Iklan
My Journal

Akhir dari semester pertama kuliah

Komputer sudah menjadi barang favorit saya semenjak saya kecil. Itu pulalah yang menjadi alasan saya mengapa saya memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi saya di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEJ) ITB. Saya ingin semakin mahir menggunakan komputer dan tidak hanya menggunakan fasilitas yang ada di dalam komputer, tapi menciptakan fasilitas-fasilitas di komputer.

Di ITB ada yang namanya tahap persipan bersama (TPB) bagi seluruh mahasiswa tingkat satu. TPB mewajibkan mahasiswa di tingkat awal untuk belajar fisika, kalkulus, kimia, Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (KPIP), Olahraga, Bahasa Inggris, Pengenalan Teknolgi Informasi (PTI), dan Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI). Di semester awal, STEI diwajibkan mengambil mata kuliah Fisika IA, Kalkulus IA, Kimia IA, KPIP, Bahasa Inggris, dan PTI A.

Inilah report hasil belajar saya selama satu semester untuk tiap mata kuliah

  1. Fisika IA: Mendapat hasil yang lumayan, belajar banyak dari mata kuliah ini. Semenjak SMP juga sudah menyenangi mata kuliah ini, sehingga tidak mengalami kendala yang berarti dalam mempelajari fisika. Seputar kinematika, hukum newton, fluida, dan lain-lain.
  2. Kalkulus IA: Saya lemah di matematika, terutama di ketelitian. Sehingga secara konsep mengerti, namun dalam aplikasi di persoalan-persoalan matematis agak sulit. Untuk bisa menerapkan dengan baik kalkulus, harus diimbangi dengan latihan dalam jumlah banyak.
  3. Kimia IA: Ini adalah mata pelajaran terberat bagi saya. Saya tipe Pembelajar visual. Lalu saya lemah dalam menghapal. Basik Kimia ketika saya SMA dulu adalah hafalan. Banyak materi yang harus dihapal. Ditambah wujud dari materi kimia yang mikro dan tidak kasat mata membuat saya semakin kesulitan mempelajari kimia. Semester ini bisa lolos kimia saja sudah merupakan sebuah kebanggaan bagis saya.
  4. KPIP: Mata kuliah yang sebenarnya menarik, karena membahas science secara umum. Bisa menambah wawasan. Namun dikarenakan penyampaiannya yang tidak tepat. Kelas yang tidak kondusif. Mata kuliah ini menjadi tidak menarik. Alhasil, index yang didapatkan pun pas-pasan.
  5. Bahasa Inggris: Saya mendapatkan kelas presentasi untuk mata kuliah bahasa inggris. Buat saya, ini sama sekali bukanlah masalah karena saya memang hobi untuk berbicara, presentasi, tampil di depan umum, dll. Saya menikmati mata kuliah ini karena sesuai dengan minat saya.
  6. PTI A: PTI di STEI lebih fokus kepada algoritma. Bahasa yang dipakai pun masih bahasa sederhana, paskal. Materi pemrograman ini adalah materi yang paling saya sukai. Semenjak SMA saya sudah tergabung dengan klub komputer. Pengalaman saya dalam membuat program pun sudah ada. Sehingga saya menikmati sekali belajar programing. Memang mata kuliah inilah yang ingin saya pelajari di universitas. Mata kuliah ini yang menjadi alasan saya masuk STEI. Saat ini hasil nilai belum keluar, tapi saya optimis bisa mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan usaha saya

Tak terasa satu semester akan segera terlewati. Semoga semester dua bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: