My Journal

Ketentuan Dan Kategori Apps Up 2021, Lomba Dari Huawei Yang Berhadiah Miliaran Rupiah

Waktu aku mahasiswa, kerjaan ku hunting dari satu lomba ke lomba lain. Aku inget lulus kuliah, udah punya uang 12rb dolar dari lomba satu ke lomba lain. Ternyata selain uang, ikut lomba kayak gitu bikin network ku jadi terbuka luas. Banyak orang-orang yang aku kenal dari lomba baik itu sebagai sesama peserta, jurinya, trainer workshopnya, pengisi materinya, dan lain-lain yang saat ini jadi rekan bisnis, mentor, bahkan sahabat. Baik secara karir maupun bisnis, lomba-lomba itu jadi fondasi yang sangat bermakna di kehidupan ku.

Nah, kebetulan nih Huawei lagi mau investasi sangat besar untuk membangun ekosistem di Indonesia. Buat saya, semakin banyak perusahaan yang invest membangun ekosistem di Indonesia, semakin baik. Artinya Indonesia semakin seksi tidak hanya sebagai market, tapi juga sebagai kreator. Dan lagi akan ada semakin banyak talenta baru lahir di sini, baik itu tenaga profesional untuk bekerja di industri, maupun entrepreneur baru yang akan lahir dari ekosistem.

AppsUp dari Huawei ini pertama diselenggarakan 2020. Jadi ini baru event kedua. Sedihnya, tahun lalu peserta dari Indonesia dikit banget. Jadi untuk tahun ini, Indonesia gak boleh kalah dong 🙂 Dan coba kalian liat juara tahun lalu kayak gimana, aku yakin klo temen-temen dari Indo ikut, itu pasti pada menang sih. Aku kalau gak diminta jadi juri, pasti udah masukin semua game-game Arsanesia dan Arsa Kids. Karena kompetisi ini syaratnya gampang banget. Cukup manfaatin salah satu fitur Huawei Mobile Service aja kok. Jadi yang udah punya existing apps, tinggal porting dan publish di AppGallery (app storenya Huawei). Atau kalau yang mau bikin karya baru, juga boleh-boleh aja.

Buat mahasiswa, gak usah jiper. Karena kamu gak akan bertarung dengan Unicorn di luar sana kok. Yang paling aku amaze dari lomba ini adalah nominal hadiahnya sih. GIla loh, lomba mana yang total hadiahnya 1jt USD hahahaha. Udah gitu buat APAC doang 200.000 USD, itu 3 miliar sendiri. Nanti ada kategori-kategori yang cukup banyak yang bisa temen-temen cek. Buat mahasiswa ada kategorinya sendiri, jadi jangan khawatir.

Kalau mau ikut, caranya gimana? Caranya gampang banget loh.

  1. Ke website nya AppsUp klik REGISTER
  2. Bikin Huawei Developer Account
  3. Bikin tim deh (up to 3 orang)

Terus abis itu ngapain? Develop app atau game nya, terus publish di App Gallery, daftarin deh. Deadlinenya masih panjang, masih ada dua bulan sampai tanggal 20 Agustus. Jadi manfaatin baik-baik yah! Buat yang mau tahu lebih detil, bisa tonton video penjelasan ku di sini yah.

Dan buat link-link penting, bisa cek ini.

Yuk pada ikutan dan kita dominasi juaranya dari Indonesia yah 🙂

About Adam Ardisasmita (1250 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

1 Comment on Ketentuan Dan Kategori Apps Up 2021, Lomba Dari Huawei Yang Berhadiah Miliaran Rupiah

  1. Sy coba dl ya kak

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: