Iklan
My Journal

5 Teknologi Canggih Yang Bisa Membuat Rumah Kita Lebih Pintar

sumber: ecovacs.com

Buat yang seneng nonton film Marvel, pasti tahu dengan adegan di film Iron Man dimana Tony Stark yang bisa ngobrol dengan sistem buatannya bernama Jarvis untuk melakukan berbagai aktivitas untuk dia. Jarvis bisa membantu Tony Stark untuk hal sederhana seperti mengambilkan gelas hingga memadamkan api. Bayangkan kalau kita punya teknologi seperti itu di rumah kita pasti keren banget.

Saya juga pernah membahas tentang merancang rumah yang canggih dengan menggunakan perangkat Android untuk merancang home automation (bisa dibaca artikelnya di sini). Kalau teknologinya mungkin dirasa terlalu ribet, kita bisa kok menggunakan teknologi yang sudah ada dan bisa kita beli untuk kita implementasikan di rumah kita sendiri. Mungkin belum secanggih Jarvis, tapi bakal membuat rumah kita jadi lebih pintar dan aman. Berikut adalah beberapa teknologi yang dikompilasi oleh Lamudi yang sudah ada dan bisa kita pasang di rumah kita untuk membuat rumah kita jadi lebih pintar

1. Mengendalikan Lampu Dengan Tepukan Tangan

Lampu Buatan anak ITB

Lampu Buatan anak ITB

Kita bisa mematikan lampu dan menyalakan lampu hanya dengan tepukan tangan menggunakan alat yang bernama The Clapper. Alat ini merespon input berupa suara dan mentranformasi informasi tersebut menjadi pemicu untuk bisa menyalakan atau mematikan lampu. Jadi kalau kita bangun tidur, tinggal tepuk tangan aja lampu udah nyala. Terus kalau mau ninggalin kamar atau mau tidur, tinggal tepuk tangan lagi untuk matiin lampu. Yang pasti jangan sering-sering tepuk tangan aja di kamar, nanti lampunya mati nyala terus dan malah rusak :p

Oh ya terkait lampu dengan sensor tepuk tangan ini, saya nemu ada rekan almamater saya di ITB yang membuat teknologi serupa (ada beritanya di sini). Nama perusahaannya Aidia Company, mereka membuat lampu yang bisa dimati dan nyalakan menggunakan tepukan tangan saja. Saya coba cek website resmi perusahaannya tapi sepertinya tidak aktif, yang bisa saya lihat hanya akun twitter dan tumblrnya. Sebagai pecinta teknologi dan pemerhati perkembangan smart home, saya akan sangat excited kalau teknologi smart home dan home automation bisa diproduksi di dalam negeri 🙂

2. Mengendalikan Alat Elektronik Dengan Menunjuk Jari

sumber PointGrap

Cara menggunakan Pointgrab

Kalau tadi kita harus tepuk tangan untuk menyalakan lampu, kalau sekarang bisa jauh lebih intuitif lagi. Kita hanya perlu menunjuk jari kita ke alat elektronik yang ingin dikendalikan, maka secara otomatis alat elektronik tersebut akan langsung menyala/mati. Konsep ini sangat intutif, mirip kalau kita lagi mau minta tolong ke orang buat nyalain TV, kadang kita cuma nunjuk ke TV aja, nanti orang itu ngerti kalau kita mau minta tolong buat dinyalain TV-nya. Nah ini bukan orang yang nyalain TV buat kita, tapi sensor akan membaca gerakan kita secara otomatis. Semua ini menjadi mungkin dengan adanya fitur PointSwitch dari PointGrab.

Kita tidak perlu beranjak dari posisi kita duduk untuk menyalakan lampu, menyalakan televisi, menutup tirai jendela, hingga membukakan pintu untuk teman kita yang datang ke rumah. Semua bisa kita lakukan hanya dengan menunjuk perangkat yang ingin kita aktifkan. Lebih jelasnya, bisa dicek aja video di bawah ini tentang cara kerja dari PointGrab.

Oh ya di acara Computex bulan Juni lalu, PointGrab bekerja sama dengan ASUS untuk menghadirkan sensor motion gesture untuk perangkat all-in-one milik ASUS. Nampaknya teknologi motion gesture ini akan semakin populer di tahun 2015 mengingat bahkan nama besar seperti Intel sedang menyiapkan teknologi khusus agar interaksi perangkat dengan manusia bisa lebih intuitif. Nanti akan saya share lebih dalam seperti apa teknologi tersebut 🙂

3. Mengganti Kunci Rumah Dengan Smartphone

sumber lockitron

Bisa pilih warna knop pintu juga loh

Ini menurut saya teknologi yang paling berguna buat saya, yakni mengganti Kunci dengan Smartphone. Mengapa? Ada dua masalah besar yang sering saya alami yang berhubungan dengan kunci. Pertama, saya suka ketinggalan kunci entah kunci rumah ketinggalan di kantor atau sebaliknya. Yang kedua, saya suka lupa udah ngunci pintu atau belum pas sudah di jalan. Nah repot kan kalau hal seperti itu terjadi. Dengan teknologi yang ada saat ini, kita bisa mengendalikan kunci rumah kita menggunakan smartphone. Salah satu produk yang bisa kita gunakan adalah Lockitron.

Dengan Lockitron, kita bisa membuka dan mengunci pintu rumah kita dengan aplikasi di smartphone kita. Tidak hanya itu, ketika kita sudah di jalan pun kita masih bisa mengakses kunci tersebut. Lockitron juga memberikan notifikasi kepada kita kalau ada orang yang ingin membuka paksa kunci rumah kita loh. Jadi dengan menggunakan teknologi ini, rumah kita bisa jadi lebih aman dan canggih tentunya 🙂

4. Mengatur Pencahayaan di Rumah Sesuai Mood

sumber meethue.com

ngatur lampu tinggal pakai smartphone

Phillips mengeluarkan sebuah produk revolusioner dan menjadi trend setter di bidang perlampuan (apa itu coba bidang perlampuan -_-). Phillips Hue dari Phillips adalah sebuah teknologi yang membuat kita bisa mengatur intensitas pencahayaan di dalam ruangan bergantung dengan mood yang kita inginkan.

Oke jadi apa itu Phillips Hue? Dia adalah sebuah inovasi yang memadukan antara lampu LED dengan teknologi. Seluruh lampu yang ada di rumah kita bisa kita hubungkan dengan sebuah bridge yang akan menjadi penghubung dengan aplikasi di perangkat kita. Melalui aplikasi itu, kita bisa mengendalikan intensitas cahaya, mematikan dan menyalakan lampu, dan mengontrolnya sesuai dengan keingingan kita. Bahkan kita bisa mengatur timer dan membuat setting lampu seperti apa yang kita inginkan. Misalnya kalau di hari Senin sampai Rabu saya ingin tiap malam serius belajar jadi lampunya harus terang di ruang belajar, tapi tiap malam minggu lampunya ajeb-ajeb :p Yang jelas Phillips Hue ini merupakan teknologi yang sedang populer dan sudah menjalin kerja sama dengan banyak sekali perusahaan teknologi lain untuk mempermudah mengontrol lampu di rumah kita. Bahkan di Pebble Smartwatch saya saja ada appsnya si Phillips Hue ini.

Tambahan, saya sebenernya lagi nyiapin postingan tentang IFTTT (If This Than That), tapi berhubung lagi ngebahas lampu canggih ini, dengan aplikasi itu kita bisa ngeset lampu kita kalau misalkan ada email penting atau notifikasi lainnya loh. Misalkan saya set tiap email yang berhubungan dengan tagihan masuk ke inbox saya, lampu kerja saya jadi berwarna merah :p Nanti kapan-kapan saya bahas lebih detil.

5. Robot Pembersih Rumah

sumber ecovacs.com

robotnya nyapu rumah otomatis

Buat yang suka males bersih-bersih rumah padahal tiap ada debu suka bersin-bersin kayak saya, butuh banget nih teknologi yang satu ini yaitu robot pembersih rumah dari Ecovac. Jadi Ecovac ini punya beberapa lini produk, ada Deebot, Atmobot, Winbot, sama Famibot. Masing-masing punya tugas spesifik yang bisa mereka kerjakan. Deebot bertugas untuk membersihkan lantai dari debu, Atmobot bertugas untuk membersihkan udara dengan menyaring debu di udara, Winbot bertugas untuk membersihkan jendela rumah, dan Famibot bertugas sebagai asisten rumah tangga yang bisa melakukan berbagai hal mulai dari mengontrol alat elektronik hingga menjadi entertainment system.

Kayaknya kalau punya keempat robot itu di rumah, kita bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga dan mengerjakan aktivitas yang lebih produktif (padahal bilang aja males bersih-bersih). Mungkin ke depan bisa tuh ditambahin robot buat cuci mobil, buat masak, sampai buat ngusir kecoa di rumah. Hehehe. Gimana, kira-kira kamu tertarik gak memasang alat-alat di atas ini buat di rumah masing-masing?

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on 5 Teknologi Canggih Yang Bisa Membuat Rumah Kita Lebih Pintar

  1. kalo kunci rumahnya pake smartphone, bahaya nih kalo hpnya malah ketinggalan di dalam rumah :))

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 5 Teknologi Canggih Yang Bisa Membuat Rumah Kita Lebih Pintar | troopstech
  2. Tugas AI1b – Welcome To My Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: