My Journal

Persiapan Program Untuk Industri Game di Tahun 2021

Biasa di awal tahun ini adalah waktu yang lagi sibuk-sibuknya kita nyiapin dan sinkronisasi plan untuk 2021 di Asosiasi Game Indonesia. Semakin tahun, program yang dilahirkan dan diteruskan semakin banyak. Kalau dilist, tahun lalu itu program untuk game developer ada lumayan banyak mulai dari Baparekraf Game Prime Online, Baparekraf Developer Day track Game, Goethe Retas Budaya Game Jam, Inkubasi untuk Game Developer CGI, Gelora, Archipelageek ke Gamescom Online, Gstar Online, Oh My Game Pitching Competition, Skill Tree, Nobar GDC Vault, dan masih banyak program lainnya. Tahun ini pun AGI sudah mempersiapkan program-program tersebut untuk tetap dilakukan kembali. Ditambah, IGDX bakal ada lagi tahun ini dengan format yang baru dan skala yang lebih besar. Lalu juga akan ada inisiatif cukup besar untuk pertumbuhan talen dengan Gametalent.id.

baca juga : Siap-Siap, Akan Hadir Sebuah Inisiatif Besar Untuk Dunia Pendidikan Yang Fokus Mencetak Game Developer Baru

Rapat pembahasan Policy Brief AGI – Kominfo – LIPI

Yang terpenting dalam merancang program itu ada dua. Satu tepat sasaran, yakni program yang memang dirancang based on data dan kebutuhan yang tepat. Dan yang kedua adalah tidak tumpang tindih. Sering kita melihat ada dua program dari lembaga yang berbeda yang menarget hal yang sama. Tugas utama AGI adalah membantu agar programnya sesuai dengan kebutuhan industri dan merata tanpa adanya overlap. Untuk yang pertama, AGI dibantu oleh LIPI dan Kominfo melakukan riset industri ke 130-an studio game sebagai landasan dalam merancang program. Harusnya by the end of this month, report policy brief dari LIPI udah bisa dilaunch ke publik. Dan yang kedua agar tidak overlap, program yang dirancang sudah coba dipetakan agar bisa menjawab di rantai nilai mana sebuah program itu berada dan untuk siapa program tersebut dibuat. Lalu peta dan hasil riset tersebut akan dikoordinasikan dengan berbagai kementerian dan lembaga, agar bisa saling mengisi.

Usulan Peta Program Industri Game 2021

Jadi kalau ada dari teman-teman yang membaca tulisan ini, punya pertanyaan terkait program untuk industri game lokal, punya usulan program yang perlu dibuat, atau punya kritik terkait program yang selama ini berjalan, bisa langsung sampaikan di kolom komentar yah. Dari AGI akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membantu teman-teman semua, agar industri game kita bisa tumbuh.

About Adam Ardisasmita (1246 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Vice President Asosiasi Game Indonesia | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: