My Journal

Tips Untuk Naik Travel Jakarta-Bandung Dengan Nyaman

Hampir tiap minggu saya selalu pulang pergi Jakarta-Bandung. Berangkat dari Jakarta jam 05.00 pagi dan sampai lagi di Jakarta biasa jam 22.00. Perjalanan ini dulu saya tempuh menggunakan kendaraan pribadi. Tapi semakin ke sini semakin malas nyetir sehingga memilih naik travel. Naik travel juga perlu diakalin biar bisa nyaman loh. Karena kadang ada aja kondisi di travel yang membuat perjalanan jadi kurang nyaman. Berikut beberapa tips supaya bisa menikmati perjalanan di travel dengan nyaman.

Bantar leher itu wajib hukumnya. Perjalanan Jakarta-Bandung klo gak macet dan supirnya gila bisa 2 jam. Klo gak macet dan supirnya waras 3 jam. Tapi klo macet, bisa sampai 5 jam. Berangkat subuh dan pulang malam tentu bakal capek. Jadi bantal leher itu hukumnya wajib supaya tidur bisa lebih nyenyak dan posisinya enak.

Bantal leher andalan

Bantal leher andalan

Sedia makanan. Pas berangkat travel gak laper? Tunggu sampe ada kemacetan di jalan tol yang bikin perjalanan jadi super lama. Kita harus sedia makanan. Roti-rotian itu bekal wajib kalau saya naik travel karena pengalaman, selalu ada aja kecelakaan di jalan tol yang membuat perjalanan jadi lebih lama dan membuat perut kita keburu lapar.

Jangan banyak minum dan selalu pipis di rest area. Ini juga penting. Pastikan tanki kandung kemih dan lambung kita kosong. Kalau kebelet di tengah jalan itu pusing banget. Makanya setiap supir berhenti di rest area, usahakan untuk turun dan buang air. Kita gak tahu kan bakal berapa jam lagi travel tersebut sampe kalo misalkan ada kemacetan.

Pilih posisi kursi yang enak. Ini kenapa penting untuk booking jauh-jauh hari. Saya selalu pilih kursi yang di belakang pak supir. Kenapa? Karena bisa selonjoran. Lalu gak ada kursi di depan kita yang bisa ditidurin dan bikin kita kegencet. Lalu karena di pojok deket jendela, tas kita juga ada space untuk ditaro situ jadi gak nutupin kaki kita. Nyaman deh pokoknya. Makanya saya selalu sebel klo travel yang saya naikin ngeganti posisi saya duduk seenaknya.

Posisi kursi favorit

Posisi kursi favorit

baca juga : [Review] Krakaline, Travel Murah Jurusan Tangerang Selatan – Bandung

Stock power bank. Saya selalu bawa dua power bank. Satu untuk berangkat dan satu untuk pulang. Jadi selama di travel bisa update sosmed, bisa baca buku di HP (soalnya masih gelap jadi gak feasibel bawa buku), bisa main game, dan bisa nonton. Buat kamu yang suka nonton youtube kayak saya, bisa tuh sebelum berangkat, malemnya save offline dulu video-video buat bekal di perjalanan. Dan pastikan semua power bank terisi penuh.

Hati-hati dingin, bawa jaket (klo perlu kaos kaki) dan waspada AC. Kondisi di dalam travel tidak terprediksi. Kadang ada yang ACnya gak dingin, kadang ada yang super dingin. Apalagi misalkan kita masuk habis kehujanan, itu menggigil parah. saya selalu bawa jaket yang ada hoodienya. Kenapa? Karena blower AC kita ada di atas kita. Kadang kita tutup pun, penumpang di depan/belakang/samping kita ada yang kulitnya cukup badak sehingga ACnya kerasa ke kita. Bahkan ada juga yang dia gak mau pake AC, tapi bukannya ACnya ditutup, tapi diarahin ke arah lain (baca arah kita). Itu dia kenapa saya selalu mastiin AC sebelah kita gak ngarah ke kita sebelum duduk.

Waspada terhadap arah blower AC

Waspada terhadap arah blower AC

Itu beberapa tips supaya kamu lebih nyaman di travel. Kalau ada tips lain, boleh loh ditambahkan di kolom komentar 🙂

Iklan
About Adam Ardisasmita (1204 Articles)
CEO Arsanesia | Google Launchpad Mentor | Intel Innovator | Writer Dailysocial.id and Dicoding.com | Blogger ardisaz.com | Gagdet, Tech, and Community enthusiast.

8 Comments on Tips Untuk Naik Travel Jakarta-Bandung Dengan Nyaman

  1. hahaha iya banget yg AC-nya diarahin ke kita. Sering banget

    Suka

  2. Nge-offline video2 yg mau ditonton itu maksudnya nge-load dulu semuanya trus devicenya disleep, jd pas dinyalain tinggal ditonton gt ya dam?

    Suka

  3. permisi mau numpang nanya nich mas,mas kan user pngguna travel..minta saran dan pendapatnya donk, sya rncana kan mau ke bandung pake travel cuman wktunya bertepatan dgn H-2 lebaran, saya tiba pagi jam 9 d bandara mau lngsung pake travel ke bandungnya..apa sdh tepat planing saya, kira2 berpa lama wktu tempuh nyampe ke bandungnya..trus apa macetnya parah betul di H-2 lebaran itu..karena harinya bertepatan dgn arus mudik lebaran trims..

    Suka

  4. Boleh tau travel jkt-bandung vaf.mas adam apa ya? Yg ontime dan nyaman tentunya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: