Iklan
My Journal

[GameDevBdg] Meetup Lagi Setelah Sekian Lama Absen

Meetup Game Dev Bandung

GameDevBDG adalah komunitas game yang sangat aktif di Bandung dan memiliki jumlah member yang cukup banyak. Hal ini membuat kita bisa sharing berbagai informasi menarik sesama GameDev di Bandung. Saya beberapa kali posting tentang meetup di GDB ini (link di sini atau ini) karena kita sering sekali membahas hal-hal teknis dan non-teknis tentang pergelutan di dunia game ini.

Sudah lama saya absen dari meetup karena berbagai hal, kali ini kebetulan bisa datang meetup dan ketemu lagi dengan rekan-rekan sesama developer. Kebetulan acara ini disponsori oleh intel, membahas tentang RealSens yang sudah saya posting sebelum ini. Tapi selain itu, hal paling berharga adalah sharing pengalaman dengan sesama game developer di Bandung.

Begitu acara selesai, saya langsung sodorkan prototype game terbaru Arsanesia ke rekan-rekan di sana. Ada Lukman dan Bregas dari Ulin, Edria dari Aruline, Gery dari Nightspade, Dicky dari Tinker, Harun dari Garuda, Afif yang mau ke Jepang, dan banyak lainnya. Feedback dari teman-teman saya ini luar biasa bermanfaat untuk mengembangkan lebih lanjut game yang lebih “hardcore” pertama dari Arsanesia karena kami biasanya ngembangin game casual. Gak ada user yang lebih pas untuk dimintai feedback selain para hardcore gamer yang juga developer game ini 🙂 thanks a lot

Selain itu juga sempat kita sharing-sharing kondisi di masing-masing perusahaan. Ada yang mencoba pivot ke area yang lebih mereka kuasai, ada yang masih menghidupi diri dengan bootstrapping, ada yang masih gambling dengan productnya, ada yang sudah berhasil tembus kickstarter, ada yang lagi membuat game AAA, dan lain-lain. Dengan sharing ini, kita bisa menambah wawasan tentang market lebih luas, bisa berbagi kesulitan, tips, dan kegagalan di tiap attempt yang kita coba, banyak hal menarik lainnya yang saya yakin tidak bisa saya dapatkan klo tidak dari komunitas ini.

Makanya saya bersyukur banget rekan-rekan di Bandung ini masih aktif meetup dan berbagi, buat pak ketu yang udah repot-repot ngurusin acara ini. Ada satu event baru yang menarik yakni sesi kenalan. Waktu awal duduk kan biasanya yg saling kenal duduk deketan, nah ini sama Gery di suruh mencar-mencar biar kenalan. Kebetulan di meja saya ada developer baru, HAHAH Studio, yang isinya masih pada kuliah, curhat tentang pengalaman mereka ngedevelop game. Pas denger ceritanya, saya langsung teringat Arsanesia di tahun pertama yang masih naif dan lugu. Kami harus learn the hard way dan jatuh bangun, tapi dengan adanya momen ini, saya bisa share pengalaman kami dulu agar tidak terulang kepada mereka.

Yah semoga sih meetup berikutnya bisa ikutan lagi, bisa kenal lebih banyak gamedev di Bandung, dan bisa sharing-sharing ilmu lagi 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: