My Journal

Mencoba Live Podcast di Youtube

Selama ini saya suka bingung kalau bikin konten. Mau ditaro di Instagram, Youtube, Spotify, atau Blog. Masing-masing punya kekuatan dan draw back nya sendiri-sendiri sih. Tapi dengan waktu yang terbatas untuk berbagi konten, tentu gak bisa optimal di semuanya yah. Dulu waktu satu-satunya medium adalah di blog, aku bisa bikin satu post perhari, sampai pernah peak nya dalam satu hari bisa ada 8000 page view waktu itu. Tapi semakin ke sini selain makin sibuk, makin banyak juga medium baru yang aku coba explore.

Aku coba explore bikin konten di Youtube. Dulu challange nya adalah bikinnya harus niat, butuh kesenyapan (yang sulit didapat pas punya bayi), butuh recording, editing, dan lain-lain. rasanya editing video di youtube itu paling takes time. Terus nyoba podcast. Ini jauh lebih nice sih workflownya lebih cepat. Tapi sama-sama butuh ketenangan juga hahaha. Dan terakhir aku coba agak “rapihin” instagram dengan konten yang beneran konten, bukan sekedar sharing aktivitas. Ternyata lelah juga yah, terutama di bagian membuat visual yang menarik karena IG is all about visual.

Aku seneng bikin konten dan berbagi informasi tapi gak punya waktunya untuk produksinya. Padahal aku juga seneng loh produksi itu. Mau itu produksi tulisan, produksi audio, bikin sesi live talkshow kayak segmen terbaru ku di Youtube kemarin berjudul “Ask The Innovator”, dan lain sebagainya. Tools untuk streaming pun udah bisa dibilang lengkap banget lah. Cuma waktunya aja nih yang pelik. Apalagi di era pandemi ini, kerjaan di kantor jadi harus lebih optimal lagi agar bisa tidak hanya survive menghadapi masa pandemi, tapi juga bisa berkembang mengikuti perubahan demand yang ada.

Jadilah untuk mempersingkat waktu, untuk menjaga konsistensi membuat konten di Youtube dan Podcast, aku bakal bikin segment Podcast itu di “live” kan juga di Youtube. Terus segment kayak “Ask The Innovator” mungkin bakal ku buat sebulan sekali aja biar gak berat. Karena kadang yang ribet itu ada di ngontak orang yang mau diajak ngobrolnya, bikin materi publikasinya, dan lain-lain. Buat ku sih kegiatan kayak gini jadi penghibur di kala lockdown dan gak bisa kemana-mana πŸ˜₯

Cuma emang aku tuh sering bingung dengan konten apa yang mau dishare yah? Apa sih yang orang-orang pengen tahu dari area of expertis yang aku miliki atau pengalaman yang aku punya. Sekarang sih aku formatnya apa hal menarik yang baru ku alami, itu yang ku share. Gak ada spesifik topik apanya. Tapi biasanya gak jauh dari soal teknologi, startup, dan industri game yah. Cuma klo ada hal lain yang menarik untuk kamu denger, aku akan sangat seneng banget klo bisa dapet masukan πŸ™‚ Jadi bisa nyiapin konten dan milih topik dengan lebih mudah. Let me know what you want to hear yah πŸ™‚

Testing Live Streaming Podcast πŸ™‚
About Adam Ardisasmita (1173 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Mencoba Live Podcast di Youtube

  1. Apik! Rapi banget mas pengaturannya jadi referensi, btw sharing list equipment podcast nya seru kayanya mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: