Iklan
My Journal

Rangkuman Update Lini Produk Apple Oktober 2014

Sebulan setelah Apple mengumumkan kehadiran iPhone 6, iPhone 6 plus, dan Apple Watch, Apple kembali mengadakan event untuk mengupdate lini produknya yang lain. Pada update kali ini, Apple menginformasikan iOS 8.1, OSX yosemite, Apple Pay, iMac, iPad Air, iPad Mini, dan Mac Mini. Berikut ringkasan tentang update Apple terbaru ini:

iOS 8.1, Menambal Lubang di iOS 8

Screen Shot 2014-10-18 at 12.12.32 PM

iOS 8 merupakan iOS yang bermasalah. Banyak sekali bug yang ada di iOS 8. Fitur-fitur baru seperti widget di dalam notifikasi terlihat tidak segitu menggiurkannya mengingat problem yang ada di iOS 8 (saya pernah membahas kenapa iOS 8 tingkat adopsinya rendah). Jadi dengan iOS 8.1 ini, semoga orang-orang kayak saya yang masih hati-hati ini bisa segera beranjak ke iOS 8. iOS 8.1 bisa diunduh hari Senin besok.

OSX Yosemite Menghadirkan Integrasi Semua Device Apple

Screen Shot 2014-10-18 at 12.13.45 PM

Sistem operasi untuk Mac, OSX yosemite, memberikan perubahan UI yang cukup signifikan. Yang tadinya banyak shadow dan memberi kesan deep, kini terlihat lebih flat. Selain itu, fungsi paling menonjolnya adalah integrasi seluruh device Apple. Kemarin didemokan bagaimana kita bisa mengedit presentasi di iPhone, tapi mau ambil foto dari iPad, lalu mau melanjutkan ngedit di iMac, lalu ngerun presentasi kita pakai Apple Watch sebagai remotenya, semua itu dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan kita bisa membalas SMS dan mengangkat telpon dari Mac kita. Kayaknya keren nih bagi yang punya banyak iDevice.

Serius Menggarap Apple Pay

Screen Shot 2014-10-18 at 12.15.25 PM

Ketika meluncurkan Apple Pay, Apple terlihat serius untuk meningkatkan adopsi transaksi di retail yang melayani Apple Pay. Saya melihat ini jauh lebih serius dan fokus dibandingkan Google Wallet yang saya gak tau perkembangannya seperti apa saat ini. Dalam update kali ini, Apple Pay mengumumkan bahwa mulai Senin Apple Pay sudah bisa digunakan. Lalu Apple juga mengumumkan list retail baru yang melayani pembayaran dengan Apple Pay. Saya rasa dalam waktu 1-2 tahun, Apple Pay akan bisa menjadi sebuah standar pembayaran yang mainstream 🙂

iMac dengan Resolusi Super Gede, 5K!!!!

retina_imac

Update lini produk lainnya adalah dari sisi iMac. Yang paling standout adalah seri iMac terbaru dengan layar 5K. Buat yang gak kebayang, kan kita klo streaming youtube suka ada tuh angka 360, 720, 1080, dan seterusnya. Angka itu tuh ngegambarin tinggi gambar kita dalam pixel. 1080 itu masuknya HD. Sekarang ada standar baru yakni 4K dimana tinggi gambarnya 4096 pixel. TV yang kayak gitu harganya masih super mahal, bisa 30-40 juta supaya bisa nonton di layar 4K, nah ini Apple bikin lebih gede lagi. Kalau mau tau 5K itu segede apa, coba aja klik link ini dan liat di monitor kita keliatan segede apa :p

iPad Air 2 yang Lebih Tipis dari Pensil

Screen Shot 2014-10-18 at 12.17.55 PM

Ini sebetulnya saya gak ngerti kenapa Apple demen banget bikin device tipis. Padahal klo terlalu tipis, jadi gampang bengkok kayak iPhone 6 plus dong yah? Menurut saya iPad Air aja udah tipis dan ringan, ini muncul lagi iPad Air 2 yang lebih tipis lagi. Kalau dulu iPad Air bandingannya adalah pensil, ini iPad Air 2 pensilnya dilaser sampe lebih tipis dari pensil pada umumnya buat dibandingin sama iPad Air. Kerennya, dibenda setipis ini, bisa dibenamkan prosesor super yang di demonya kemarin bisa ngolah grafik dan render video dengan sangat keren performancenya. Jadi emang ini iPad Air 2 judulnya lebih tipis tapi jauuuhh lebih bagus performanya. Satu lagi fitur baru yang dibenamkan adalah kamera yang sama dengan yang ada di iPhone. Saya sebenernya gak setuju sama konsep tablet buat moto sih, sama anehnya kayak orang telpon pake tablet. Tapi yasudah lah ya, mungkin ada profesi yang butuh ngefoto via tablet.

iPad Mini 3 Cuma Nambah Touch ID

Screen Shot 2014-10-18 at 12.20.02 PM

Ini yang saya agak bingung, iPad Mini 3 tidak dimention dalam presentasi Apple kali ini. Cuma dikasih tau aja ada iPad mini 3, yang membuat harga iPad mini 2 turun $100. Terus pas saya cek spesifikasinya, bedanya hanya di iPad mini 3 ada touchID-nya dan ada pilihan warna emas silver gitu -_- Menurut saya ini update yang gak penting karena selain itu sisanya sama banget. Jadi buat yang mau beli iPad mini, udah mending iPad mini 2 aja yang lebih murah.

Mac Mini Pun Kebagian Update, Melengkapi Update Semua Lini Produk Apple

Screen Shot 2014-10-18 at 12.21.31 PM

Yang terakhir adalah update dari mac mini dengan spec yang lebih tinggi dari yang sebelumnya. Lalu entry level mac Mini juga dibuat lebih murah dari generasi sebelumnya. Cocok bagi yang belum pernah pakai Mac dan pengen coba experience menggunakan Mac. Saya sendiri termasuk pengguna Mac Mini karena iMac masih terlalu mahal bagi saya :p


Itu tadi beberapa update menarik dari event Apple Oktober kemarin. Poin yang perlu kita catat baik-baik adalah iPad mini 2 turun harga 🙂 Klo mau beli ipad Mini, mending beli yang iPad Mini 2 aja. Selain itu, saya tidak sabar untuk mencoba integrasi semua device Apple di OSX terbarunya (kondisi saat tulisan ini dibuat sih masih download). Nanti klo menarik saya buatkan reviewnya. Dengan ini, semua lini produk Apple tahun ini telah diupdate dengan generasi terbarunya.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Rangkuman Update Lini Produk Apple Oktober 2014

  1. Mungkin karena device tipis perlambang keahlian tim desain dan tim produksi kali ya? Jadi banyak yang berlomba2 buat ngedapetin predikat smartphone tertipis.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: