My Journal

Ipad Tidak Bisa Diupdate dan Direstore

Screen Shot 2013-06-10 at 1.06.49 PM

Selama ini walaupun iOS terbaru adalah iOS 6, saya tetap setia di iOS 5 karena pertimbangan google maps yang belum tersedia di Indonesia jika update ke iOS 6. Tapi lama kelamaan, saya memiliki beberapa aplikasi yang sudah basi dan tidak bisa berjalan di iOS 5 dengan optimal lagi serta ada beberapa aplikasi yang ingin saya pakai dan membutuhkan iOS 6. Akhirnya sayapun memutuskan untuk update ke iOS 6.

Saya mengalami isu sekitar beberapa bulan ke belakang semenjak iPad saya (yg statusnya Jailbroken) saya otak-atik agar bisa dipakai untuk device testing tanpa lisensi Apple (yang saat ini sedang diurus dan lamanya luar biasa -_-). Isu yang saya alami adalah iPad saya tidak bisa melakukan backup, kalo sync apps bisa. Tapi karena saya pikir saya tidak butuh backup, saya tidak khawatir (backup terakhir saya di bulan april). Namun ternyata masalah ini berhubungan dengan proses update iOS saya. Isu tersebut tidak hanya membuat iPad saya tidak bisa dibackup, tapi jadi tidak bisa diupdate juga. Katanya device saya tidak bisa melakukan update (padahal iPad 2nd gen masih bisa ke iOS 6, gak tau deh iOS 7 nanti bisa ato enggak). Saya pikir ini masalah di Mac saya, yasudah saya update via iPad langsung saja pake wifi. Gelagatnya sih biasa-biasa aja, lancar malah. Tapi di akhir, ternyata ada proses restore yang harus konek ke iTunes. Pas saya koneksikan ke iTunes, ternyata isu tadi juga berbuat ulah dengan mengatakan device saya tidak eligible untuk direstore. Wah kalo ini udah gak bener nih. Akhirnya saya googling2 dan menemukan solusinya.

  1. Buka terminal (di Applications -> Utilities atau cmd + space -> ketika terminal)
  2. ketik “sudo nano /private/etc/hosts
  3. masukan password jika diminta
  4. edit host file-nya, cari yang ada tanda “#”-nya, navigasikan pakai tanda panah
  5. lalu cari tulisan “gs.apple.com”, tambahkan tanda # kemudian spasi di depannya
  6. save filenya dengan menekan control+o, enter, dan exit dengan control+x
  7. restart komputernya

Screen Shot 2013-06-10 at 1.06.44 PM

Setelah saya melakukan poin-poin diatas, proses restore dan update akhirnya berjalan lancar (walaupun akhirnya balik ke settingan di bulan akhir ketika terakhir kali saya backup). Semoga postingan ini membantu kalau ada yang mengalami masalah yang serupa 🙂

sumber tulisan dari sini

About Adam Ardisasmita (1238 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: