My Journal

[GameLog] Special Sale untuk Mendongkrak Penjualan

special sale halloween

Kemarin ketika event Halloween, kami melanjutkan eksperimen kami dalam membuat produk yakni dengan membuat special sale. Di beberapa game yang kami gunakan untuk riset, mereka sering memberikan diskon atau hadiah khusus dalam rangka memperingati event tertentu. Terkadang ada yang memberikan item khusus yang hanya bisa didapatkan saat itu, ada yang memberikan diskon IAP hingga 75%, dan lain sebagainya. Akhirnya kami pun mencoba strategi special sale tersebut.

Ada dua event yang kami masukan di Game Roly Poly Penguin, yang pertama special sale dan yang kedua special quest. Untuk special sale, target kami adalah mendongkrak penjualan. Kami memberikan 2 kostum khusus bertema halloween yang hanya bisa dibeli melalui sale ini (tidak ada di costume shop roly poly penguin) dan kami juga memberikan potongan harga 50% untuk item berbayar di game melalui sale tersebut. Harapannya dengan ini bisa menarik minat user untuk membeli. Apalagi kami hanya mengadakan sale ini selama dua hari. Lewat dari dua hari, sale tersebut akan hilang.

Lalu selain itu kami juga mengadakan special quest halloween yang tujuannya untuk memperkenalkan fitur baru di versi ini yakni “selfie mode.” Melalui quest khusus tersebut, user diminta untuk mencoba fitur-fitur baru dan akan mendapatkan reward kostum khusus dan background spesial untuk mereka gunakan di dalam game. Ini tidak ada hubungannya dengan meningkatkan penjualan, hanya untuk pensuasanaan dan mendorong pengguna untuk mencoba fitur baru (yang bisa berefek terhadap viral marketing). Untuk quest kami beri waktu 7 hari (klo tadi sale hanya 2 hari).

Event halloween di facebook

Event halloween di facebook

Bagaimana hasilnya? Ternyata hasilnya cukup positif. Dari sisi penjualan, sale per hari kami naik hingga 3x lipat dari IAP. Namun itu masih jauh dari harapan kami. Tapi dari situ, kami jadi belajar bahwa ada mekanik game yang kurang oke nih sehingga penjualannya kurang maksimal. Akhirnya kami mengutak-atik mekaniknya dan akan coba disiapkan untuk update berikutnya. Harapannya mekanik baru ini bisa lebih membuat user tertarik untuk purchase lebih banyak. Lalu untuk spesial quest, fitur ini juga berhasil membuat jumlah postingan foto di facebook meningkat drastis. Impact kuantitatif yang bisa kami lihat adalah jumlah rata-rata download dari Android meningkat (awalnya kami kesulitan untuk meningkatkan download di Android dibandingkan di Windows Phone). Namun ternyata efek memotivasi user untuk mengutilisasi sosial media mereka terasa di jumlah download di Android.

Kami juga masih terus menerima feedback dan review positif serta negatif yang akan kami gunakan untuk bahan update berikutnya. Intinya untuk bisa sukses gak ada yang instan, kita harus terus belajar, mencoba, dan mencari rumus yang paling tepat. Yang jelas saya akan selalu share formula-formula yang kami temukan dari game Roly Poly Penguin ini agar kita bisa sama-sama sukses. Gak ada jaminan formula yang sama bisa diterapkan di produk berbeda dengan hasil yang serupa, tapi apa salahnya dicoba 🙂

Kalau mau baca-baca lebih banyak dan belajar dari Game Roly Poly Penguin, silahkan coba klik tautan di sebelah kanan yang warna biru dan ada tulisan GameLognya atau klik link ini. Isinya adalah pengalaman-pengalaman serta pembelajaran yang saya dapatkan selama mengembangkan Arsanesia dan terutama membangun produk Roly Poly Penguin. Semoga bermanfaat tulisannya dan bisa semakin banyak gameDev yang sukses 🙂 Jangan lupa like dan share tulisan ini juga yah ke temen kamu yang membutuhkan 😉

About Adam Ardisasmita (1374 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [Gamelog] Post Mortem Roly Poly Penguin – Ardisaz
  2. Mengenal Live Ops Dalam Industri Game Dan Konsep Game As a Service (GaaS) – Ardisaz

Tinggalkan komentar