My Journal

[Review] [App] Day One, Menulis Jurnal Semudah Ngetweet

0267-11_ios_website_design_dayone

Saat ini saya ingin merivew sebuah aplikasi mobile yang memiliki UX yang luar biasa manis bernama DayOne. Sebenernya apps ini sudah lama (kalau gak salah dari 2012 apa) dan saya juga sudah donlot lalu ngedelete apps ini. Suatu ketika, saya membaca sebuah artikel dimana Emma Watson mempunyai kebiasaan menulis jurnal yang awalnya dipaksa oleh neneknya ketika dia lolos casting menjadi Hermione di film Harry Potter. Tujuan dari jurnal itu adalah agar kita bisa selalu ingat berbagai momen yang kita alami dan perasaan kita saat mengalami kejadian tersebut. Hingga saat ini, Emma Watson masih rutin menulis jurnal setiap malam sebelum dia tidur.

Saya sebenernya punya banyak media sosial yang bisa digunakan sebagai media dokumentasi juga, tapi memang tidak ada yang bisa se-private dan seenak menulis di jurnal sendiri, terutama terkait emosi dan pikiran pribadi karena sosial media adalah ruang publik, saya tidak bisa sembarangan menulis di sana. Saya coba bikin sebuah blog lagi yang khusus untuk mencatat jurnal harian saya yang pada akhirnya mati karena agak repot harus buka laptop untuk ngetik di blog atau harus pakai apps di iPad yang UXnya kurang nikmat. Akhirnya saya mencoba mencari apps untuk mencatat jurnal harian terbaik di google dan munculah DayOne ini sebagai rekomendasi dari banyak sekali review. Pas saya mau donlot, ternyata saya dulu pernah mendonlot ini dan saya lupa karena tidak pernah dipakai :p hehehe

Pas saya coba gunakan DayOne, kesan pertama saya adalah UI nya sangat clean. Penempatan tombol, fitur-fitur yang ada di dalamnya, dan semua aktivitas yang dilakukan di dalam aplikasi tersebut sangatlah seamless. Gak salah DayOne ini menang award dari Apple untuk apps mobile dan juga versi mac-nya karena menurut saya menggunakan DayOne ini sangatlah mudah. Mencatat jurnal harian juga bisa dilakukan dengan model dicicil perkejadian kecil layaknya kita ngetweet. Kita bisa menyimpan informasi lokasi kita, cuaca saat ini, foto, jarak, dan lain-lain. Ada dua hal yang membuat DayOne ini sempurna selain dari sisi UI-nya yang sangat clean, pertama adalah UX yang sangat user centric dan yang kedua adalah integrasi apps ini dengan layanan cloud.

Mengapa saya bilang sangat user centric? Karena semua fitur yang ada di dalam apps ini mengerti apa behaviour user ketika ingin menjalankan suatu fitur. Contoh, fitur lokasi, kita bisa mendapatkan lokasi saat ini kita berada, kalau kita ingin info lebih akurat, kita bisa menggesernya sendiri, dan kalau kita ingin nulis kejadian yang udah terjadi misalkan di siang hari pada malam harinya, kita bisa mengupload foto momen yang kita ambil tadi siang dan bisa menggunakan metadata dari foto tersebut untuk menentukan lokasi kita tentang moment tersebut (beserta cuaca di lokasi itu pada waktu yang kita masukan). Terkait foto juga, untuk upload foto appps biasa hanya punya dua opsi, take picture atau use picture from album. DayOne menambahkan fitur lain yang memudahkan pengguna yakni last photo taken, foto terakhir yang kita ambil menggunakan kamera kita. Ini casenya adalah kita nemu momen menarik dan langkah pertama adalah mengambil foto, lalu ketika membuka DayOne, tinggal klik opsi itu.

DayOne-1_1-e1317529571898_zpsd5c74989

Kemudian yang kedua adalah integrasi dengan aplikasi lain yakni DayOne for desktop. Sayangnya, yang for desktop ini harganya cukup mahal, 113rb rupiah apa kalau gak salah, hahahaha tapi katanya sih integrasinya sangat oke dan UInya juga sangat clean. Untuk storage, kita bisa pakai iCloud atau bisa pakai dropbox kita sendiri sehingga tidak ada layanan storage tambahan dari DayOne yang perlu kita bayarkan, semuanya tersimpan di dropbox kita dengan sangat mudah. Tentu banyak fitur lainnya yang menarik seperti fitur untuk mencari dan melihat kumpulan momen kita dalam bentuk timeline atau calender, fitur reminder, fitur password, fitur sharing moment di sosial media, dan banyak fitur-fitur lainnya.

Jadi kesimpulannya, bagi yang ingin mengabadikan berbagai momen dalam jurnal digital, DayOne adalah pilihan yang sangat sempurna. Sayangnya, DayOne ini hanya tersedia untuk iOS dan Mac, tidak ada versi Android ataupun Windows Phone. Ini adalah salah satu nilai jual lebih dari iOS dimana developer-developer yang sangat memahami UX dan mendesain apps terbaik untuk pengguna banyak sekali di platform milik Apple. Ini juga bisa jadi peluang bagi developer lokal untuk menghadirkan aplikasi sejenis di platform lain dengan kualitas yang sama persis dengan DayOne ini. So, bagi pengguna iOS, silahkan diunduh aplikasi DayOne yang gratis tapi kualitasnya mewah ini šŸ™‚

Fitur-fitur DayOne App

Fitur-fitur DayOne App

About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on [Review] [App] Day One, Menulis Jurnal Semudah Ngetweet

  1. ini semacam diary gitu ya jadinya? bener juga, UI nya menarik sekali

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Memilih Fitur Terbaik Daripada Yang Banyak Fiturnya | Ardisaz
  2. [Review] [App] Jojonomic: Aplikasi Manajemen Keuangan Dengan Fitur Super Lengkap | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: