Iklan
My Journal

Tren Gameplay untuk Meningkatkan Unsur Social Gaming

gambar diambil dari itunes.apple.com

Belum lama ini, untuk meningkatkan unsur social gaming, ada fitur-fitur yang diluncurkan ke pasar. Yang pertama adalah Link Feint. Link feint memfasilitasi pengguna game untuk beradu highscore dengan teman kita atau pengguna yang lain. Lalu Apple muncul dengan fitur yang serupa namun lebih lengkap, yaitu Game Center. Dengan Game Center, kita tidak hanya bisa membandingkan high score dengan teman kita, tapi juga mengetahui game apa saja yang sedang mereka mainkan, sejauh apa sudah mereka mainkan, dan sebagainya.

Lalu muncul tren baru dalam social gaming dimana antar pemain bisa berinteraksi secara tidak langsung. Contohnya adalah game Bakery Story atau Tiny Chef. Di game ini, untuk mendapatkan item tertentu kita bisa meminta atau memberikan item kepada pemain lain. Fitur ini cukup mudah digunakan dan sangat bermanfaat. Semakin banyak kita berteman, maka semakin besar keuntungan yang kita dapatkan di dalam permainan ini. Walaupun interaksinya terbilang pasif, tapi model gameplay ini cukup membantu mendongkrak persebaran dari game ini. Memang impact dari social gaming adalah mudahnya melakukan promosi dari mouth to mouth.

Nah, yang terbaru adalah metode dimana kita bisa berinteraksi langsung dengan pemain lain. Saya melihat hal ini cukup menarik. Ada dua game yang saat ini saya mainkan dimana saya bisa bermain dan berinteraksi dengan teman sendiri ataupun orang dari belahan dunia yang lain. Yang pertama adalah Angry Words dan yang kedua adalah Draw. Jadi kalau Angry Word, yang kita lakukan pertama adalah mencari lawan. Bisa kita cari lewat email, facebook, atau random. Biasanya saya pilih random agar dicarikan siapa yang lagi available saat ini. Lalu saya dan lawan saya bisa langsung secara bergantian beradu kosa kata bahasa Inggris dalam permainan Scrabble. Lumayan menambah teman dan juga kosa kata baru. Lalu game kedua yang cukup unik adalah Draw. Jadi modelnya sama, kita mencari lawan dulu, begitu ada yang bersedia main, maka game akan dimulai. Klo ini, mainnya adalah kita diberi tiga pilihan kata, lalu kita pilih satu, dan kita harus menggambarkan kata tersebut di atas layar iPad. Gambar tersebut akan dikirim ke lawan kita dan lawan kita akan menebaknya. Kalau jawabannya benar, kita berdua akan dapet koin. Begitu seterusnya.

gambar diambil dari download.cnet.com

Menurut saya ini adalah perkembangan yang sangat baik dalam dunia mobile social gaming. Semoga ke depannya, infrastruktur (terutama jaringan internet wireless) di Indonesia bisa semakin baik lagi sehingga bisa mendukung pemanfaatan social gaming lebih mantap lagi.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: