Iklan
My Journal

Cara Detox Dari Sosial Media

Saya termasuk orang yang cukup aktif di sosial media. Tidak hanya aktif dengan membuat konten, tapi juga mengonsumsi konten. Sosial media yang paling banyak menghabiskan waktu saya adalah Instagram. Saya bisa mantengin story satu-persatu dari ratusan teman saya untuk bisa mendapatkan kepuasan sudah catchup dengan teman-teman saya. Di satu sisi, saya tidak ketinggalan informasi. Tapi di sisi lain, seringkali saya merasa sosial media ini menjauhkan yang dekat. Terutama terkait quality time dengan anak dan keluarga. Saya ingin dan sadar sekali bahwa saya tidak seharusnya main gadget, apalagi cuma mantengin sosmed, ketika waktunya bersama keluarga. Tapi mau gimana, hal tersebut sudah menjadi candu sehingga sulit sekali ditinggalkan.

Lalu suatu hari, ada kejadian yang cukup unik. Saya suka sekali film superhero, terutama Marvel Cinematic Universe. Waktu nonton Avengers Infinity Wars tahun lalu, endingnya bikin saya penasaran banget kelanjutannya gimana di Avengers End Game. Plot yang ada di film Endgame pasti akan jadi plot yang super surprising buat saya. Dan saya adalah orang yang sangat benci benci benci sekali dengan spoiler. Di sosmed klo ada yang post hoax, post ujaran kebencian, atau apapun saya bisa cuek lah. Tapi klo udah ada yang post spoiler, itu bisa langsung saya unfriend loh (tapi di sosmed aja kok, di dunia nyata mah tetep temen). Apalagi film end game, klo sampe ada spoiler, bisa ngerusak experience dan element of suprise dari film tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk puasa sosmed sampai saya nonton end game.

Ternyata, saya pun kesulitan mencari waktu untuk bisa nonton. Semenjak hari premiere, saya hampir tiap hari full meeting, banyak deadline kerjaan, banyak aktivitas, dan sebagainya. Saya terus berusaha menahan diri gak buka sosmed sama sekali. Bahkan di aplikasi news reader pun bisa ada spoiler loh. Youtube pun rekomendasi videonya bisa langsung spoiler judul videonya. Sekali saya pernah tergoda buka Facebook, langsung ada orang ngepost spoiler di timeline. Setiap saya coba buka sosmed apapun, pasti aja ketemu orang yang dengan jahatnya ngasih spoiler film endgame. Saya pun memanfaatkan momen ini untuk unfriend-unfriend orang tersebut sih. Tapi proses kita unfriend ini pastilah kita udah terlanjur terpapar spoiler kan. Akhirnya saya putuskan untuk menghapus Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Karena kesibukan tersebut, saya akhirnya baru nonton end game di akhir minggu kedua dan itupun nontonya yang jam 12 malem.

Setelah beres nonton end game, saya langsung masukan lagi Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Saya langsung cari-cari review orang-orang tentang endgame dan bersosial media dengan normal. Uniknya, kecanduan saya terhadap stories di Instagram sudah hilang. Bahkan jarang sekali saya buka sosmed belakangan ini. Dua minggu tanpa sosmed sukses mendetox otak saya dari unsur adiktif sosial media. Saya bisa merasakan hilangnya temptation untuk buka sosmed sehingga saya bisa lebih present buat anak saya. Kalau urusan kerjaan, mungkin terkadang saya masih harus terpaksa buka gadget disaat main sama anak dan keluarga yah. Tapi sebagian besar waktu gadget saya yang untuk sosmed itu sudah terpangkas abis. Saya bisa dengan tenang meletakan handphone saya jauh dari jangkauan karena jari udah gak gatel lagi untuk buka sosmed. Ternyata 14 hari tanpa sosmed cukup efektif 🙂 Jadi buat kamu yang ingin coba mengurangi kadar kecanduan gadget, terutama untuk mendapatkan quality time bersama keluarga, pasangan, anak, dan teman-teman, bisa coba untuk detox sosmed dengan cara hapus semua sosmed untuk 14 hari aja. Setelah itu, silahkan install lagi, beraktivitas seperti biasa, tapi nanti akan merasakan tempation atau urge untuk buka sosmed akan sedikit berkurang. Selamat mencoba 😀

Iklan
About Adam Ardisasmita (1147 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: