Iklan
My Journal

Sharing dengan Komunitas StudentsXCEOs

11609_160913407407412_1245049792_n

Buat saya, berbagi adalah hal yang paling menyenangkan. Walaupun saya tidak merasa memiliki kapasitas sebagai narasumber yang baik, saya berprinsip berbagi itu tidak harus menunggu banyak (pengalaman dan pengetahuan). Menurut saya hal yang paling simple yang bisa kita bagikan adalah semangat. Oleh karena itu, saya selalu senang dan antusias jika ada undangan yang sampai ke email saya, meminta saya untuk berbagi dengan teman-teman. Saya pernah di kala ada jadwal meeting dua hari di Bandung, di tengah-tengah hari tersebut ada undangan sharing di Depok, saya sempet-sempetin aja malemnya main dan sharing (walaupun kalau sering-sering begitu gak baik buat kesehatan :p). Terkait dengan postingan ini, saya ceritanya di DM oleh adik kelas saya di Informatika ITB, namanya Faiz. Dia sempet mengundang saya untuk ketemu dengan komunitas yang bernama StudentsXCEOs ketika saya lagi pameran di Singapore kemaren. Tadinya diminta untuk mengisi hari Minggu, tapi karena rasanya agak terlalu mepet dan saya masih di Jakarta, jadilah sharingnya hari Selasanya.

Sedikit cerita tentang StundentsXCEOs ini, kalau saya tidak salah tangkap (soalnya Faiz belum cerita banyak tentang SXC ini), SXC merupakan sebuah komunitas yang mewadahi agar para CEO yang sudah memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisa berbagi dengan para pelajar. Saya kurang ingat kapan pertama berdirinya, kalau gak salah Faiz sempet mention nama pendirinya yakni Iqbal dari Planologi 2006 atau 2007 (nanti klo udah ada informasi akurat, saya tambahkan). Iqbal kebetulan kenal dengan banyak CEO dan ternyata para CEO ini pengen banget sharing ilmu mereka tapi gak tahu harus sharing kemana dan gimana caranya. Jadilah SXC ini didirakan sebagai fasilitas untuk bisa bertukar pikiran antara pelajar dan CEO.

Ketika technical meeting dengan Faiz dan Karin, saya juga diceritakan bahwa untuk bergabung dengan komunitas ini perlu proses yang panjang (ada 4 tahap kalau gak salah). Proses tersebut diawali dengan submit CV, lalu ada wawancara, Focus Group Discussion, dan juga internship. Nah si Faiz dan Karin ini ceritanya lagi fase magang. Salah satu tugas di fase magang ini adalah bikin acara sharing dengan CEO, yang pada kesempatan ini kebetulan saya yang diundang. Saya merasa semangat sekali bisa bertemu dengan berbagi dengan para pelajar yang udah seniat itu pengen belajar sampai ikut seleksi SXC. Faiz minta saya untuk cerita tentang Arsanesia, Industri Mobile, dan Tips untuk membangun usaha. Slide untuk ngomporin anak-anak SXC itu saya siapkan sorenya karena kebetulan acaranya malam (dan saya belum sempat bikin slide karena baru pulang dari dinas :p), tapi Alhamdulillah sepertinya sesi sharing malam itu berlangsung hangat. Rasanya saya cuma presentasiin slide 45 menit-an, sisanya kita sharing dan tanya jawab dengan santai.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti SXC ini dan berharap bisa semakin banyak program seperti ini bermunculan. Kegiatan positif seperti ini sangat penting untuk bisa terus membina generasi muda dan menyiapkan penerus bangsa yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Semoga teman-teman yang kemaren magang di SXC ini pada lulus semua yah ๐Ÿ™‚ Kalo pun gak keterima, masih ada kesempatan dan tempat lain yang bisa menampung semangat dan kreativitas temen-temen. Yang pasti jangan sungkan-sungkan untuk mengundang Saya lagi yah ๐Ÿ™‚ Dengan senang hati akan datang kalau tidak ada halangan apa-apa. Hehehe Sukses ๐Ÿ™‚

Iklan
About Adam Ardisasmita (1115 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

3 Comments on Sharing dengan Komunitas StudentsXCEOs

  1. wah di post disini juga ternyata ๐Ÿ˜€
    terima kasih banyak ya buat sharingnya dan ilmunya yang luar biasa
    semoga bisa cepet main-main ke kantornya, heheh ๐Ÿ˜€

    Suka

  2. Sama2 faiz, sukses yah di SXC dan kegiatan lainnya

    Suka

  3. Iqbal itu Plano ’06.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: