My Journal

Ngulik Produksi Broadcast dan Live Streaming

Semenjak pandemi ini saya punya hobi baru yakni ngulik-ngulik teknik untuk produksi live streaming dan broadcasting. Karena sekian banyaknya acara live streaming yang saya terlibat, maka saya pun menjadi ketagihan untuk produksi live stream. Dimulainya tentu buat diri sendiri dulu sambil bantu-bantu organisasi atau program lain untuk produksi.

Saya mulai dari mempersiapkan tools untuk broadcast dan live streaming seperti mic, kamera, sound card, stream deck, green screen, bahkan sampai ke Midi Controller. Lalu saya juga ngulik berbagai software live streaming seperti OBS, Streamyard, hingga kini saya jatuh cinta dengan eCamm Live. Kemudian saya mulai bereksperimen juga dengan elemen visual dari broadcast seperti membuat bumper opening dan lower third menggunakan Apple Motion. Live streaming ini menjadi hobi baru saya yang cukup menyenangkan dikala pandemi ini sehingga bisa mengisi waktu luang sambil belajar dan membagi ilmu melalui kegiatan live streaming.

baca juga : Setup Podcast dan Live Streaming Saya

Dimulai dari channel youtube saya pribadi dulu, saya mulai membuat tiga program rutin yakni Ask The Innovator yang direncanakan sebulan sekali, Live Podcast yang ini belum ada target seberapa sering, dan yang rutin tiap minggu saya bacain newsletter dari gamedeveloper.id untuk berbagi informasi terkait dunia game. Akan fokus kemana nanti channel youtube saya? Saya juga belum tahu. Yang penting dimulai dari konsistensi berkarya dulu. Kuantitas diperkuat, nanti kualitas akan menyusul. Banyak orang yang gak mulai-mulai karena takut belum sampai standar kualitas yang mereka harapkan. Bagi saya, seadanya dulu, view nya sedikit aja, kualitasnya gak sempurna, yang penting dimulai. Dimulai lalu konsisten. Konsisten lalu improve sedikit demi sedikit.

baca juga : Mencoba Live Podcast di Youtube

Memulai sesuatu itu susah. Butuh ada “dorongan” yang kuat untuk kita berani memulai. Tapi ketika sudah jalan, menjaga konsistensi jadi krusial. Karena ketika kita berhenti sejenak. Maka untuk memulainya lagi akan semakin berat. Jadi walopun produksi broadcast dan live stream ini memang hanya sebatas hobi, tapi jika konsisten dan terus meningkatkan kualitas secara perlahan, tentu diujung akan menghasilkan manfaat dan hasil yang bagus.

About Adam Ardisasmita (1191 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: