Iklan
My Journal

Pentingnya Tim dalam Sebuah Startup

gambar diambil dari http://www.chss.nctu.edu.tw

Kalau ada yang bertanya, untuk membuat startup, hal apa sih yang paling utama. Saya akan menjawab tim adalah hal yang paling utama. Demikian juga dari sudut pandang investor, ketika dia ingin menginves ke sebuah startup, hal pertama yang ia lihat adalah sebarapa solid dan passionate kah tim tersebut. Baru yang kedua adalah skill dan yang ketiga adalah ide. Kemudian dari sebuah buku yang saya baca (judulnya good to great), hal senada juga diungkapkan. Memiliki orang-orang yang tepat dalam perusahaan dapat membuat perusahaan kita bertahan hingga puluhan tahun.

Bagaimana sih tim yang solid itu? Tim ini seperti kita mencari pasangan hidup, harus benar-benar kita percaya, cocok, dan saling mengerti. Biasanya, tim ini dibangun dari latar belakang yang sama, semisal pernah satu sekolah bareng, pernah main bareng, pernah kerja bareng, dan sebagainya. Walaupun tidak menutup kemungkinan juga sih dua orang yang tidak saling mengenal bisa membentuk tim yang solid juga. Tapi berdasarkan pengamatan saya, minimal tim itu diawali oleh mereka yang satu sekolah bareng. Tim yang solid itu penting, karena startup mengalami proses naik dan turun dengan cepat dan drastis. Sering kali perlu diambil keputusan yang cepat, keputusan yang beresiko, dan tidak jarang harus menanggung rugi bersama-sama. Kalau kita tidak mempunyai tim yang passionate dan punya semangat juang yang sama, sulit rasanya bisa menuju puncak kesuksesan. Seorang investor pernah berkata, skill bisa dilatih, ide bisa dicari, tapi tim yang solid itu langka sekali.

Nah, gimana sih membuat tim yang solid. Kalau saya belajar dari sebuah startup yang sudah cukup sukses, agar punya tim yang super solid, kita harus punya visi yang jelas. Visi, mimpi, harapan, cita-cita, budaya, dan arah gerak perusahaan yang mampu mengikat satu sama lain. Lalu, pastikan ketika merekrut atau mengajak orang lain untuk bergabung ke dalam tim, orang tersebut mau berjalan selaras dengan cita-cita perusahaan dan memiliki mimpi yang sama. Memang sulit mencari orang tersebut, pasti lebih mudah mencari orang dengan memberikan motivasi uang. Tapi untuk menjadi perusahaan yang berhasil, orang yang bekerja demi uang saja tidak cukup. Harus ada sebuah nilai yang menjadi pegangan semua orang yang ada di dalam perusahaan itu. Saya pernah berkunjung ke beberapa startup dan saya bisa melihat secara langsung bagaimana nuansa kerja, spirit, dan suasana di perusahaan yang memiliki visi bersama.

Jadi kalau ada yang sedang ingin membuat startup, saran saya adalah bangun tim yang kuat. Carilah orang-orang yang memang cocok dan sesuai dengan kita. Lalu bangunlah sebuah cita-cita bersama dan mimpi yang harus diwujudkan. Mimpi tersebut bisa berupa apa saja, yang penting cukup kuat untuk bisa saling mengikat dan menumbuhkan kecintaan. Setelah itu, pastikan orang-orang yang bergabung bukanlah orang yang hanya berorientasi terhadap uang. Uang memang penting, tapi uang saja tidak cukup untuk membuat sebuah perusahaan yang besar dan berhasil. Jadi kalau mau menjadi perusahaan yang hebat, bukan perusahaan yang biasa-biasa saja, silahkan dicoret mereka yang ketika inverview hanya termotivasi oleh uang. Pastikan juga mereka siap membangun mimpi bersama perusahaan dan memiliki harapan yang sama dengan perusahaan.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Pentingnya Tim dalam Sebuah Startup

  1. gika pradana // 12/06/2012 pukul 9:12 pm // Balas

    good one dam! sangat setuju dengan tulisan lo. karena business bukanlah cuma sekedar mengejar ROI atau IRR yang baik, cuma bagaimana bisa membuat semua share holder jadi cinta sama perusahaan kita

    Suka

  2. Iya betul gik, perusahaan yang bisa bertahan lama, hingga puluhan tahun, pasti memiliki sebuah visi yang tertanam di seluruh anggota perusahaan. Sukses submarinenya gik 🙂

    Suka

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Workshop Cara Mencari Ide Startup Ala Google Launchpad | Ardisaz
  2. Modal Terbesar Sebuah Startup – Ardisaz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: