Iklan
My Journal

Penyebab Adopsi iOS 8 Rendah

sumber: theverge.com

September lalu, Apple meluncurkan OS terbarunya yakni iOS 8. Biasanya, pengguna Apple ini terkenal memiliki tingkat adopsi OS baru yang sangat cepat. Jauh berbeda dengan Android yang sangat fragmented. Platform iOS selama ini hampir 70-80% penggunanya pasti mengadopsi OS terbarunya tiap kali diluncurkan. Tidak peduli seperti apa fitur baru di OS terkini, pasti penggunanya akan berbondong-bondong migrasi. Sayangnya hal ini tidak terjadi di IOS 8.

Data terakhir di tanggal 5 Oktober, tingkat Adopsi iOS 8 hanya 47%. Ini merupakan sebuah fenomena yang cukup janggal terjadi di tiap update OS baru. Sama anehnya kalau kita ngeliat Apple store tidak ada antriap tiap kali Apple merilis device baru (untungnya antrian iPhone 6 masih rame). Saya melihat ada dua penyebab utama mengaka iOS 8 tidak begitu cepat tingkat adopsinya.

Yang pertama adalah karena membutuhkan free memory yang sangat besar. Selama ini kalau mau update OS baru, kita paling diminta nyiapin 1GB space di device kita, yang mana ini gak akan jadi masalah. Sayangnya di update terbaru ini, Apple minta kita ngosongin 5-6 GB, bahkan iPad ada yang butuh 7GB. Bagi pengguna iPhone 5C dengan kapasitas memori 8GB, atau mungkin yang 16GB aja, pasti ngerasa cukup merepotkan. Saya aja yang pake iPad 32 GB aja masih ngerasa sulit ngosongin space buat iOS 8. Jadinya orang-orang males migrasi ke iOS 8.

Masalah space, masih bisa diakalin lah yah. Klo kita ngebet banget pengen iOS 8, oke deh kita delete2in apps, musik, video, dan berbagai konten dari device kita. Nah problem ke dua ini cukup fatal, iOS 8 diluncurkan dengan Bug yang sangat banyak. Bahkan gak lama dari iOS 8 running di public, Apple memberikan update patch iOS 8.0.1 yang tujuannya untuk mengurangi bug, malah kedatangan bug yang jauh lebih fatal. Contohnya adalah ada keluhan sim card gak bisa kedetect, artinya orang itu gak bisa nelpon atau SMS pakai iPhonenya dong. Apa bedanya sama iPod touch klo gitu -_- Gak lama sih ada iOS 8.0.2 muncul dan mengatasi bug-bug fatal. Tapi saya pribadi, rasanya belum mau pindah ke iOS 8 sampai muncul iOS 8.1.

Jadi dua hal itu yang menurut pendapat saya membuat iOS 8 masih belum laku di pasaran. Ini kayaknya adalah hal fatal yang kalau saya bayangkan terjadi di era Steve Jobs, bakal ada pemecatan masal ini di Apple. Hehehe Walaupun kalau masalah bug, saya sebagai developer bisa relate gimana pressurenya untuk memberantas semua bug mayor menjelang deadline.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rangkuman Update Lini Produk Apple Oktober 2014 | Ardisaz
  2. Android Lollipop Mulai Memikat Pengguna iOS | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: