Iklan
My Journal

(Ternyata) Ngoding Game Itu Tidak Mudah

Pemandangan sehari-hari

Dulu banget, kalau Arsanesia bikin target tahunan, pasti targetnya setahun kita bikin banyak games. Bikin game yang simpel-simpel aja, paling sebulan dua bulan jadi. Ternyata kenyataannya bikin game itu gak mudah yah, ada banyak banget faktor yang harus diperhatikan. Dan kalau dulu kan saya gak bisa ngoding dan lebih banyak fokus di game design dan marketing, jadi gak kebayang betapa ribetnya bikin game itu.

Beberapa bulan ke belakang pas harus belajar ngoding dan ngerjain proyek game secara langsung, baru deh inget lagi betapa sulitnya bikin game. Saya bisa ngehabisin seharian waktu saya untuk bikin fungsi pause doang, berjam-jam cuma ngubek-ngubek buat munculin sound efek di game, bahkan ngabisin berhari-hari untuk ngebenerin kodingan yang salahnya itu gak penting -_- Padahal saya ini udah bikin game pake engine yang ngebuat bikin game itu jadi lebih mudah dari dulu-dulu, tapi tetep saja gak semudah itu, terutama kalau game kita secara UX mau bener-bener bagus.

Hal-hal simpel dan detil kayak snap kalau scrolling udah mentok, flick untuk ngubah speed scroll, atau sesederhana ngasih animasi-animasi gimmick aja kayak efek bounce, itu ternyata membutuhkan effort dan waktu untuk kita ngerjainnya. Itu baru masukin fitur loh, belum memastikan metode yang kita pakai untuk menggunakan fitur tersebut sudah paling optimised sehingga gak menimbulkan glitch atau bug. Hahahaha kayaknya ribet banget yah. Tapi kepuasan terbesar itu kalau kita udah berhasil mentackle masalah demi masalah yang kita hadapi. Terus juga seiring bertambahnya jam terbang dan pengalaman, akan lebih cepat kita mengatasi berbagai masalah dalam membuat game.

Jadi ternyata ngebuat game itu tidak semudah yang saya bayangkan dulu :p Walaupun begitu, ngebuat game tetaplah menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bisa membuat karya yang digunakan dan dinikmati oleh orang banyak itu rasanya sangat memuaskan 🙂 Dan yang pasti, saya jadi lebih bisa mengapresiasi kalau ada game yang memiliki mekanik yang kompleks dan UX yang superb. Pasti effort di belakang itu sangatlah besar.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: