Iklan
My Journal

7 Tips Makanan yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol

Green Smoothies

Melanjutkan hasil tes Kolesterol di prodia kemarin, saya konsultasi ke teman saya yang ahli gizi dan teman saya yang merupakan dokter. Saya bertanya tentang makanan yang baik untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Berikut adalah beberapa tips tentang makanan yang baik dikonsumi untuk menurukan kadar kolesterol total di dalam tubuh kita.

1. Ikan beromega 3 tinggi

Salmon

Salmon

Ikan memiliki kandungan omega tiga yang bagus sekali untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Salah satu makanan yang memiliki kandungan omega tiga yang tinggi adalah salmon. Favorit saya nih, apalagi klo mentah πŸ™‚ Sayang harganya mahal. Dan hindari makanan-makanan laut seperti udang, cumi, kerang, kepiting, dan lain-lain. Itu kolesterolnya tinggi banget.

2. Oat dan Biji-bijian

Oat Meal

Oat Meal

Oat dan biji-bijian bagus untuk menurunkan kolesterol. Saya sarapan menggunakan oat meal dan buah. Lalu biji-bijian saya menggunakan Chia Seed sebagai campuran dari green smoothies yang saya buat. Chia seed agak susah sih dicarinya, saya dapetnya di Toko Organik di sini.

3. Kacang-kacangan

Kacang ijo

Kacang ijo

Kacang-kacangan juga katanya baik untuk penderita kolesterol tinggi. Kacang ijo, kacang merah, dan lain-lain. Tapi memang kalori di dalamnya tinggi dan bisa bikin gemuk sih.Ohya sama klo bikin sop bubur kacang ijo kayak gambar di atas, jangan dikasih santen banyak-banyak, malah klo perlu gak usah pake santen soalnya santen itu musuhnya penderita kolesterol banget deh.

4. Green Smoothies

Green Smoothies

Green Smoothies

Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi. Sebenernya gak harus di smoothies juga sih, tapi klo dijadiin smoothies, seenggaknya mengonsumsi bahan-bahan tersebut menjadi lebih praktis dan bisa dijadikan cemilan juga. Di sini bisa ditambahin seed juga biar semakin OK khasiatnya πŸ™‚

5.Β Nasi Coklat

Brown Rice

Brown Rice

Klo yang ini saya gak tau alasannya apa, tapi saya baca di forum-forum untuk mengganti nasi putih dengan nasi coklat. Di toko-toko organik banyak kok yang jual, klo gak salah di supermarket seperti farmer market ato food hall juga ada yang jual. Nasi coklat emang rasanya agak beda sih kayak nasi putih, udah gitu cara masaknya juga beda. Air untuk nasi coklat lebih banyak pakenya, jadinya masaknya lebih lama daripada nasi putih.

Β 6. Hindari Minyak Kelapa dan Goreng-gorengan

Telor di rebus, Brokoli di rebus

Telor di rebus, Brokoli di rebus

Hindari minyak dari kelapa karena katanya rantai lemak tak jenuhnya paling tinggi. Lemak tak jenuh itu bisa berbahaya untuk kolesterol ketika dipanaskan. Untuk itu kita bisa gunakan alternatif minyak yang lain seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak bunga matahari, dan lain sebagainya. Malah klo bisa sih masak makanan di rebus aja, ato di kukus sekalian. Ohya, kuning telor hindari yah. Itu paling danger!!!

7. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau katanya membantu mempercepat metabolisme tubuh. Saya kurang inget efeknya terhadap kolesterol apa, tapi katanya teh hijau bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Bagus juga untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Yang penting itu teh hijau proses nyeduhnya bener, soalnya suhu dan lama dicelupnya harus pas agar kandungannya maksimal. Tips untuk nyeduh teh ada di sini.


Itu tadi beberapa tips makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Saya sudah menjalankan itu kurang lebih 3-4 bulan dan kolesterol saya turun (plus berat badan juga turun, bonus). Sebenernya selain pola makan, olahraga juga harus teratur. Katanya minimal seminggu 3 x 30 menit. Ini yang saya sampe sekarang masih susah. Semoga next bisa konsisten olahraga juga πŸ™‚

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

5 Comments on 7 Tips Makanan yang Baik untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Ati2 aja tapi, salmon ama kacang2an itu naikin asam urat loh.

    (Sumber: diri sendiri yang dapet kombo kolesterol ama asam urat, susah nyari makannya =p)

    Suka

  2. Saluut dam sm kamu yg mngikuti pola hidup sehat! It surely needs a commitment, but the result is just…awesome! Tubuh berasa lebih bersemangaaat dan berenergi yesss

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: