My Journal

Selamat Ulang Tahun Indonesia

Hari ini tepat Indonesia berumur 70 tahun. Sudah lumayan tua yah kalau untuk ukuran umur manusia. Di umur segitu, mungkin cucunya udah pada besar. Hari-harinya dihabiskan untuk menikmati pagi dan menekuni hobinya sembari melihat anak cucunya beranjak dewasa.

Tapi kalau untuk ukuran sebuah negara, 70 tahun sebenernya terbilang muda. Bandingin aja, kita lahir tahun 1945, US lahir tahun 1776, Brazil 1822, Finland 1917. Klo yang seumuran sama kita ada Korea Selatan yang sama-sama 1945, India 1947, malah Jepang lebih muda dari kita, 1952. Kita juga itungannya bukan yang muda-muda amat mengingat Malaysia di 1963, Singapore 1965, bahkan ada yang 2011 yakni Sudan.

Klo ngeliat angka-angka di atas, yaa bisa dibilang kita tengah-tengah lah. Bukan yang senior, bukan juga yang bungsu. Tapi pas dibaca lagi angka-angka di atas, kita sama Korea Selatan seumuran, sama Jepang lebih tua, dan jauh lebih tua daripada Malaysia dan Singapore. Tapi klo iseng ngebandingin sekilas, kok rasanya banyak yang kita malah ketinggalan yah dari “adik-adik” kita ini? Malahan Korea Selatan dan Jepang sempat mengalami kehancuran masif gara-gara abis perang.

Coba kilas balik, sepertinya umur kita dulu itu banyak dihabiskan oleh masa-masa dimana orang yang memegang kendali atas negara ini banya yang mengeruk keuntungan untuk dirinya sendiri. Momen-momen ketika KKN merajalela (inget, dulu bahkan gak ada KPK), ketika gak ada visi jelas untuk Indonesia, gak ada transparansi, kita yang orang Indonesia ini aja gak tau musti gimana buat majuin Indonesia, dan banyak kekusutan lainnya.

Logo KPK

Logo KPK

Di saat Indonesia masih sibuk dengan perut masing-masing dan kerakusan para pemangku jabatan inilah negara-negara tetangga yang relatif lebih muda dari kita sedang sibuk-sibuknya berlari. Hari ini mereka udah 10 tahun lebih maju dari kita, tapi bukan berarti Indonesia gak kemana-mana loh. Perlahan tapi pasti, langkah kita sebagai negara mulai bergerak ke arah yang positif.

Paling keliatan adalah KPK. Adanya KPK menunjukan keseriusan negara untuk memberantas orang-orang masa lalu yang masih merasa kursi jabatan di pemerintahan ada untuk memenuhi kantong dan perutnya. Sampai sekarang praktik itu juga masih ada, tapi perlahan-lahan sudah berkurang karena melihat taring dari KPK ini.

Lalu program positif lainnya adalah pembangunan infrastruktur. Proyek pembangunan pelabuhan, jalan raya, kereta api (dan di luar Jawa), ini menurut saya sebuah langkah yang patut kita apresiasi. Pemerintah sekarang dan beberapa kepengurusan lalu nampak mulai menyadari pentingnya infrastruktur untuk bisa maju. Agak ekstrim sih yang sekarang, sampai alokasi subsidi BBM aja dipindahin ke infrastruktur. Tapi semoga ini bisa kita rasakan manisnya beberapa tahun ke depan.

Logo LPDP

Logo LPDP

Kemudian yang tak kalah hebat adalah program LPDP. Beasiswa ke luar negeri dari pemerintah ini menurut saya sebuah langkah jitu untuk mengejar ketertinggalan kita. Kunci utama dari kemajuan Indonesia ada di generasi mudanya. Dan generasi muda ini haruslah generasi yang terdidik, mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari tempat yang sudah maju, kita “curi” ilmunya untuk diterapkan di Indonesia. Ini juga kunci keberhasilan negara-negara tetangga kita dalam mencapai posisi mereka hari ini. (agak nyambung sama tulisan editorial saya minggu lalu sih ini)

coba baca ini: Artikel tentang Sundar Pichai, CEO Google dari India

Lalu kalau mau coba tilik juga dari industri game, wah bukan main kemajuan pesatnya. Tidak hanya kemarin ada dua kabar gembira dari Kickstarter, tapi juga secara umum kualitas produk game buatan Indonesia semakin baik. Saya melihat acara IN.GAME, expo indie game di Jogja, dan pesertanya banyak yang berkualitas. Gamenya keren-keren. Perlahan tapi pasti, dari sisi industri game, Indonesia mulai mengejar.

INGAME

INGAME

Coba cek listnya: Daftar Game yang Dipamerkan di IN.GAme 2015.

Jadi di usia yang ke-70 tahun ini, senang rasanya bisa melihat banyak hal positif melingkupi Indonesia. Memang kondisi hari ini masih belum ideal, banyak juga kekurangan yang perlu kita benahi. Tapi hey, yuk kita fokus ke hal positifnya. Itu baru empat hal positif yang bisa saya lihat dari kacamata saya pribadi. Kamu pasti punya poin menarik lainnya yang bisa kamu bagikan entah dari industri kamu beraktivitas, lingkungan di sekitar, atau pengamatan publik lainnya yang belum saya sebut. Misal, dari industri komik kemarin abis unjuk gigi besar-besaran kemajuan mereka di acara Popcon asia 🙂 Coba share apa saja hal positif yang saat ini sudah kita capai di usia ke 70 ini.

*oh ya, foto featured image itu jaman SMA pas masih jadi anggota pasukan pengibar bendera. Klo gak salah itu momen pas jadi komandan pasukan untuk terakhir kalinya :’)

Oh ya buat yang mau sample teh Jepang gratis, klik di sini

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Selamat Ulang Tahun Indonesia

  1. Dirgahayu kemerdekaan republik Indonesia, tanah air tercinta.
    Negara tetangga yang merdeka lebih muda karena visi pemimpin dan rakyatnya tentang ilmu yang akan membawa keamajuan lebih baik dari kita. Coba liat anggaran pendidikan mereka sejak dahulu sudah lebih besar dari anggaran lainnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: