Iklan
My Journal

Skill Mencari Keyword Untuk Googling

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan sebelumnya, saya menjadi pengajar untuk Dicoding Academy dalam topik membuat game menggunakan Unity. Pesertanya bisa dibilang cukup banyak, sudah ada sekitar 600-an orang yang mengikuti kelas saya tersebut. Sebagai pengajar yang baik, tentu saya menyediakan channel untuk mereka yang ingin bertanya.

baca juga : [Tutorial] Belajar Membuat Game Pakai Unity, Gratis, Dapet Hadiah Pula. Hanya di Dicoding Academy

Sayangnya, ada beberapa pertanyaan yang menurut saya itu mudah dicari jawabannya menggunakan google. Awalnya saya mencoba menjawabkannya langsung kepada yang bertanya. Lalu lama-lama saya hanya kasih link-nya untuk mereka baca. Dan semakin kesini saya hanya kasih tahu keyword apa yang perlu dicari untuk di-googling.

Sepertinya mencari keyword untuk harus menjadi satu mata kuliah atau mata pelajaran tersendiri yah :p Habisnya emang semua jawaban dari berbagai persalahan jika kita membuat game menggunakan Unity ada di internet. Komunitas Unity bisa dibilang cukup besar sehingga banyak sekali forumnya. Namun memang untuk bisa menemukan jawaban yang sesuai dengan permasalahan kita bukanlah hal yang mudah.

baca juga : Evolusi Metode Belajar

Cara paling advance adalah klo kita bisa menemukan kata atau kalimat yang tepat sebagai keyword dari permasalahan kita. Misal nih, kalau mau tahu cara menggerakan karakter di dalam game yang dikembangkan menggunakan dengan unity, kita bisa cari dengan keyword “unity move character.” Yang mungkin juga bisa kita lakukan adalah menulis satu kalimat penuh “how to move character from A to B in Unity.” Lalu yang paling brutal adalah kalau nulis pertanyaan “I want to move my character in game form A to B, and i’m using Unity.” Tapi kadang saya juga suka brutal sih klo lagi nyari error bug, kadang saya copas aja pesan errornya ke google :p

Jyjsh

Untuk melatihnya ya harus sering-sering googling. Ini yang saya alami ketika kuliah dulu. Dosen-dosen di ITB jarang sekali yang mengajarkan teknis. Beliau sebagian besar hanya memberikan teori dan fundamentalnya, kita sebagai mahasiswa harus mencari sendiri cara mengimplementasikannya. Empat tahun seperti itu terus, lama-lama ya skill googling kita juga akan terlatih. Yang penting jangan males mencari aja.

Iklan
About Adam Ardisasmita (1205 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

2 Comments on Skill Mencari Keyword Untuk Googling

  1. klo sering search juga bisa sendiri hehehe

    Suka

  2. Menarik tipsnya 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: