My Journal

Debut PS4 yang Super Keren

Baru dalam hitungan hari Sony resmi merilis PS4 ke pasar. Konon dalam 1 hari, PS4 sudah terjual 1 juta unit. Apa sih yang baru dari PS4 ini? Belakangan, video Demo PS4 di acara Late Night with Jimmy Fallon menjai sangat viral karena pada cara tersebut PS4 menunjukan taringnya yang paling baru. Seperti apa videonya, silahkan lihat di bawah ini.

Dulu saya sempat bimbang ingin membeli nintendo wii ato kinect. Pasalnya wii menarik karena ada remote untuk berinteraksi dengan console sedangkan kinect memanfaatkan kamera untuk mendeteksi gerakan. Nah di PS4, kameranya selain mendeteksi gerakan, stick PSnya juga bisa digunakan sebagai media input yang dilengkapi dengan accelerometer dan juga touch pad. Tentu experience bermain game akan menjadi lebih seru, terutama game-game yang bisa membantu kita untuk bergerak dan berolahraga 😀 Dengan baru ini, PS4 bisa terjun ke pasar casual gamer mengingat game-game yang memanfaatkan sensor dan bisa dipakai untuk olahraga cukup digemari masyarakat umum.

Berikut adalah tech spec dari PS4

Lalu fitur-fitur baru yang tidak kalah menarik dan patut kita dalami lagi adalah Stick PSnya yang disebut dengan dualshock 4. Bisa dilihat di video tadi, stick PS yang sekarang terlihat lebih modern dan lebih cantik. Tidak hanya itu, fitur-fiturnya menjadi lebih menarik. Berikut adalah beberapa fitur terbaru yang ada di Dualshock 4.

Touchpad

Touchpad dan Share Button

Bisa dilihat, di bagian atas dualshock 4 ada kotak yang bisa digunakan sebagai touchpad. Kita bisa memberikan input menggunakan jari kita untuk membentuk apa itu huruf, angka, atau gerakan lainnya. Touchpad ini bisa memberikan variasi baru bagi user untuk bermain game. Lalu di sebelah kiri bisa dilihat ada tombol share. Dengan playstation plus, sony ingin menegaskan kembali unsur sosial dan multiplayer di game-game pada playstation. Tombol itu bisa dengan mudah membuat kita untuk share achievement kita dengan streaming live gameplay ke Ustream atao upload secara langsung videonya ke Facebook.

Screen Shot 2013-11-18 at 11.11.34 AM

Light bar

Ini mungkin bukan fitur tambahan yang major, tapi light bar membuat stick PS kita makin seksi. Dulu kita nyebut player 1 dan player 2 dengan stick, kini kita bisa nyebut player blue dan player red dengan adanya light bar tersebut. Tak hanya itu, light bar juga bisa digunakan untuk menyampaikan informasi seperti jika kita menerima damage atau nyawa kita berkurang.

Stereo Output dan Headphone input

speaker dan Headphone input

Kemudian sekarang dualshock juga memiliki fasilitas yang memanjakan indra pendengaran kita. Ada speaker langsung di dalam stick PS kita. Fungsinya bisa buat nampilin suara dari game, ato effect spesial dari game. Atau yang paling penting juga bisa digunakan untuk chatting sama temen kita klo lagi main game online.

PS Camera

PS Camera

Lalu kalau dari fitur peripheral, yang juga menarik adalah Playstation Camera. Dengan PS Camera, kita bisa broadcast diri kita sedang main (kalo cukup narsis). Kita juga bisa naro picture in picture dalam gameplay livestreams. Dan yang paling penting, kita bisa menggunakan kamera tersebut untuk ngedetect 3D Dept-sensing camera dan Dualshock 4 wireless controllers light bar untuk mendeteksi pergerakan player.

Sebenernya masih banyak fitur menarik dari PS4 seperti playstation app yang memberikan kita store untuk mengunduh game, baik itu game pro maupun game indie. Tentu bagi developer PS App akan jadi tempat yang menarik untuk mendistribusikan game mereka. Untuk mengetahui fitur2nya lebih dalam, bisa cek situs ini. Ohya, dari web resminya, PS4 dijual dengan harga $399.99 dan PS Cameranya $59.96. Monggo bagi yang mau beli, nanti saya nyoba :p

About Adam Ardisasmita (1247 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Debut PS4 yang Super Keren

  1. link videonya mati dam..

    Suka

  2. kereeen!
    Ga kuat beli, yg PS2 saja.

    Suka

  3. Once you press the PS button a menu will likely be displayed.
    The light bar about the front will glow different colors according
    to whether you’re player 1, 2, three or four, and will probably be tracked with the brand-new PS Eye
    camera. However, most users much like the Invisible Speakers which
    are also unique to others inside the line. Retail Merchants in Canada including
    EB and Wal-Mart are each taking pre-orders for your new consoles properly
    in to the new yr.

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Waktu Bermain Game – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: