Iklan
My Journal

Sembilan Tren Aplikasi Mobile di Tahun 2013 oleh App Annie part 1

App Annie Index 2013 Restrospective

App Annie Index 2013 Restrospective

Bagi yang belum tahu, App Annie adalah sebuah perusahaan yang fokus menganalisis pergerakan industri mobile. Di websitenya, appannie.com, kita bisa melihat aplikasi apa yang sedang jadi nomer 1 di store, bagaimana rekam jejak aplikasi tersebut, dan lain sebagainya. Di awal tahun 2014 ini, saya dikirimkan email yang isinya sebuah laporan hasil analisi App Annie terhadap industri mobile di tahun 2013. Ada sembilan tren yang menarik yang bisa kita ketahui dari laporan tersebut.

Tren 1: Google Play Melampaui Jumlah Download iOS di Pasar Aplikasi

Ini merupakan sebuah capaian tersendiri bagi Android melihat performa store miliknya, Google Play, kini telah melangkahi store milik Apple. Dari jumlah download selama satu tahun, Google Play telah berhasil membalap iTunes hingga 15%. Akan tetapi, dari segi revenue, iOS masih lebih kuat. iOS meraih 2x lebih banyak dari yang dimiliki oleh Google Play dari sisi pendapatan.

Kalau saya bisa simpulkan, ini berarti untuk proses distribusi aplikasi, di Android bisa lebih mudah. Mengingat device Android jauh lebih banyak daripada device berbasis iOS. Kita bisa submit ke Android jika memang ingin mendapatkan awareness yang tinggi. Akan tetapi, jika kita berniat untuk monetize aplikasi/game mobile kita, iOS masih tempat terbaik. Di platform tersebut, aplikasi kita lebih aman dari proses pembajakan, penggunanya juga lebih loyal dalam mengeluarkan uang untuk sebuah produk yang berkualitas.

Total Download di Google Play dan di iOS

Total Download di Google Play dan di iOS

Screen Shot 2014-02-11 at 12.25.23 PM

Total Pendapatan di Google Play dan di iOS

Tren 2: Jepang Menjadi Negara dengan Total Pendapatan Tertinggi (dari Aplikasi) Melampaui US

Di tahun 2013 yang lalu, pertumbuhan pendapatan dari Jepang meningkat hingga 3.3x. Pertumbuhan ini disokong sangat kuat dari aplikasi bertipe Game. Sepertinya, ketenaran Puzzle and Dragons membuat pasar jepang menjadi pasar yang hidup dan pasar yang penting bagi dunia mobile. Sebagian besar pendapatan tersebut juga disokong oleh platform Android. Hal ini membuat jarak antara kedua platform tersebut semakin menipis.

Perbandingan pendapatan gabungan Google Play dan iOS

Perbandingan pendapatan gabungan Google Play dan iOS

Tren 3: Negara-negara BRIC Mulai Muncul, Sementara Pasar Baru Akan Lahir di 2014

Jepang, Korea Selatan, dan US menjadi pasar yang sangat kuat di dunia Mobile. Mereka bertiga mengalami pertumbuhan download 1.1x dan revenue 2.5x. Sementara itu, negara-negara BRIC (Brazil, Cina, India, dan Rusia) sudah menunjukan pertumbuhan yang sangat tajam. Total pertumbuhan download mereka 1.8x dan pendapatan mereka naik 2.7x. Kemudian di prediksi, terdapat negara-negara yang akan muncul sebagai pasar yang ramai di tahun ini yakni Hongkong, Indonesia, Meksiko, Taiwan, dan Thailand.

Menarik melihat nama Indonesia ada di pasar yang sedang diawasi dan diantisipasi. Momentum ini harus bisa dimanfaatkan oleh developer lokal agar bisa menjadi raja di negeri sendiri. Jangan sampai kita terus-terusan diperah oleh apps asing.

Pertumbuhan Download dan Revenue dari beberapa Negara

Pertumbuhan Download dan Revenue dari beberapa Negara

Tren 4: Transaksi yang Terjadi di App Store Game Meledak, Melebihi Game yang Dioptimasi untuk Handheld

Di kuartal pertama 2013, iOS telah melebihi jumlah pengeluaran yang terjadi di dalam game mereka dibanding dengan game-game yang dioptimasi untuk handheld. Di kuartal kedua, giliran google play yang telah membalap game-game handheld tersebut. Di kuartal 3, gabungan antara google play dan iOS telah melampau game-game yang telah dioptimasi untuk handheld hingga 3x lipatnya.

Saya sendiri masih belum menangkap, apakah yang dimaksud dengan game optimasi handheld ini adalah game di handheld ataupun game handheld yang diporting ke store, tapi hal ini menunjukan bahwa pasar bukan bergeser, tapi sudah melebar. Dahulu, game hanya untuk gamer. Oleh karena itu, butuh visual yang dewa, story yang luar biasa, dan lain sebagainya. Sekarang, ada konsep namanya casual game, game ringan yang bisa dimainkan oleh non gamer. Game-game seperti inilah (misal angry bird, where’s my water, temple run, flappy bird, dll) yang saat ini mulai menunjukan tajinya sebagai industri baru yang lahir dan telah melampaui game-game hardcore.

Perbandingan game di iOS, Google Play, dan Optimized Handheld

Perbandingan game di iOS, Google Play, dan Optimized Handheld

Tadinya saya pengen nulis sembilan-sembilannya langsung di postingan ini, tapi kok rasanya pegel yah bacanya klo kepanjangan. Hehehe Kita istirahat sejenak, nanti saya lanjutkan posting 5 sisanya deh *yang nulis juga pegel :p*

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. Sembilan Tren Aplikasi Mobile di Tahun 2013 oleh App Annie part 2 | Rumah Pikiran Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: