Iklan
My Journal

Aiming For 2019

Pergantian tahun biasanya menjadi momen yang paling pas untuk membuat habit baru. Jujur, tahun lalu time management saya agak berantakan karena sempat kehilangan momentum di awal tahun. Tapi tidak masalah. Yang penting kita siapkan 2019 untuk membangun kembali momentum agar bisa menjalankan time management dengan baik.

Di awal tahun ini, biasaya saya akan coba reorganize banyak hal. Reorganize notes-notes di Evernote, reorganize todolist jangka pendek hingga jangka panjang di todoist, rapih-rapihin calendar, recheck goal, whislit, dan target tahun 2018, dan lain-lain. Dengan melakukan itu, kita bisa memulai tahun dengan lebih clean karena semua tools yang mungkin agak chaos karena tidak sempat terurus menjadi berantakan.

Contoh berantakan itu misalnya notes di Evernote tidak terkatogerisasi dengan baik atau ceklis-ceklis di todoist banyak yang sudah basi. Yang paling rutin saya lakukan bersama istri adalah recheck goal, terutama financial goal (berhubung tahun lalu sempat pakai jasa financial planner utk bantu alokasi). Alhamdulillah untuk wishlist banyak yang sudah terceklis cuma emang ada alokasi dana tahunan yang gak pada tempatnya. Tapi yang gak pada tempatnya itu untuk hal yang sifatnya tersier kok kayak dana liburan dan dana ganti mobil :p Kalau yang penting-penting gak boleh luput.

Untuk tahun 2019 ini, saya ingin merapihkan lagi time management saya baik untuk pekerjaan, pengembangan diri, maupun keluarga. Untuk nge-jump start habit yang sudah lama tertidur, butuh bantuan di awal. Saya coba pakai app habit tracker untuk ngebantu saya memotivasi diri agar bisa konsisten ngebangun kembali habit lama atau memulai habit baru dengan lebih mudah. Saat ini saya lagi coba pakai beberapa apps untuk mengevaluasi UX dari masing-masing app nya, seperti biasa nanti hasilnya akan saya share di sini kok.

Ada lima habit yang ingin saya mulai kembali perawal tahun ini yakni 1. Stay Active (10K steps), 2. Drink 1L, 3. Wake at five, 4. Read a Book, 5. Post a blog. Saya mulai dari lima habit baru dulu yang akan saya lakukan secara konsisten setiap hari selama 66 hari. Menurut buku yang saya baca, butuh . at least 66 hari untuk kita memulai membiasakan habit baru. Tentunya saya sudah meletakan sebuah reward yang akan saya hadiahi diri sendiri apabila target tersebut tercapai. Apakah reward itu? kita lihat 66 hari dari sekarang tercapai atau tidak 🙂

Buat teman-teman semua, selamat tahun baru dan mengupgrade diri menjadi lebih baik lagi yah. Gunakan moment ini untuk mengingat apa visi hidup kita, apa goal tahun ini, apa goal kita 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun lagi, dan yang paling penting adalah kita mengetahui sudah berada dimana kita saat ini terhadap goal kita sehingga bisa menerapkan strategi untuk mempercepat laju kita.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1144 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: