Iklan
My Journal

[GameLog] Release Fast

Perilisan Roly Poly Penguin

Perilisan Roly Poly Penguin

Melanjutkan seri GameLog, salah satu kasus yang sering Saya alami atau temui ketika mengembangkan produk/game adalah terlalu lama di pengonsepan dan pengembangan fitur sehingga proses pengembangan game menjadi sangat lama dan akhirnya batal diluncurkan. Ada beberapa judul game yang sudah ada GDDnya, bahkan sudah ada prototypenya, tapi tidak dilepas ke pasar karena banyak alasan. Salah satu alasan terbesarnya adalah karena Saya ingin game tersebut sempurna ketika masuk ke pasar, sudah dengan fitur terbaik yang kami bayangkan harus ada di game tersebut. Hal ini tentu tak akan jadi masalah jika kita punya nafas (uang) panjang untuk bisa melayani keinginan kita membuat game yang sempurna dan meluncurkannya dengan versi terbaik yang pernah kita bayangkan. Tapi pada kenyataannya, banyak sekali produk (tidak hanya game) yang besar karena dia terus berkembang dari pertama lahir hingga saat ini, bukan yang langsung sempurna di awal peluncurannya.

Ketika mengembangkan Roly Poly Penguin, ada banyak sekali fitur yang kami rasa sangat menarik dan cocok untuk dimasukan ke game tersebut, dari fitur major hingga fitur-fitur kosmetik. Game tersebut pertama digodok sekitar akhir November dan kami berusaha untuk mengejarnya di Januari 2014. Lalu kami melihat bahwa untuk menyelesaikan semua fitur yang kami inginkan, butuh waktu lebih banyak, bahkan bisa jadi baru akan rilis pertengahan tahun. Akhirnya kami mengerucutkan fitur menjadi fitur utama yang ingin ditawarkan oleh game ini terlebih dahulu, baru seiring waktu kami akan terus update fitur-fitur di game tersebut. Kami memutuskan bahwa bagian terpenting dari game ini adalah gameplaynya itu sendiri plus branding karakter pippo. Oleh karena itu, kami fokuskan segala tenaga dan pikiran untuk memastikan fitur utama di gameplay tersebut berjalan dan segera merilisnya.

Penambahan fitur dari hasil feedback user

Penambahan fitur dari hasil feedback user

Akhirnya semua fitur utama sudah siap (dan kami pun agak ngaret dari jadwal sekitar 2 minggu). Setelah itu, Saya berusaha mencari waktu dan even untuk launching yang tepat. Saya sempat berdiskusi dengan mentor untuk waktu yang tepat, sebisa mungkin di Februari harus launching. Berkat bantuan dari Naren dan juga Nokia, Saya diberikan kesempatan untuk launching di tanggal 26 Februari di acaranya segitiga.net di Novotel. Sempat ditawari juga untuk launching bulan Maret sekitar 10 hari lebih lama dari waktu awal, saya berpikir bahwa game ini harus rilis secepatnya. Mengapa harus rilis cepat? Ada dua alasan utama yang membuat saya tidak mau menunda-nunda lagi perilisan tersebut. Yang pertama adalah agar saya dan tim bisa segera belajar dari produk pertama itu ketika di pasar dengan feedback-feedback yang ada lebih cepat dan yang kedua adalah untuk menjaga momentum dan mental tim. Dan akhirnya setelah game tersebut rilis, kami bisa langsung mendengar apa yang diinginkan user, fitur apa yang jalan, fitur apa yang ternyata tidak menarik, dan yang paling penting adalah kami bisa mengetahui fitur apa yang jadinya akan ditambahkan ke game itu dan mana yang batal ditambahkan. Hal ini sangat membantu menghemat cost development karena fitur yang ditambahkan adalah fitur yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan oleh user, bukan fitur yang menurut kita keren. Lalu dari segi internal tim, keberadaan produk tersebut di pasar serta berbagai feedback positif yang masuk membuat semangat kita semakin besar lagi untuk terus mengembangkan game ini.

Terakhir, pesan saya untuk startup/gamedev yang sedang mengembangkan produknya adalah banyak sekali produk gagal karena terlalu lama di dapur. Jangan nilai produk kita hanya dari lidah kita sendiri. Menurut kita bagus belum tentu menurut user bagus. Menurut kita jelek belum tentnu menurut user jelek. Tak ada cara lain untuk mengetahui hal itu selain membiarkan user yang menilainya langsung dengan produk kita di pasar. Mulailah dengan fitur utama dengan scope yang kecil dan fokus, lempar ke pasar, baru perlahan kembangkan fitur-fitur tersebut menjadi lebih baik lagi. Dan yang pasti, tidak ada produk yang lahir sempurna ketika pertama di rilis.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1117 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on [GameLog] Release Fast

  1. manteups dam, hoho, tepat banget

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. [Gamelog] Post Mortem Roly Poly Penguin – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: