Iklan
My Journal

[Review] [Gadget] Menjajal Lumia 920, Desain Elegan dan Kamera Canggih

New Red Lumia 920

New Red Lumia 920

Sebenernya Saya sudah dari bulan Maret pakai Lumia 920, tapi baru sempet nulis sekarang. Awalnya, Saya sebagai Nokia Developer Champion dikasih Lumia 920 warna hitam. Sekitar sebulan yang lalu, Saya minta tuker warna ke Nokia menjadi warna merah (baik yah Nokia).  Berikut adalah review dan kesan saya dalam menggunakan Lumia 920.

Yang paling menonjol dari Lumia 920 ini adalah desainnya, baik desain secara hardware maupun software. Dari hardware, Lumia 920 warna merah ini gak lagi pake bahan karbon, tapi lebih ke bahan yang mengilat. Efeknya, warnanya jadi lebih nyala. Terus lekukan-lekukan bodynya juga sangat elegan dan manis, membuat Lumia 920 ini enak buat dilihat mata. Tapi sayang ukurannya agak besar di tangan orang Indonesia sehingga agak kurang ngegrip di tangan. Masih lebih enak megang Lumia 820 yang ukurannya lebih kecil. Dan satu kekuatan andalan Lumia 920 ini adalah kameranya!!! Serius! Kamera 920 ini emang luar biasa sekali. Fitur yang paling saya suka adalah capture gambar di tengah cahaya yang remang, hasilnya tetep oke. Ini yang membuat Lumia masih punya daya jual yang sangat tinggi ke konsumen.

Gambar uji kamera diambil dari www.engadget.com

Gambar uji kamera diambil dari http://www.engadget.com

Kalo dari segi software, sistem operasi Windows Phone 8 masih membawa metro style yang penuh dengan tile dan icon monochrome. Desain yang simpel tapi juga futuristik ini sepertinya sukses menginspirasi pasar sehingga banyak sekali desain-desain aplikasi yang membawa rasa metro. Yang membuat Lumia 920 ini spesial adalah banyak aplikasi khusus buatan Nokia yang hanya tersedia di Lumia. Aplikasi yang paling berguna buat saya adalah Maps-nya. Semenjak iPad saya diupdate jadi iOS 6, google maps bawaannya hilang diganti Apple Maps yang sangat ngaco. Untuk ada Nokia Maps yang menurut saya masih merupakan peta digital paling reliable diantara yang lain.

Satu kekurangan terbesar dari Lumia 920 yang menurut saya cukup mengganggu adalah masih minimnya aplikasi populer di sana. Kalau Facebook dan Twitter udah pasti ada yah. Line, KakaoTalk, WeChat, Whatsapp, dan messanger lainnya juga nongol di sana. Tapi aplikasi-aplikasi sekunder yang juga populer seperti Waze, Flipboard, Pocket, Vine, Path, Instagram, dan lain-lainnya masih belum tersedia di Windows Phone. Pengembang aplikasi masih senang membuat aplikasi untuk iOS, yang kadang-kadang dibuat juga versi Androidnya. Windows Phone saat ini masih belum bisa menarik perhatian para developer besar untuk bergabung. Tapi seiring berjalannya waktu, nampaknya mereka akan mulai memperhitungkan keberadaan Windows Phone. Terbukti game developer besar mulai porting gamenya ke Windows Phone (seperti temple run dan jetpack joyride). Jadi ya emang tinggal tunggu waktu aja sih kalau kata Saya

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Trackback / Pingback

  1. [Review] Menggunakan Nokia Lumia 1020 dengan Kamera 41 Megapixel | Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: