Iklan
My Journal

Belajar Ngoding Lagi

Walaupun saya lulusan Sistem dan Teknologi Informasi ITB dimana porsi untuk membuat code (ngoding) tidak begitu besar, saya tergolong orang yang bisa dan senang ngoding. Terakhir kali saya bener-bener membuat satu buah program full dari awal hingga jadi adalah ketika membuat Gamelan Player di tahun 2011. Semenjak itu, saya sudah tidak pernah secara langsung terlibat dalam pembuatan barisan code.

Di Arsanesia, kerjaan saya dulu lebih banyak di area pengembangan bisnis, marketing, dan game design. Tapi semenjak beberapa bulan yang lalu, kebutuhan saya untuk ikut ngoding semakin tinggi sehingga saya termotivasi untuk belajar lagi ilmu yang sudah hampir tiga tahun tidak saya gunakan. Saya harus mengulang kembali konsep-konsep dasar dari pemrograman (hanya skimming sih) kayak OOP dan Struktur Data, lalu saya mengunduh eBook dan video tutorial tentang unity (tools yang Arsanesia gunakan untuk membuat game saat ini), dan yang pasti terjun langsung ke proyek-proyek kecil di Arsanesia.

Sebuah modul kecil untuk Roly Poly Penguin yang saya butuh waktu lama utk membuatnya. Practice make perfect

Sebuah modul kecil untuk Roly Poly Penguin yang saya butuh waktu lama utk membuatnya. Practice make perfect

Kemarin untuk pertama kalinya saya berhasil membuat satu buah modul kecil yang sederhana untuk update game Roly Poly Penguin. Walaupun ketika udah jadi dan saya melihat kembali codingan saya, rasanya itu sungguh super berantakan. Tapi yasudah lah, yang penting jalan. Next code aja bikin yang lebih rapi. Saat ini juga saya bertanggung jawab memegang satu proyek game secara utuh dari sisi pemgrogramannya. Harapannya sih bisa semakin lancar lagi dalam membuat barisan kode 🙂 Memang menantang sih jobdesk saya saat ini yang semakin bertambah banyak, tapi tentunya saya sangat menikmati semua pekerjaan saya saat ini mulai dari tetap memegang game design, marketing, QA, dan juga menjadi programmer 😀

*N.B ada satu lagi motivasi besar saya kenapa saya harus belajar ngoding lagi. Saya pernah mendapat nasihat dari salah satu mentor saya yang juga merupakan seorang CEO perusahaan IT, beliau berkata:

Seorang CEO yang baik itu harus memiliki kemampuan untuk bisa mengerjakan produknya sendiri dan terlibat penuh di dalam pengembangannya. Menjadi CEO perusahaan IT, kemampuan coding adalah hal yang wajib untuk dimiliki.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. (Ternyata) Ngoding Game Itu Tidak Mudah | Ardisaz
  2. Progres Hidup | Ardisaz
  3. Pengalaman Melakukan Live Coding Unity – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: