya di Eka Hospital amat sangat mahal sekali. Paling mahal di antara semua rumah sakit yang kami coba datangi. Sekali berkunjung untuk kontrol, bisa habis 500rb-an. Sebulan dua bulan pertama masih tutup mata lah klo tiap bayar tagihan. Tapi lama kelamaan berasa juga :p

RSIA St Carolus Sumarecon

Istri saya coba memilih St. Carolus karena terkenal sebagai rumah sakit ibu dan anak yang baik. Di sini pro-asi dan roaming in bayi dengan ibunya pasca melahirkan. Pas dateng ke lokasi, nuansanya pun enak. Chemistrynya dapet lah sama kami karena suasananya ini. Fasilitasnya juga nampak menjanjikan.

Di sini kami nyoba sama dokter Maria. Sama kayak di Eka, dokternya juga baik banget. Tapi berbeda dengan dokter Merry yang bisa menghabiskan waktu lama untuk USG, sesi bersama dokter Maria ini bisa tergolong sangat cepat. Tidak banyak penjelasan yang diberikan kepada kami. Jadi harus aktif bertanya.

Dari sisi harga ini lebih murah dari Eka Hospital. Klo di Eka sekali kontrol 500rb-an, di sini 300-400rb-an lah. Tergantung vitamin yang dikasih dokternya juga. Dan dokter Maria ini klo ngasih vitamin harganya gak nahan. Hahaha.

RS Medika BSD

Untuk RS Medika BSD ini karena dekat rumah dan relatif lebih murah dari dua rumah sakit di atas dan posisinya cukup dekat juga. Bisa jadi alternatif lah klo ternyata dokternya enak. Eh pas nyoba ke sana, rumah sakitnya super semrawut. Pendaftaran pasien gak jelas, antrian serobotan, terus manajemen pasien masih manual di tulis tangan -_- plis hari gini!

Masih dicatet manual, antrian gak jelas, dan orang bisa nyelak antrian dengan mudah @.@

Masih dicatet manual, antrian gak jelas, dan orang bisa nyelak antrian dengan mudah @.@

Udah daftarnya gak jelas, ternyata dokternya juga gak jelas. Jadi pagi saya dan istri daftar untuk siangnya (oh ya, di Eka dan Carolus bisa daftar via telpon, di sini harus dateng). Eh kok pas menjelang mau jamnya kontrol, dokternya entah terlambat atau gak dateng gitu. Udah first impression dengan rumah sakitnya gak bagus, dokternya juga telat, jadilah kami langsung balik kanan dan gak kembali ke sini lagi :p

RSIA Buah Hati Pamulang

Saya dan istri masih mencari alternatif rumah sakit yang oke dan lebih terjangkau daripada Eka dan Carolus (Medika mah udah pasti dicoret aja). Kebetulan temen kantornya Dea ada yang lahiran di RSIA Buah Hati dan feedbacknya oke. Jadilah kita survey ke sana buat liat rumah sakitnya. Ternyata walaupun tidak semegah Eka ato Carolus, entah kenapa suasananya adem dan enak. Mungkin karena RSIA kali yah, jadi lebih fokus untuk ibu dan anak.

Untuk dokternya, kami ke dokter Rohati. Pengalaman pertama dengan beliau sangat luar biasa. Orangnya sangat keibuan, ramah, dan berhubung ini kontrol pertama, sesinya lama sekali. Ada kali 20-30 menit sesi USG. Gak hanya itu, di sini juga kami diberikan sesi USG 4D loh. Di Eka dan Carolus klo mau 4D ada lagi paketnya dan mahal banget. Tapi di sini sesi kontrol biasa aja pake 4D. Udah deh langsung jatuh hati :’) (walaupun nantinya kami tetep ambil sesi 4D di klinik lain untuk nontonin si bayi lebih jelas lagi, hehehe)

Jadilah kami memilih rumah sakit ini untuk kontrol seterusnya. Harganya setengahnya Eka Hospital :’) Cuma satu masalahnya sih, jalan ke sana dari rumah kami lagi dalam proses perbaikan jadi agak bergelombang. Gak jauh sih, tapi siap-siap dengan turbulensinya aja :p

RSIA Hermina Serpong

Ini kami iseng coba cari alternatif lain dari Buah Hati soalnya ternyata Hermina ini lebih dekat dari Buah Hati. Survey ke rumah sakitnya, oke sih. Tapi pas cek harganya, untuk kontrol sih so far gak jauh sama Buah Hati. Tapi untuk melahirkannya kok hampir semahal Eka -_-a Yaudah gak jadi deh hehehe nanti aja buat kontrol klo baby-nya udah lahir.


Itu tadi sekilas tentang survey rumah sakit dan dokter hingga akhirnya kami memilih untuk di RSIA Buah Hati Pamulang. Berikutnya akan saya share tentang cerita-cerita selama masa kehamilan mulai dari berbagai momen seru sampai ke hunting perlengkapan bayi sampai ke ujung Jakarta :p Ditunggu saja yah.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on [Supercoolkids] Mencari Rumah Sakit Untuk Kontrol dan Lahiran di BSD

  1. tri suci wulandari // 10/12/2015 pukul 6:04 pm // Balas

    Hallo mas Ardi. Salam kenal yaa, saya Suci. Saya lagi hamil juga. Tapi utk kontrol masih milih je RSIA Hermina Serpong, sekali kontrol minimal 300rb an malah kmrn 900rb krn mahal di vitamin dan kalsium >< (untungnya dicover asuransi, hehe), dokter saya dgn dr.Mutia Ria, sangat kominikatif dan cukup detail siih, suka jelasin satu2 hasil usg dan segala kemungkinan. Saya juga suka buat daftar pertanyaan sii jadi klop. Cuma sayangnya gak ada usg 4d aja di sini. Saya mau coba ke RS lain deh, antara Mayapada dan RSIA Buah Hati (thx to your feedback, tho). Utk bersalin masih belom menentukan, tergantung biaya. Takutnya th 2016 naik lagi (waktu lahiran mei-juni 2016).

    Suka

    • Halo salam kenal 🙂
      Wah semoga kehamilannya lancar yah sampai lahiran, dedek bayinya juga sehati selalu.

      Untuk USG 4D bisa dimana saja kok, tidak harus di Rumah Sakit tempat kamu kontrol. Coba cek tulisan saya deh, saya 4D di klinik Sahati. Jadi jangan jadikan patokan USG 4D sebagai tempat untuk bersalin karena paling cuma dipakai sekali 🙂

      Suka

    • Selamat pagi bunda saya mau tanya dong untuk asuransi yg bunda pake apa ya ?
      Terimaksih

      Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Supercoolkids] Review dan Biaya Persalinan RSIA Buah Hati Pamulang | Ardisaz
  2. [Review] Eka Hospital BSD, Rumah Sakit Dengan Sistem Informasi Yang Oke – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: